Fakta Unik Permen Kopiko, Sudah Go International Hingga Jadi Cemilan Para Astronot di Luar Angkasa

Reporter : Inasa All Islamiya
Selasa, 11 Agustus 2020 09:22
Fakta Unik Permen Kopiko, Sudah Go International Hingga Jadi Cemilan Para Astronot di Luar Angkasa
Ini nih baru yang namanya kecil-kecil cabe rawit.

Kopiko adalah salah satu permen khas Indonesia yang bisa terus eksis sejak perilisan pertamanya pada 1980-an. Permen Kopiko juga dikenal sebagai pelopor kopi dalam bentuk kembang gula yang ternyata jadi favorit hingga kini.

Permen dengan rasa kopi yang khas tersebut diproduksi oleh PT Mayoraa Indah Tbk (Mayora). Menariknya, permen Kopiko kini tak hanya bisa ditemui di Indonesia loh, tapi juga sejumlah negara lain di seluruh dunia.

Meski terbilang bukan makanan mahal, Kopiko mampu mencuri hati masyarakat dari berbagai latar belakang dan selera. Bahkan di Indonesia sendiri Kopiko secara umum dikenal bukan sebagai jenis panganan yang spesial.

Namun, Kopiko tak lekang oleh waktu dan terus berada di tengah masyarakat Indonesia hingga saat ini. Nah, buat kamu yang penasaran, ini dia fakta unik permen Kopiko :

1 dari 6 halaman

Permen KopikoPermen Kopiko © id.wikipedia.org

2 dari 6 halaman

Cita Rasa Kopi Kental dan Khas

Menurut info dari laman SWA, meski bukan varian olahan kopi dengan harga mahal, nyatanya Kopiko adalah permen olahan kopi yang diolah dengan teknik khusus dan tak semabarangan loh. Kopiko disebut diolah dari biji terbaik.

Yang kualitasnya dijaga sejak awal, kemudian dipadu padankan dengan bahan-bahan terbaik yang bisa membuat Kopiko tetap dicintai hingga kini. Selain itu, mereka juga memerhatikan selera kopi favorit konsumen loh.

3 dari 6 halaman

Permen KopikoPermen Kopiko © mayoraindah.co.id

4 dari 6 halaman

Bisa Ditemui di Lebih dari 50 Negara

Kabarnya, Kopiko sudah dipasarkan lebih pada 50 negara loh. Kamu bisa temui permen Kopiko di hampir seluruh benua. Mulai dari benua Asia, Afrika, Australia, Eropa, hingga Amerika.

Andalan permen Kopiko hingga bisa jadi favorit di berbagai negara adalah karena strategi pemasaran mereka, yang mengutamakan selera konsumen di berbagai kawasan yang berbeda.

5 dari 6 halaman

6 dari 6 halaman

Jadi Cemilan Para Astronot

Pada 2017, Kopiko pernah bikin netizen heboh, karena muncul dalam unggahan Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Spcae Station / ISS) milik NASA. Jadi akun twitter mereka mengunggah potret para astronot yang sedang merayakan Thanksgiving.

Nah, dalam unggahan itu, terlihat mereka sudah siapkan berbagai jenis makanan. Namun ada satu makanan yang menyita perhatian netizen, yakni satu bungkus besar permen Kopiko yang bertengger di salah satu sudut gambar tersebut.

" Para kru menikmati jamuan makan malam Thanksgiving ketika sedang mengorbit Bumi di ketinggian 250 mil. Sajian makan malam ayam kalkun ini dilakukan setelah seharian penuh melakukan riset dan perawatan," tulis akun Twitter ISS, @Space_Station.

Gak heran sih ya kenapa mereka pilih bawa permen Kopiko ke luar angkasa, kan di sana gak bisa ngopi. Gambar itu juga menguak fakta lain yang menyebut bahwa permen Kopiko memang sangat populer di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Wah keren ya permen Kopiko, jadi bangga nih.

Beri Komentar