Jadi Barang Mewah, Harga Tempe di Berbagai Negara ini Bikin Dompet Jebol

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 31 Maret 2020 11:43
Jadi Barang Mewah, Harga Tempe di Berbagai Negara ini Bikin Dompet Jebol
Harganya ada yang sampai Rp 200 ribu lho. Di mana ya?

Siapa sih yang nggak kenal dengan makanan khas Indonesia yang satu ini. Tempe adalah makanan Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai dan terbuat dari ragi. Makanan ini bisa disajikan dengan banyak cara. Bisa dibuat tempe goreng, orek tempe, tempe bacem, tempe tepung, tempe mendoan dan masih banyak lagi. Bisa dibilang ini adalah menu murah namun bergizi. Harganya yang hanya Rp 2.500 di Indonesia ini menjadi favorit warga Indonesia.

Namun, meskipun di sini harganya sangat murah, jangan salah, ternyata tempa dijual mahal banget di beberapa negara. Kira-kira di mana aja ya? Dan berapa ya harganya?

1 dari 4 halaman

Jerman - Rp 30 ribu

Di Jerman, ternyata juga menjual tempe lho. Siapa sangka kalau harga tempe di negara ini adalah 1,99 euro atau sekitar Rp 30 ribuan. Sayangnya, ini bukan hasil impor dari Indonesia, tetapi diproduksi oleh Natural Vegetarian Food b.v yaitu perusahaan lokal Jerman. Mungkin rasanya sedikit berbeda denga tempe di sini ya.

Inggris - Rp 225 ribu

Bagi penduduk negara Inggris, tempe atau tempeh adalah makanan mewah. Penggemar dari tempe ini adalah orang-orang vegetarian. Harganya bisa mencapai Rp 225 ribu di restoran. Untuk tempe di pasar atau supermarket, harganya mencapai 8,40 poundsterling atau sekitar Rp 145 ribu per 800 gramnya.

2 dari 4 halaman

Jepang - Rp 41 ribu

Di Jepang, sudah terkenal King of Tempeh yaitu Rustono. Ia merupakan warga negara Indonesa yang telah menetap di sana dan mendirikan Rusto's Tempeh. Rustono mengaku bahwa ia menggunakan ragi asli Indonesia, itulah yang menjadikan tempenya memiliki rasa yang Indonesia banget. Di Jepang ini, harga tempe buatan Rustono dihargai sekitar 350 yen atau Rp 41 ribu per 250 gramnya.

Australia - Rp 158 ribu

Di Australia juga banyak warga yang mencintai panganan tempe ini. Namun harganya juga berlipat ganda dari harga tempe pada umumnya, Tempe ini dijual dengan harga 15 dolar Australia atau sekitar Rp 158 ribu untuk satu wadah ukuran sedang.

3 dari 4 halaman

Prancis - Rp 124 ribu

Di Prancis, harga tempe dibanderol mulaai 4-8 euro. Itu setara dengan kurang lebih Rp 62 ribu hingga Rp 124 ribu. Mahal banget ya.

Swiss - Rp 27 ribu

Negara Eropa ini juga ternyata menjual tempe lho. Bahkan, WNI yang tinggal di Swiss juga rela membeli tempe yang harganya berkali-kali lipat dari harga yang ada di Indonesia. Di Swiss, harga tempe adalah 1,79 euro atau Rp 27 ribu untuk ukurann 400 gram.

4 dari 4 halaman

Wah, ternyata mahal juga ya tempe di negara-negara tetangga. Untung aja kita tinggal di Indonesia, mau makan tempe di pasar banyak dan harganya murah. Tapi jadi penasaran nih, gimana ya rasanya tempe di berbagai negara itu? Ada yang pernah coba? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Dijadiin Pengganti Daging, Penduduk Australia Rela Antre Panjang Demi Sepotong Tempe Mendoan

Beri Komentar