Resep Cara Membuat Tekwan Ikan, Sagu, dan Udang Khas Palembang hingga Diolah Tanpa Ikan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 Januari 2020 20:03
Resep Cara Membuat Tekwan Ikan, Sagu, dan Udang Khas Palembang hingga Diolah Tanpa Ikan
Salah satu menu masakan khas Palembang selain pempek adalah tekwan. Yuk simak resep selengkapnya cara membuat tekwan di bawah ini!

Makanan khas yang terkenal dari OPalembang selain pempek adalah tekwan. Tekwan adalah makanan yang terbuat dari bahan campuran daging ikan dan tepung tapioka. Bentuk dari tekwan sendiri adalah bulatan kecil yang dimasak dengan car direbus dan bisasanya disajikan dengan bahan pelengkap seperti udang, sohun, irisan bengkoang, dan jamur dengan kuah tekwan yang khas. Tak lupa juga ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Menu tekwan ini cocok dinikmati saat cuaca dingin dan hujan. Kamu tentunya bisa membuat olahan ini di rumah. Cara membuat tekwan terbilang mudah kok. Yuk, daripada penasaran langsung saja simak resep cara membuat tekwan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tekwan Ikan

Ilustrasi Tekwan © Diadona

Hampir serupa dengan pempek, tekwan secara umum dibuat dengan bahan tepung tapioka dan ikan giling. Tapi keduanya memiliki makna dan ciri khas yang berbeda. Penasaran bagaiman cara membuatnya? Simak resep selengkapnya cara membuat tekwan ikan di bawah ini.

Bahan:

500 gram daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
150 ml putih telur
200 ml air es
1 sdt gula pasir
2 sdt garam atau sesuai selera
200 gram tepung tapioka atau sagu
2 siung bawang putih yang di haluskan

Cara membuat tekwan ikan:

  1. Campur bahan ikan tenggiri yang sudah di haluskan, putih telur, bawang putih, dan gula hingga tercampur rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit dan tambahkan garam. Aduk rata semua bahan hingga mengental.
  2. Campur adonan dengan tepung tapioka, aduk adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Didihkan air di panci dan tambahkan minyak sayur 2 sendok. Ambil adonan dan bentuk bulatan sesuai selera. Rebus adonan di air mendidih hingga mengapung, angkat dan sisihkan

Bahan kuah tekwan:

2 ons udang segar cuci bersih
10 siung bawang putih haluskan
5 siung bawang merah haluskan
1 batang kecil kayu manis
1 ons jamur kuping yang sudah direndam
Sedikit bunga sedap malam kering yang sudah di rendam
1 buah bengkuang yang dipotong juliene
Daun seledri dan daun bawang di iris sesuai selera
Lada,garam,gula dan cuka putih sesuai selera

Cara membuat tekwan untuk kuah:

  1. Pisahkan udang dengan kulit dan kepala. Rebus semuanya sebentar untuk mengeluarkan kaldunya.
  2. Tumis udang yang sudah dihaluskan bersama bawang putih, bawang merah sampai harum
    Masak 2 liter air bersama irisan bengkuang. Tambahkan kaldu udang dalam tumisan.
  3. Masukan bumbu tumisan dan bulatan tekwan dalam wadah manci. Tambahkan sedap malam, jamur, gula, garam, cuka dan masak hingga mendidih. Sajikan hangat bersama sambal cabe rawit yang sudah di giling.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tekwan Sagu

Ilustrasi Tekwan © Diadona

Tekwan identik dengan bahan dasar tepung tapioka. Tetapi, tekwan juga bisa loh dibuat dengan bahan tepung sagu. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat tekwan di bawah ini.

