TikTokers Ciptakan Bungkus Bumbu Mie Instan yang Bisa Dimakan, Inovasi Masa Depan

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 29 Mei 2021 11:14
TikTokers Ciptakan Bungkus Bumbu Mie Instan yang Bisa Dimakan, Inovasi Masa Depan
Jika bisa diproduksi secara masal, maka bukan tidak mungkin hal ini bisa menekan jumlah sampah plastik yang ada di bumi.

Pernah bayangin gak sih kalau bungkus mie instan ataupun bungkus bumbu dari mie instan bisa dimakan secara langsung. Pasti hal itu sangatlah sulit, karena bungkus dari bumbu mie instan terbuat dari plastik yang tentu saja tak baik untuk dikonsumsi.

Namun, seorang pengguna TikTok yang menamai dirinya @ilmumakanan berhasil menemukan cara agar bungkus bumbu dalam mie instan bisa langsung dikonsumsi dan dilarutkan dalam air panas tanpa harus khawatir adanya kandungan plastik di dalamnya.

Seperti apa bungkus bumbu mie instan yang bisa dimakan? Yuk kita intip!

1 dari 3 halaman

Edible Film

      View this post on Instagram      

A post shared by Food Technologist (@ilmumakanan)

Dalam sebuah video TikTok yang diunggah oleh @ilmumakanan, menjelaskan tentang apa itu Edible Film. Edible Film sendiri merupakan sebuah lapisan makanan yang memiliki sifat-sifat seperti plastik yang bisa melindungi makanan serta, bisa langsung dimakan tanpa harus khawatir keracunan.

Kok bisa plastik dimakan? Ya, berbeda dengan plstik yang memang dibuat dari bahan kimia, Edible Film ini menggunakan bahan-bahan yang ramah konsumsi seperti gelatin, selulosa, beberapa macam protein dan juga ragam pati-patian.

"Ini bisa dibuat dari bahan-bahan seperti gelatin, selulosa beberapa macam protein dan pati-patian," ucap lelaki yang diketahui bernama Dennis tersebut dalam video TikTok-nya.

Nah, bisa dibayangkan apabila hal ini diterapkan di semua lini perusahaan makanan, maka penggunaan plastik bisa ditekan dan bumi bisa terhindar dari sampah plastik.

"Kalau udah jadi, selain bisa digunakan sebagai gastronomi molekular bisa juga dipakai buat fungsi lain yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik," ungkapnya.

Lalu bagaimana proses pembuatannya? @ilmu makanan juga memberikan beberapa step cara membuat Edible Film ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Edible Film

@ilmumakanan akhirnya membuat cara simpel membuat edible film secara homemade. Yang harus kamu siapkan adalah air, gelatin dan juga cetakan.

Cara Membuat Edible Film © Diadona

Yang pertama, larutkan 15 gram gelatin dalam 100 ml air, panaskan dalam suhu 60 derajat celcius.

Cara Membuat Edible Film © Diadona

Tuang 30 ml larutan gelatin dan tuang ke cetakan. Ratakan sebaik mungkin, jangan sampai meninggalkan lubang atau ada gelembung. Tunggu selama 24 jam. Dan jadilah Edible Film yang memiliki sifat plastik dan bisa langsung dimakan.

Cara Membuat Edible Film © Diadona

Jika berhasil, Edible Film bisa langsung dilipat-lipat tanpa hancur. Bahkan bisa dirapatkan menggunakan sealer.

Edible Film © Diadona

Nah, Edible Film bisa kamu pakai sebagai pembungkus bumbu mie instan. Dengan begitu, tanpa harus membuka plastik bumbu, hanya tuangkan saja air panas ke mie Edible yang berisi bumbu mie instan, Edible Film akan ikut larut dalam air panas dan langsung bisa diaduk bersama mie instan.

Edible Film © Diadona

3 dari 3 halaman

Butuh Penelitian Lebih Lanjut

@ilmumakanan

Reply to @ichairnd stop mention @axton.salim selaku orang yg bekerja di Indofood! ##foodtech ##samasamabelajar ##merdekabelajar

? original sound - Food Technologist ????????‍????

 

Jika pemuda ini bisa membuat Edible Film, kenapa perusahaan-perusahaan besar tidak menerapkan hal ini? Mungkin pertanyaan ini bakal ditanyakan netizen setelah menonton video dari @ilmumakanan ini. Tentu saja jawabannya adalah butuh penelitian lebih lanjut.

Dalam Video lanjutannya, ia mengatakan jika di luar negeri, penelitian tentang Edible Film sudah dilakukan, namun belum bisa diterapkan secara masal. Ia pun mengatakan jika tak mungkin perusahaan mie instan di Indonesia tak melakukan penelitian tentang Edible Film yang memang ramah lingkungan ini.

Hanya saja, memang membutuhkan penelitian yang lebih lanjut agar bisa lebih efisien, dan aman dikonsumsi.

" Jadi kalian pecinta mie instan tarik napas dan jangan buru-buru. Apalagi kalian sampai mention Indomie, Mie Sedap. Perusahaan segede mereka setidaknya sudah ada penelitian yang mengarah ke situ," terangnya.

Ditambah lagi, Edible Film yang dibuat sendiri oleh @ilmumakan ini kurang bisa bertahan lama. Sehingga penelitian ini memang harus dilakukan lebih mendalam sebelum diproduksi secara masal.

Ini aja yang gue bikin 2 hari lalu warnanya udah agak kuning-kuning gitu. Kalian gak mau kan ini bungkusnya busuk duluan dibanding bumbunya. Inilah kenapa gue bilang masa depan," pungkasnya.

Semoga Edible Film ini bisa segera diproduksi secara masal agar kita bisa menekan jumlah sampah plastik di bumi ini. Kita tunggu aja ya, diazens!

Beri Komentar