Bener Gak sih Ada yang Namanya Jerawat Cinta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 8 April 2020 11:05
Bener Gak sih Ada yang Namanya Jerawat Cinta?
"Ciee, jerawat siapa tuuh?"

Dulu pas masih zaman sekolah, kalau ada teman yang nggak jerawat di muka trus pada suatu waktu jerawat tiba-tiba muncul, nggak sedikit dari teman-teman saya yang meledeknya. "Cie jerawatan, jerawat siapa tuh?"

"Jerawat siapa tuh?" katanya! Ya jelas jerawat yang mengalaminya dong. Eits tapi ternyata maksudnya ngggak sesederhana itu. Maksudnya adalah gara-gara siapa jerawat itu muncul? Siapa yang sudah membuat dia kasmaran a.k.a klepek-klepek?

Tapi tunggu dulu. Emang beneran ya kalau orang lagi jatuh cinta sama seseorang jerawat akan muncul? Beberapa ada yang menyebutnya jerawat cinta sih.

1 dari 3 halaman

Ternyata, melansir dari Hellosehat, jawabannya adalah ya. Jatuh cinta bisa membuat kamu timbul jerawat di muka. Penyebabnya tidak salah lagi yaitu hormon, tepatnya hormon kortisol yang semakin memuncak ketika kamu jatuh cinta, menurut sebuah penelitian di Psychoneuroendocrinology.

Sementara itu, kortisol merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap timbulnya stres. Makanya ketika jatuh cinta nggak sedikit orang yang merasa bingung dan resah dengan dirinya sendiri. Tanpa kamu disadari ternyata tubuh sedang mengalami stres. Di samping itu, stres merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat.

Tapi seseorang yang bisa mengontrol dirinya sendiri atas apa yang terjadi dan dirasakannya, stres nggak akan berlansung lama, sehingga peradangan kulit pun akan minim terjadi. Tapi nggak tau kalau stres gara-gara jatuh cinta berkelanjutan.

2 dari 3 halaman

Namun ketika doi (semoga) merespons balik perasaanmu, kamu pasti bahagia, dong? Apalagi tiba-tiba di ponsel ada notif dari doi, rasanya pengin jungkir balik saking senangnya. Nah ketika hal ini terjadi, rasa bahagiamu akan memproduksi hormon bahagia yaitu dopamin di otak. Kalau hormon yang satu ini semakin kuat, ya hormon stres kortisol itu pun akan lenyap. Sehingga jerawat mungkin memang terjadi di awal saja, dan akan hilang setelahnya.

Tapi nggak semua orang harus jerawatan dulu ketika jatuh cinta. Sebab, beberapa orang akan langsung merasa bahagia setinggi-tingginya ketika jatuh cinta, sehingga kemungkinan jerawat muncul pun sedikit.

3 dari 3 halaman

Namun kabar baiknya, ketika kamu jatuh cinta tentu kamu akan menampilkan dirimu yang paling baik di hadapannya bukan? Kamu akan lebih bersih, lebih wangi, dan lebih bugar dari biasanya agar doi yang kamu taksir benar-benar jatuh ke pelukanmu. Hehe

 

Beri Komentar