Mencicipi Cita Rasa Masakan Singapura dalam Singapore Food Festival 2021

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 12 Agustus 2021 18:25
Mencicipi Cita Rasa Masakan Singapura dalam Singapore Food Festival 2021
Cita Rasa masakan Singapura kini bakal bisa kamu rasakan di rumah sendiri

Siapa nih yang udah kangen dengan masakan Singapura? Di masa pandemi ini, kita khususnya para traveler yang udah langganan traveling ke Singapura pasti udah kangen banget bisa menginjakkan kaki lagi ke negeri singa ini.

Sayangnya, karena kondisi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat kita untuk sementara waktu tak bisa mengunjungi Singapura.

Salah satu event yang paling dirindukan adalah Singapore Food Festival. Namun, Singapore Tourism Board seakan ingin tetap membawa event tersebut ke seluruh dunia. Dengan inisiatif SingapoReimagine, Singapore Food Festival 2021 akan diselenggarakan dengan konsep yang berbeda dengan tahun lalu.

1 dari 5 halaman

Singapore Food Festival

Serene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB) menyampaikan kata sambutan di acara Singapore Food Festval (SFF) 2021 Virtual Media PreviewSerene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB) menyampaikan kata sambutan © Singapore Tourism Board

Singapore Food Festival (SFF) ini bakal diselenggarakan selama tiga akhir pekan dari 27 Agustus hingga 12 September 2021 dengan tema 'Nikmati Singapura dalam Setiap Gigitan'. SFF 2021 mengundang pecinta kuliner di Indonesia untuk menyelami lanskap kuliner Singapura yang kaya dan membayangkan kembali cita rasa makanan yang dirindukan melalui program satelit untuk pasar Indonesia.

Singapore Food Festival (SFF), salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di setiap kalender pecinta kuliner, kembali untuk edisi ke-28 selama tiga akhir pekan dari 27 Agustus hingga 12 September 2021 dengan tema 'Nikmati Singapura dalam Setiap Gigitan'. Untuk mendukung program ini, STB Indonesia berkolaborasi dengan GoFood bagian dari grup Gojek – perusahaan teknologi anak bangsa dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa dalam menghadirkan cita rasa Singapura di rumah.

Ms Serene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB) mengatakan, SFF 2021 bakal menampilkan budaya kuliner Singapura yang dinamis dengan mengikut sertakan para expert di bidang kuliner.

“ Sesuai dengan tradisi yang membanggakan, Singapore Food Festival 2021 menampilkan budaya kuliner kami yang dinamis dengan menyoroti sumber daya manusia kami – mulai dari koki mapan yang sedang naik daun hingga pahlawan kuliner sehari-hari, ahli anggur dan ahli mixologi. Tahun ini, kami sangat antusias untuk membawa SFF ke khalayak global, mengundang mereka untuk menikmati masakan Singapura dan belajar lebih banyak tentang warisan multi-budaya kami melalui makanan. Lebih dari sebelumnya, SFF merupakan bukti inovasi di dunia kuliner Singapura, dan reputasi kami sebagai ibu kota kuliner global.” ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Program yang dikurasi untuk pasar Indonesia

Pembawa acara, Nikki Muller, bersama Juri MasterChef Singapore 2018 Bjorn Shen dari Artichoke di acara Singapore Food Festval (SFF) 2021 Virtual Media PreviewPembawa acara, Nikki Muller, bersama Juri MasterChef Singapore 2018 Bjorn Shen dari Artichoke di aca © Singapore Tourism Board

STB Indonesia telah menyiapkan program khusus untuk pasar Indonesia untuk menghadirkan cita rasa Singapura kepada masyarakat Indonesia yang rindu bepergian ke Singapura dengan pengalaman bersantap yang baru dan menarik, serta mereka yang ingin menjelajahi dan mempelajari lebih lanjut tentang masakan Singapura. Kolaborasi dengan GoFood dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa di bawah SFF merupakan bagian dari inisiatif SingapoReimagine untuk mendorong masyarakat Indonesia menghidupkan kembali impian perjalanan ke Singapura melalui makanan.

Area Director STB Indonesia (Jakarta), Mohamed Firhan Abdul Salam berharap jika SFF 2021 ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia, membayangkan, menemukan, dan mencicipi kembali cita rasa Singapura secara virtual dan dinikmati di rumah masing-masing.

“ Kami berharap melalui program Singapore Food Festival (SFF) 2021 ini, masyarakat Indonesia dapat terinspirasi untuk menemukan, membayangkan, dan mencicipi kembali cita rasa Singapura dalam kenyamanan rumah mereka. Hal ini merupakan bagian dari kemitraan yang inovatif dan kreatif yang dilakukan STB selama pandemi berlangsung untuk menjangkau masyarakat Indonesia dan membuat mereka tetap teringat dengan Singapura,” terang Firhan.

3 dari 5 halaman

Menghadirkan cita rasa Singapura melalui GoFood

“ The Boyster Omelette” oleh Chef Bjorn Shen dari Arthicoke“The Boyster Omelette” oleh Chef Bjorn Shen dari Arthicoke © Singapore Tourism Board

STB Indonesia berkolaborasi dengan GoFood untuk menghadirkan cita rasa Singapura kepada masyarakat Indonesia di Jabodetabek dan Surabaya sebagai bagian dari program SFF. Akan ada promosi khusus dengan merchant yang menawarkan hidangan khas Singapura di GoFood baik yang asli dari Singapura maupun restoran lokal seperti: Old Chang Kee, Ya Kun Kaya Toast, Wee Nam Kee, Song Fa Bak Kut Teh, dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencoba berbagai jenis makanan Singapura dan merasakan kekayaan hidangan Singapura dalam kenyamanan rumah mereka.

Global Head Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman mengatakan, GoFood bakal hadir dengan jutaan menu termasuk beragam kuliner khas Singapura. Nantinya, bakal ada 300 resto dengan ribuan menu khas Singapura yang bisa kamu nikmati di rumah.

“ Sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia, GoFood hadir dengan jutaan menu termasuk beragam kuliner khas Singapura. Kami senang dapat berkolaborasi dengan Singapore Tourism Board melalui program Singapore Food Festival. Dukungan ini kami berikan dengan mempersembahkan banner khusus Singapore Food Festival di GoFood, mulai dari tanggal 21 Agustus hingga 12 September, dimana 300 resto dengan ribuan menu cita rasa Singapura siap memanjakan para GoFoodies. Lebih dari itu, kami juga berbagi voucher GoFood senilai total belasan juta rupiah bagi masyarakat di Jabodetabek dan Surabaya yang bertransaksi minimal atau diatas Rp150,000 di resto yang berpartisipasi pada program Singapore Food Festival di GoFood. Semakin banyak memesan selama periode tersebut, maka semakin besar pula kesempatan memperoleh voucher yang dapat digunakan ditransaksi GoFood berikutnya. Kami harap kolaborasi ini dapat semakin memanjakan pelanggan GoFood yang menggemari kuliner khas Singapura," jelas Ichmeralda.

4 dari 5 halaman

Kolaborasi dengan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa

STB Indonesia berkolaborasi dengan Wings Food dalam memasarkan produk terbaru yang mengusung cita rasa internasional terinspirasi dari makanan khas Singapura, yaitu Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa. Kehadiran varian Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa secara permanen ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia terhadap kuliner Singapura, khususnya Laksa Singapura yang ikonik.

STB Indonesia juga telah melibatkan influencer populer Indonesia, seperti chef Martin Praja (@martinpraja), Eric Eko S (@ericekos), Mullie Marlina (@myfunfoodiary), @kokobuncit, dan banyak lagi, untuk berbagi pengalaman mereka dengan Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa serta pengalaman memesan kuliner khas Singapura melalui aplikasi GoFood dari rumah. Para influencer ini juga akan mengikuti program utama dari SFF 2021 secara virtual yakni program Live Masterclass dan Virtual Food Tour.

5 dari 5 halaman

Live Masterclasses

Sesi Q&A bersama Serene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB), Chef Douglas Ng dari Fishball, Chef Maxine Ngooi dari Tiger Lily Patisserie, Chef Bjorn Shen dari Arthicoke, dan pembaca acara, Nikki Muller (dari kanan ke kiri).Sesi Q&A bersama Serene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB), Chef Doug © Singapore Tourism Board

Live Masterclasses menawarkan kepada pemirsa kesempatan menarik untuk belajar dari beberapa koki, bartender, dan tokoh makanan terbaik di dunia kuliner Singapura. Pengunjung festival dapat bergabung dengan sembilan live masterclass gratis yang diselenggarakan di halaman Facebook SFF 2021 atau mendaftar untuk sesi intim dan interaktif dengan koki terkenal dengan bergabung dengan sembilan masterclass live pay-to-view lainnya.

Deretan nama-nama top di komunitas F&B di Singapura dan seluruh Asia, termasuk Juri MasterChef Singapore 2018 Bjorn Shen dari Artichoke dan chef terlatih Le Cordon Bleu JP Anglo dari Sarsa Filipina (yang akan mempersembahkan kolaborasi membuat telur dadar tiram), Chef Lim Hoe Gern dari Laut dan chef selebriti Thitid Tassanakajohn, dalang kreatif di balik restoran bintang satu-Michelin Thailand Le Du (menghadirkan hidangan kolaborasi Prawn Raja yang sarat umami), Chef Jeremy Gillon dari salah satu restoran bintang satu-Michelin JAG (yang akan mendemonstrasikan proses pembuatan ravioli lembut dari awal), serta pastry expert Mohammed Al-Matin dari Le Matin Patisserie (menghadirkan dessert pisang goreng yang unik).

Virtual Food Experiences akan dihadirkan dalam format interaktif untuk pengunjung festival internasional. Para hadirin dapat pelajari lebih dalam seluk beluk bisnis inovatif seperti Kok Fah Farm melalui fitur dokumenter, yang membawa pecinta kuliner dalam tur keliling tanah dan pertanian hidroponik, dan video resep seperti Kitchen Insider: Sustenir, yang mendidik pecinta kuliner tentang pertanian modern di Singapura, menyarankan cara untuk memasukkan produk lokal ke dalam hidangan sehari-hari, dan melengkapinya dengan nutrisi. Selain itu, pecinta kuliner dapat menantikan perjalanan penemuan kembali saat mereka menikmati hidangan lezat dalam tur makanan virtual Little India dan Tiong Bahru yang disajikan oleh pembawa acara makanan populer, Nikki Muller.

Beri Komentar