Jangkrik Diolah Jadi Sushi, Gimana Rasanya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 31 Mei 2021 14:37
Jangkrik Diolah Jadi Sushi, Gimana Rasanya?
Chef di Amerika mengolah jangkrik menjadi sushi.

Masyarakat terus melakukan inovasi di bidang makanan. Banyak makanan yang menggunakan bahan-bahan tak terduga mulai bermunculan dan dipasarkan sebagai pilihan baru.

Beberapa waktu yang lalu, jangkrik jenis Brood X bermunculan di negara bagian Amerika Serikat, seperti Maryland, Pennsylvania, Virginia, Indiana, dan Tennessee. Kemunculan serangga langka itu dianggap sebagai sebuah peluang bagi seorang chef sushi di Washington.

Berikut informasi selengkapnya!

1 dari 3 halaman

Sushi Jangkrik © Diadona

Dilansir dari The Japan Times, Bun Lai dikenal sebagai koki yang mencetuskan gerakan makanan berkelanjutan. Dia mengajak penduduk setempat untuk berburu jangkrik di taman kota dan selajutnya ikut mencicipi sushi jangkrik goreng buatannya.

Selama akhir pekan, Bun Lai menunjukkan pada penduduk bagaimana cara memanen, memasak, dan menyiapkan jangkrik untuk membuat makanan. Dia menyebutnya sebagai langkah revolusioner untuk memanfaatkan apa yang ada di sekitar sebagai bahan makanan.

" Di dunia ini, pandemi terbesar yang kita hadapi bukanlah Covid-19, melainkan penyakit yang berkaitan dengan makanan, sehingga kita harus mengambil langkah revolusioner dengan terbiasa memanfaatkan yang ada di sekitar untuk dimakan," kata Bun Lai, dilansir dari thejapantimes, Jumat, 28 Mei 2021.

2 dari 3 halaman

Bun Lai © Diadona

Bun Lai mengumumkan tanggal dan waktu yang dipilihnya untuk menangkap dan memasak jangkrik Brood X melalui akun Instagram dan Twitternya. Selanjutnya dia membagikan secara gratis hasil masakannya kepada siapapun yang tertarik untuk mencoba kreasinya.

Bun Lai memasak jangkrik dengan membumbuinya menggunakan garam terlebih dahulu sebelum digorang dalam wajan berisi minyak. Jangkrik yang sudah matang akan digulung bersama nasi dan sayuran menggunakan rumut laut kering.

Bun Lai memperingatkan agar jangkrik nggak menjadi makanan utama. Dia khawatir jumlahnya bisa habis atau punah akibat konsumsi dalam jumlah banyak.

3 dari 3 halaman

ilustrasi sushi © Diadona

Stella Roque merupakan seorang penduduk yang punya ketakutan pada serangga. Dia mengikuti acara yang dibuat oleh Bun Lai untuk mengatasi ketakutannya itu.

Sebelumnya Stella mengaku nggak pernah mengetahui makanan olahan jangkrik. Dia sempat terkejut bahkan takut saat memegangnya langsung.

Tapi setelah mencobanya, Stella sangat menyukai makanan itu karena gurih dan unik. Stella merasa bahwa ini merupakan pengalaman yang menarik untuknya.

Gimana menurut kamu?

Beri Komentar