Mau Bikin Sup Tahu Pedas Ala Oppa-Oppa Korea? Gampang Banget kok, Ini Dia nih Resepnya

Reporter : Nasa
Rabu, 16 September 2020 10:28
Mau Bikin Sup Tahu Pedas Ala Oppa-Oppa Korea? Gampang Banget kok, Ini Dia nih Resepnya
Kalau kamu nonton Itaewon Class pasti tahu deh sama menu yang satu ini.

Drama Korea belakangan lagi hits banget nih. Apalagi sejak masa pandemi Corona Covid-19 yang bikin orang-orang jadi lebih banyak di rumah. Gak sedikit yang 'running' nonton drama Korea 'drakor' pas lagi di rumah aja.

Nah, karena darkor lagi hits banget, gak heran deh kalau segala sesuatu yang muncul di sana bakalan jadi tren. Dari mulai fashion sampe dengan makanan.

Salah satunya adalah sup tahu pedas yang biasanya di makan sama oppa-oppa di drakor. Nah, penampakannya itu menggoda banget. Soalnya sup ini didominasi sama warna merah gitu.

Jadi perpaduan antara rasa khas tahu dan pedasnya saus khas Korea inilah yang jadi kenikmatan dari sup tahu pedas ini. Apalagi kalo dimakan dalam kondisi panas, beuhh gak kebayang nikmatnya.

Eh dari pada panjang lebar, mending langsung admin bagiin aja ya resepnya. Bahan dan cara membuatnya terbilang mudah didapat dan mudah dibuat kok.

Ini dia resep sup tahu pedas ala oppa-oppa Korea yang didapat dari Selera Rasa :

1 dari 3 halaman

Sup Tahu Pedas Korea Sundubu Jigae © Diadona

2 dari 3 halaman

Bahan Utama
500 g tahu sutra
100 g kerang putih
100 g tiram
1 gelas kaldu dasima
1 kuning telur
1 batang daun bawang 40 g garam

Bahan Saus
1 gelas minyak goreng
30 gram Doenjang (tauco Korea)
1 sendok makan bawang putih cincang halus 1/2 sendok teh lada
1/2 sendok makan jahe cincang halus
1 1/2 gelas bubuk cabe merah

3 dari 3 halaman

Cara Membuat :

1. Pertama, potong bagian putih daun bawang yang sudah anda siapkan sampai halus. Sedangkan bagian hijaunya dipisahkan yang nantinya akan digunakan sebagai bumbu.
2. Cincang halus bawang putih dan jahe.
3. Siapkan panci, lalu masukan 1 gelas minyak goreng ke dalam panci tersebut. Rebus minyak goreng dalam panci itu dengan menggunakan api besar selama kurag lebih 3-4 menit. Sebelum minyak goreng mendidih, masukan sekitar 10 cm batang daun bawang berwarna hijau. Kecilkan api dan rebus kembali selama 5 menit. Jika daun bawang telah tercium wangi, anda bisa langsung mematikan apinya. Kemudian, dinginkan.
4. Selama anda menunggu minyak goreng dingin, maka anda bisa melanjutkan pada pekerjaan lainnya. Dimana anda bisa mencuci kerang putih dan tiram yang sudah disiapkan sampai bersih agar tidak tercium amis.
5. Jika sudah, masukan doejang, bawang, jahe yang sudah dicincang, bubuk cabai merah dan lada. Campurkan sampai merata. 6. Panaskan panci atau alat lainnya untuk memasak. Lalu sangrai saus minyak ini sekitar 10 menit.
7. Masak kerang putih yang sudah dibersihkan bersama dengan tahu sutra, garam, 2/3 sendok makan saus minyak serta 1 gelas kaldu rumput laut dasima di dalam periuk batu.
8.Ketika masakan mulai mendidih, masukan tiram yang sudah dibersihkan bersama dengan irisan daun bawang, dan kuning telur. Masak kembali selama 2 menit.
9. Angkat dan sajikan hidangan ini pada tempat saji.

Nah kan gak ribet bikinnya. Bahan-bahannya pun gampang banget kamu dapetin di pasar atau super market terdekat. Selamat mencoba ya guys.

Beri Komentar