Bahan:

200 ons tepung terigu
500 ons sagu tani
Bumbu Penyedap
Garam
Kaldu jamur

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdt lada bubuk

Bahan pelengkap:

1 butir telur
1 helai daun seledri potong tipis-tipis
1 batang daun bawang potong tipis-tipis
700 ml air bersih masak hingga mendidih

Cara membuat tekwan sagu:

  1. Campurkan tepung terigu, garam dan kaldu jamur serta telur. Masukkan air panas dan aduk hingga tepung tercampur dengan rata. Masukkan sagu tani sedikit demi sedikit, sampai diuli adonan tepung tersebut, hingga kalis.
  2. Panaskan air untuk merebus adonan. Jika air mendidih, masukkan adonan tekwan, dengan dicubit-cubit membentuk pentol tekwan. Rebus hingga benar-benar matang. Jika pentol tekwan masak, masukkan ke dalam air dingin, lalu tiriskan.
  3. Masak kuah tekwan dengan menumis bumbu tekwan hingga harum, rebus air hingga mendidih lalu masukkan tumisan bumbu kuah. Tambahkan garam dan kaldu jamur. Jika dirasa sudah pas, masukkan pentol tekwan, dan potongan daun bawang dan seledri. Sajikan selagi panas.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tekwan Palembang

Ilustrasi Tekwan © Diadona

Yap, benar sekali bahwa tekwan adalah menu andalan khas Palembang selain pempek. Tetapi mayoritas dari kita mungkin lebih mengenal olahan pempek daripada tekwan. Kamu tentunya bisa membuat olahan tekwan Palembang ini di rumah. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat tekwan di bawah ini.

Bahan:

200 gram udang kupas giling
1 buah putir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt bawang putih halus
2 sdm air es
1 sdm tepung tapioka

Bahan kuah:

1,5 liter air
5 siung bawang putih geprek
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt lada bubuk

Bahan pelengkap:

100 gram bihun seduh dengan air hangat lalu tiriskan
100 gram jamur kuping iris panjang lalu seduh dengan air hangat
100 gram bengkuang potong bentuk korek api
50 gram irisan daun bawang dan seledri
50 gram bawang goreng

Cara membuat tekwan Palembang:

  1. Campur udang dengan semua bahan tekwan, aduk, dan uleni. Panaskan semua bahan kuah sampai mendidih.
  2. Cetak adonan dengan bantuan sendok, masukkan bulatan tekwan pada kuah panas hingga adonan habis. Masak hinga tekwan mengapung.
  3. Masukkan bengkuang, jamur kuping, dan kaldu bubuk. Sajikan tekwan dengan bihun dan beri taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tekwan Udang

      View this post on Instagram

????TEKWAN UDANG???? bahan : 200 gr udang yg sudah dihaluskan 75 ml air 200 gr sagu tani garam dan penyedap secukupnya uleni udang sambil di remas sampe kenyal supaya mendaptkan hasil tektsur yg kenyal tanpa pake putih telor.baru tambah kan air sedikit sedikit uleni masukkan garam dan penyedap aduk lagi baru masukkan sagu sedikit demi sdkit. Setelah bhn tercampur rata cemplungkan bhn ke air mendidih bhn diambil menggunakan garpu.setelah mengapung angkat. _ Bahan kuah : air secukupnya bawang putih halus lalu ditumis udang secukupnya bengkoang pot korek jamur kuping rebus sebentar cuci bersih potong2 seledri garam, penyedap, lada didihkan air, masukkan tumisan bawang putih, tambahkan udang dan bengkoang. Setelah bengkoang mulai lembut masukkan jamur kuping tambah kan tekwan garam lada dan penyedap,setelah matang Beri seledri dan bawang goreng. Sajikan bila suka tambahkan kecap manis dan sambel cabe jeruk kunci. Untuk resep tekwan ini bermacam macam ya bunda,untuk tekstur dan rasa sesuai selera masing masing. ???????? . . By @emihacikenz . #tekwanudang #tekwan #reseptekwan #reseptekwanudang #food #simple #foodshare #food52 #masakanrumahan #instafood #foodphotography #nomnom #eat #doyanmakan #makan

A post shared by kulinermamakece (@kulinermamakece) on

Secara umum olahan tekwan dibuat dengan campuran ikan tenggiri. Tapi, kamu juga bisa membuat tekwan dengan campuan bahan udang. Langsung saja simak resep cara membuat tekwan udang selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

200 gram udang yg sudah dihaluskan
75 ml air
200 gram sagu tani
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat tekwan udang:

Uleni udang sambil di remas hinga kenyal supaya mendapatkan tektsur yang kenyal tanpa menggunkaan putih telor. Tambahkan air sedikit demi sedikit lalu uleni.

Masukkan garam dan penyedap aduk lagi baru masukkan sagu sedikit demi sedkit. Setelah tercampur rata masukkan dalam air mendidih menggunakan garpu. Setelah mengapung angkat.

Bahan kuah:

Air secukupnya
Bawang putih halus lalu ditumis
Udang secukupnya
Bengkoang potong korek
Jamur kuping rebus sebentar cuci bersih dan potong-potong
Seledri
Garam
Penyedap rasa
Lada

Cara membuat tekwan untuk kuah:

Didihkan air lalu masukkan tumisan bawang putih. Tambahkan udang dan bengkoang. Setelah bengkoang mulai lembut masukkan jamur kuping. Tambahkan tekwan, garam, lada dan penyedap. Setelah matang Beri seledri dan bawang goreng. Sajikan bila suka tambahkan kecap manis dan sambel cabe jeruk kunci.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tekwan Tanpa Ikan

Ilustrasi Tekwan © Diadona

Kamu juga bisa kok membuat tekwan meski pun tanpa menggunakan bahan tambahan ikan. Tak perlu khawatir, rasanya tetap enak kok. LAngsung saja simak resep cara membuat vtekwan tanpa ikan di bawah ini.

Bahan:

250 gram tepung terigu
500 gram tepung sagu
300 ml air mendidih
1 buah telur
2 sdm minyak makan
2 siung bawang putih
3 sdm garam
1 sdm gula
Penyedap rasa secukupnya

Bahan kuah:

4 liter air
Ebi secukupnya
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sdm merica bubuk
3 sdm garam (opsi)
1 sdm gula (opsi)
1 buah bengkoang
Daun sedap malam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Daun bawang secukupnya

Cara membuat tekwan tanpa ikan:

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah lalu haluskan bawang putih bersama garam. Masukkan ke dalam tepung terigu dan tambahkan gula dan penyedap rasa.
  2. Aduk-aduk bahan hingga rata. Rebus air 300 ml hingga mendidih, tuangkan secara perlahan ke dalam wadah yang berisi tepung terigu yang sudah ditambahkan bumbu. Aduk bahan hingga semua tercampur rata. tunggu agak dingin lalu masukkan telur dan minyak makan ke dalam adonan.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit tepung sagu dalam adonan, aduk dan uleni dengan gerakan memutar searah hingga kalis. Bentuk adonan bulat kecil atau dicomot menggunakan 3 atau 4 jari dan masukkan ke dalam air yang didihkan. Rebus tekwan dengan ditambah 2 sdm minyak makan agar tekwan yg direbus tidak lengket. Angkat tekwan yang sudah mengapung tiriskan. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Buat kuah tekwan dengan menghaluskan bahan yaitu bawang, merica dan ebi. Tumis bumbu halus hingga harum. Masak air hingga mendidih dan masukkan bumbu ke dalam kuah. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa. MAsukkan bengkoang, jamur sedap malam, dan daun bawang. Masak hingga matang dan siap disajikan.

Demikian resep cara membuat tekwan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Olahan ini memang sangat cocok kamu nikmati dengan sambal yang menggoda. Nah, sudah terbayang kan bagaimana kamu akan membuat rsesp ini nantinya? Bagaimana menurut pendapat kamu tentang olahan makanan khas Palembang ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar