Resep Cara Membuat Sayur Sop Ayam dan Bakso dengan Campuran Ceker Kuah Bening yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 Januari 2020 21:13
Resep Cara Membuat Sayur Sop Ayam dan Bakso dengan Campuran Ceker Kuah Bening yang Enak
Sayur sop yang merupakan salah satu masakan sejuta umat yang kerap menjadi pilihan menu keluarga. Yuk simak resep membuat sayur sop di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka dengan sayur sop? Yap, makanan sejuta umat yang kaya akan nutrisi dari sayurannya ini kerap dihindari oleh klaangan anak. Tak habis pikir untuk menyiasati hal itu, kebanyakan ibu rumah tangga pun nggak memasak sayur sop hanya dengan sayur saja. Mereka menambahkan bahan bahan lain yang lebih disukai oleh anak-anak seperti ayam, bakso dan sosis.

Yap dalam resep kali ini akan dibahas mengenai cara membuat sayur sop yang lezat menggugah selera. Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Sayur Sop Ayam

Ilustrasi Sayur Sop © Diadona

Menu sayur sop ayam bisa menjadi pilihan ketika saat flu. Selain itu, dengan menu sayur sop ayam bisa membuat anak-anak belajar untuk suka  dan mencoba memakan sayur. Yuk simak resep cara membuat sayur sop ayam di bawah ini.

Bahan:

- 400 gram daging ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Lumuri dagingnya dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 10 menit supaya bau khas ayam potongnya berkurang.
- 1-2 batang daun bawang cuci bersih lalu iris kecil sesuai selera
- 1 buah tomat merah potong-potong dari atas menjadi beberapa bagian
- 2 buah kentang kupas kulit lalu potong bentuk dadu
- 4-5 batang buncis cuci bersih lalu iris kurang lebih sepanjang 2-3 cm
- 1-2 buah wortel kupas kulit luar wortelnya lalu potong potong sesuai selera
- 3 lembar daun kol cuci bersih lalu iris iris sesuai selera
- 2 batang daun seledri cuci bersih lalu iris sesuai selera
- 3-4 butir bakso potong dan belah bakso sesuai selera
- 1 cm jahe yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan
- 2-3 sdt garam
- Gula pasir putih secukupnya
- Air bersih secukupnya untuk kuah kaldu

Bahan bumbu:

- 5 siung bawang merah kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat dihaluskan nanti
- 2 butir kemiri yang sudah disangrai
- 2 siung bawang putih kupas kulitnya lalu potong bawang supaya mudah saat akan dihaluskan nantinya
- 1/2 sdt merica bubuk
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya

Cara membuat sayur sop ayam:

  1. Cuci bersih daging ayam yang akan digunakan kemudian tiriskan sebelum direbus. Siapkan panci rebusan dan beri air bersih sebanyak 600ml-700ml lalu masak dengan api sedang.
  2. Masukkan daun bawang, seledri dan daging ayamnya lalu masak dengan api kecil. Tinggalkan sebentar sambil kita menyiapkan bumbu sayur sop ayamnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan merica bubuknya. Uleg menggunakan tangan supaya aromanya nanti harum daripada dihaluskan menggunakan blender.
  3. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu sayur sop yang sudah dihaluskan lalu aduk sebentar sampai tercium bau harum khas tumisan.
  4. Masukkan bumbu tumisan ke dalam panci rebusan ayam dan aduk supaya tercampur dengan bahan lain. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya dan aduk lagi. Masak sampai daging agak empuk.
  5. Masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong dan bahan lain (seperti udang atau bakso) lalu aduk kembali. Masukkan garam dan gula pasir nya lalu aduk kembali.
  6. Masukkan irisan tomatnya lalu aduk kembali supaya tercampur dengan bumbu dan bahan lain. Masak sampai daging empuk dan cicipi dulu. Tambahkan gula dan garam kalau diperlukan. Angkat dan taburi bawang goreng di atasnya.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Sayur Sop Bakso

Ilustrasi Sayur Sop © Diadona

Sop akan lebih enak dan lezat dengan tambahan bakso. Yap langsung saja simak resep cara membuat sayur sop bakso di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:

- 10 buah bakso sapi belah dua
- 2 buah wortel potong bulat
- 1 buah kentang potong dadu
- 1/4 buah kol rajang kasar
- 5 buah buncis potong-potong
- 1 tangkai daun bawang potong-potong
- 1 tangkai seledri potong-potong
- Bawang goreng untuk taburan
- 2 liter air
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:

- 4 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1/2 sdt merica butiran

Cara membuat sayur sop bakso:

Didihkan air di panci, masukan wortel dan kentang, tunggu hingga 1/2 empuk, lalu masukan kol, buncis dan bakso sapi, aduk rata. Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang, masukan ke dalam panci, aduk rata, beri gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata, koreksi rasanya. Jika rasa sudah pas dan semua sayuran matang, matikan api. Masukan daun bawang dan seledri, aduk rata dan taburi dengan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sayur Sop Enak

Ilustrasi Sayur Sop © Diadona

Sayur sop yang hangat dan segar akan menambah aktivitas makan dengan keluarga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu setelah lelahnya aktivitas bekerja dan sekolah. Yuk simak resep cara membuat sayur sop enak di bawah ini.

Bahan:

- 3 buah wortel
- 1/2 kubis/kol ukuran sedang
- 1 kuntum kembang kol
- 1 kuntum brokoli
- 8 buah buncis
- 1 batang bawang perai
- 1 batang seledri
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis
- Air untuk merebus secukupnya

Bumbu halus:

- 5 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- Merica secukupnya
- Garam dapur secukupnya

Cara membuat sayur sop enak:

  1. Cuci semua sayuran yang akan dipakai. Kupas wortel, kemudian iris tipis. Sobek-sobek kol, iris kembang kol dan brokoli menjadi kuntum kecil, kemudian potong buncis yang sudah dibersihkan dari seratnya sepanjang satu ruas jari telunjuk. Iris-iris bawang perai dan rajang halus seledri. Setelah itu sisihkan semuanya.
  2. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang putih, bawang merah, garam, dan merica yang sudah dihaluskan bersama sampai harum. Panaskan sepanci air, masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi. Masukkan sayuran dari yang paling lama matangnya.
  3. Masukan wortel, kemudian buncis, kembang kol dan brokoli, lalu terakhir kubis. Gunakan api besar untuk memasaknya. Koreksi rasa begitu sayuran sudah matang. Jika masih kurang pas, tambahkan garam. Masukkan juga bawang perai dan seledri sesaat sebelum sop diangkat.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Sayur Sop Ceker

Ilustrasi Sayur Sop © Diadona

Sayur sop juga enak ketika diberi tambahan ceker. Sensasi makan ceker yang lembut ini bisa menjadi pilihan memakan sayur sop yang nggak itu-itu saja. Yuk simak saja resep cara membuat sayur sop ceker di bawah ini.

Bahan:

- Kembang kol (secukupnya, iris sesuai selera)
- 1 buah wortel (iris bulat)
- 1 buah kentang (iris dadu)
- Brokoli (secukupnya, potong sesuai selera)
- 1 batang daun bawang
- 1 batang daun seledri
- 5 buah ceker ayam
- Bawang merah goreng (secukupnya)
- Air (secukupnya)

Bahan bumbu:

- 3 siung bawang putih memarkan
- Garam secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- Gula secukupnya
- Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat sayur sop ceker:

  1. Rebus bawang putih hingga harum. Masukkan ceker dan rebus hingga setengah matang. Tambahkan kentang dan wortel lalu masak hingga matang bersama ceker.
  2. Tambahkan daun bawang, daun seledri, bunga kol dan brokoli. Masukkan garam, gula, lada bubuk dan kaldu ayam bubuk secukupnya.
  3. Masak semua bahan hingga matang, koreksi rasa. Taburkan bawang merah goreng, masak hingga mendidih dan angkat jika sudah matang. Sayur sop ceker pun sudah matang dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Sayur Sop Bening

Ilustrasi Sayur Sop © Diadona

Sayur sop dengan kuah bening yang hangat dan sedap bisa menjadi salah satu pilihan menu makan yang nikmat. Tak sedikit orang berpendapat dengan memakan sayur sop bisa menghilangkan sebagian rasa lelah kita. Simak resep cara membuat sayur sop bening di bawah ini.

Bahan:

- 1 buah wortel (iris tipis)
- Kembang kol (secukupnya, iris sesuai selera)
- Brokoli (secukupnya, iris sesuai selera)
- 3 lembar daun seledri
- 1 batang daun bawang
- Bawang merah goreng (secukupnya)
- Bakso (iris sesuai selera, secukupnya)

Bahan Bumbu:

- 2 siung bawang putih haluskan
- Lada bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat sayur sop bening:

  1. Siapkan semua bahan dan cuci bersih semua sayur. Rebus air secukupnya hingga mendidih, masukkan bumbu halus. Tunggu hingga bumbu beraroma harum.
  2. Masukkan wortel, brokoli dan bakso iris. Masak hingga matang. Tambahkan kembang kol, daun seledri, daun bawang dan bawang merah goreng secukupnya. Masak hingga semua bahan matang, sajikan selagi masih hangat.

Itulah beberapa rsesp cara membuat sayur sop yang tentunya mudah dan sederhana untuk dibuat. Secara umum, sayur sop memang masakan yang sering dibuat oleh kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia. Bagaimana dengan resep cara membuat sop kamu selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar