Tips Membuat Kentang Gorengmu Tetap Krispi Meski Sudah Dingin

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 17:47
Tips Membuat Kentang Gorengmu Tetap Krispi Meski Sudah Dingin
Salah satu kendala membuat kentang goreng sendiri di rumah yakni saat dingin kentang cenderung layu dan lembek. Agar kentang tetap krispi, begini caranya.

Kentang goreng memang menjadi salah satu camilan favorit segala usia. Selain rasanya yang enak, cara membuatnyapun juga cukup sederhana. Biasanya, salah satu kendala saat membuat kentang goreng sendiri di rumah yakni kentang goreng akan cenderung lembek dan layu ketika sudah dingin. Selain itu, kentang pun juga menyerap banyak minyak.

Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Nah, untuk satu hal ini ada cara sederhana yang bisa kamu coba agar kentang gorengmu tetap krispi dan tidak menyerap banyak minyak. Caranya yakni cukup merendam kentang dengan air kapur dan air es. Bubuk kapur ini sendiri bisa kamu beli di toko-toko bahan makanan.

Melansir dalam fimela (23/12), berikut langkah-langkah untuk membuatnya. Yuk, simak terus di bawah ini ya.

1 dari 1 halaman

Cara Membuat Kentang Goreng Krispi

1. Pertama, ambil 2 sdm bubuk kapur. Lalu, campurkan dengan 1 liter air.

2. Kemudian, diamkan campuran tersebut sampai mengendap dan warna air kembali bening.

3. Lalu, cuci bersih kentang yang sudah dipotong-potong sebelumnya.

4. Selanjutnya, tuangkan 500 ml air kapur sampai kentang terendam. Lalu, biarkan selama 20 menit. Dengan cara ini, permukaan kentang akan menjadi lebih tebal atau keras. Hal inilah yang akan membuat kentang goreng menjadi krispi serta renyah tahan lebih lama.

5. Setelah 20 menit, angkat kentang dan rendam sebentar dengan bumbu garam. Gunakan air es untuk membuat bumbu rendam tersebut. Air es sendiri berfungsi mempertahankan permukaan kentang yang keras. 

6. Lalu, panaskan minyak dan goreng kentang hingga tenggelam. Jangan sering dibolak-balik, ya. Balik sekali saja agar matang merata.

7. Terakhir, setelah kentang tampak matang kaku dan berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan.

8. Kentang goreng krispi siap disajikan dengan saos favorit.

Nah, sudah jadi. Sekarang, kamu bisa nih membuat kentang goreng yang tetap krispi seperti di restoran sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Beri Komentar