Kangen Kuliner Singapura? Yuk Cobain Resep Simpel Oyster Omelette Ala Chef Vindex Tengker

Reporter : Nasa
Rabu, 25 Agustus 2021 23:02
Kangen Kuliner Singapura? Yuk Cobain Resep Simpel Oyster Omelette Ala Chef Vindex Tengker
Intip resep simpel Oyster Omelette Ala Chef Vindex Tengker

Sebagai salah satu surga kuliner di Asia, Singapura memang selalu dirindukan oleh para pelancong mancanegara. Namun, mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, rencana berkunjung secara langsung ke Negeri Singa ini jadi banyak yang harus ditunda.

Tapi kamu jangan khawatir, soalnya, kamu bisa nih obatin rasa kangenmu dengan coba bikin sendiri kuliner khas Singapura. Nah, resep khas Singapura yang satu ini simpel banget dan dijamin bisa ngobatin kangenmu sama kuliner nikmat khas Singapura.

Resep kali ini ada Oyster Omelette Ala Chef Vindex Tengker bersama Chef Amy Zein dan yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah, atau bisa juga bareng keluarga dan orang tersayang. Meski terdiri dari bahan-bahan yang simpel dan anti ribet, tapi cita rasanya dijamin 'Singapur' banget.

Oyster Omelette sendiri adalah salah satu kuliner khas Singapura yang jadi favorit berbagai kalangan. Banyak banget tuh, resto populer di Singapura yang menjadikan Oyster Omelette sebagai salah satu menu andalan, dan pastinya selalu diburu oleh para pecinta kuliner dari seluruh dunia.

Salah satu kedai hawker populer di Singapura yang menjual Singapore Style Oyster Omelette halal ada di Sengkang Square Oyster Omelette, tepatnya di Kopitiam Square Sengkang. Udah yang pernah icip-icip nikmatnya Oyster Omelette Singapore di kedai populer tersebut?

1 dari 4 halaman

Oyster Omelette Singapura

Sengkang Square Oyster OmeletteSengkang Square Oyster Omelette © singaporebeauty.com (gambar diambil sebelum pandemi Covid-19)

Duhh, jadi makin galau dan gak sabar banget pengen kulineran di Singapura nih. Eits ditahan dulu ya galaunya. Mending, sekarang kita fokus dulu obatin rasa kangen dengan kuliner Singapura dari jarak jauh dulu ya, yakni dengan resep Oyster Omelette Singapura dari Chef Amy Zein dan Chef Vindex Tengker itu tadi.

Kamu jadi bisa kembali merasakan cita rasa kuliner khas Singapura, hanya dengan di rumah aja. Kalau kata Chef Vindex, Oyster Omelette atau 'Orh Luak' di Singapura ini memiliki ciri khas tersendiri. Adonan omelettenya musti sedikit diorak-arik dulu sebelum ditambahkan.

" Jadi kita bisa memonitor kematangan oysternya supaya perfect," kata Chef Vindex.“ Singapore style Oyster Omelette ini menggabungkan dua tekstur chewy atau kenyal dengan kerenyahan atau crispiness," bebernya.

Ini dia resep Oyster Omelette Singapura dari Chef Amy Zein dan Chef Vindex Tengker yang bisa kamu coba sendiri di rumah, buat ngobatin rasa kangen kamu dengan kuliner khas Singapura :

2 dari 4 halaman

Bahan Oyster Omelette Singapura:

- 3 butir telur ayam
- 100 gram tiram
- 1 sdt Kecap Asin
- 1 sdt Kecap Ikan
- 30 gr tepung tapioka
- 15 gr tepung terigu
- 30 gr tepung beras
- 90 ml air
- 1 sdt bawang putih dicincang halus
- 1 sdm pasta cabai
- Garam
- Daun Ketumbar/ yensui
- Minyak Goreng
- Daun Bawang

3 dari 4 halaman

Langkah-langkah membuat Oyster Omelette khas Singapura:

Oyster OmeletteOyster Omelette © Oyster Omelette

1. Adonan Tepung Tapioka

- Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, dan garam dalam wadah
- tambahkan air secukupnya
- aduk rata, sisihkan.

2. Adonan Tepung Beras

- Campurkan tepung beras dengan air sisihkan.

3. Proses Penggorengan

- Panaskan minyak pada wajan atau wok.
- Oleskan 1/2 adonan campuran tepung beras dengan ukuran cukup lebar. Masak hingga dasarnya terbentuk.
- Tambahkan 1/2 olesan adonan campuran adonan tepung tapioka, pastikan dengan panas api sedang.
- Tambahkan 3 butir telur, 2 sendok teh kecap asin, 1 sendok teh saus ikan, kecilkan api dan goreng.
- Balik bila bagian bawah sudah kuning keemasan.
- Tambahkan sedikit minyak di tengah, kemudian potong omelet dan sisihkan omelet ke bagian samping wajan.
- Tambahkan 1 sdt bawang putih, 1 sdm pasta cabai, dan sdm minyak di tengah, lalu goreng.
- Campurkan dengan omelette, yang sebelumnya disisihkan di bagian wajan.
- Tambahkan oyster atau tiram di bagian tengahnya.
- Campurkan omelette dengan tiram.
- Tambahkan daun bawang, dan siap disajikan.

4 dari 4 halaman

Singapore Food Festival

Singapore Food FestivalSingapore Food Festival © facebook.com/Singapore Food Festival 2021

Nah, buat kamu yang pengen lebih ngerasain sensasi menikmati kuliner lezat khas Singapura bisa sekalian hadir di Singapore Food Festival (SSF) 2021. Iya, ituloh festival kuliner terbesar di Singapura yang rutin diadakan setiap tahunnya, sejak 1994.

SFF ini rutin digelar setiap tahun untuk merayakan keberagaman tradisi dan budaya di Singapura. Kamu bisa dapetin berbagai macam jenis kuliner khas, mulai dari Appam, Pani Puri, hingga Kothu Prata atau Kopi India.

Tapi gimana caranya? Kan masih pandemi? Tenang, sejak 2020 tahun lalu, SFF ini juga digelar secara virtual bagi para pecinta kuliner di seluruh dunia. Dan pada tahun 2021 ini, SFF kembali mengajak para pecinta kuliner di dunia untuk menjelajahi kuliner Singapura secara virtual.

Kamu juga bakal mendapati lebih dari 50 pengalaman gastronomi dan minuman bagi para pecinta kuliner, melalui berbagai jenis platform. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari edisi virtual SFF 2020 silam. Selain itu, kamu juga bisa ikut sejumlah program menarik seperti 'live masterclass', virtual food tour dan yang lainnya.

Tentunya, dalam live masterclass tersebut kamu bakal ketemu sama sejumlah koki, bartender, hingga publik figur kuliner terbaik di Singapura. Salah satunya ada Juri MasterChef Singapore 2018, Bjorn Shen. Menariknya lagi, edisi virtual SFF 2021 ini bisa kamu akses secara gratis, loh!

Kamu bisa langsung cek infonya di laman Singapore Food Festival dan juga bisa langsung update infonya di sejumlah platform media sosial SFF ya. Mulai dari facebook Singapore Food Festival 2021.

SFF sendiri dijadwalkan akan digelar selama 3 pekan mulai dari 27 Agustus sampai dengan 12 September 2021. Jadi, buat kamu yang ngebet banget atau udah rindu berat pengen liburan ke Singapura, wajib hadir di SFF 2021 yang digelar secara virtual tersebut ya, Diazens. Jangan sampe kelewat!

Beri Komentar