22 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Kesehatan, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Jumat, 7 Februari 2020 13:55
22 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Kesehatan, dan Kecantikan
Manfaat daun singkong ini sungguh mengesankan untuk kesehatan hingga kecantikan tubuh kamu. Bahkan ibu hamil juga bisa mengonsumsi daun singkong ini. Berikut manfaat daun singkong tersebut.

Singkong sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu, mulai dari umbi, batang dan daunnya. Tidak hanya murah, dan mudah diperoleh, daun singkong juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Secara umum, kandungan nutrisi pada daun singkong ada kalori, lemak, kolesterol, serat, protein, beraneka ragam vitamin (seperti vitamin A dan vitamin C), kalisum, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, dan lain sebagainya.

Dilihat dari kandungan nutrisi tersebut, tentu banyak manfaat daun singkong ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun singkong yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Daun singkong ini akan bermanfaat bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Untuk ibu hamil yang memiliki darah tinggi, tidak dianjurkan untuk memakan daun singkong ini. Tetapi, manfaat daun singkong untuk ibu hamil ini juga tidak bisa diremehkan. Berikut manfaat daun singkong untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Meningkatkan nafsu makan

Bagi ibu hamil yang memiliki masalah sulit makan pada masa kehamilan, bisa coba mengonsumsi daun singkong ini. Hal ini dikarenakan pada manfaat daun singkong dapat menambah nafsu makan pada ibu yang sedang hamil. Benar saja, terkadang ibu yang sedang hamil kerap kali malas makan.

Namun, agar ibu hamil tetap mendapatkan nutrisi baik untuk ibu dan bayi yang sedang dikandung, ibu hamil tetap perlu mengonsumsi makanan. Ibu hamil bisa dibantu dengan mengonsumsi daun singkong agar mengembalikan nafsu makan.

Menjaga kesehatan tulang

Adanya kandungan zat fosfor dan kalium pada daun singkong bisa mendatangkan manfaat daun singkong untuk ibu hamil berupa penjagaan kesehatan tulangnya. Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kandungan nutrisi pada daun singkong ini juga bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi calon bayi untuk tumbuh dengan kuat dan sehat.

Melancarkan sistem pencernaan

Pada ibu hamil, menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat juga sangat penting. Pasalnya, sistem pencernaan terletak di dalam perut, dimana ada bayi juga yang sedang dikandung di dalamnya. Apabila sistem pencernaan ibu hamil tidak lancar, maka ibu hamil bisa merasakan sembelit dan bisa memengaruhi rasa sakit pada kehamilannya.

Apabila ibu hamil tengah mendapati masalah pada sistem pencernaan, ibu hamil bisa mengonsumsi daun singkong. Ada manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang bisa dirasakan untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit ini.

Meningkatkan sistem imun

Mampu meningkatkan sistem imun merupakan manfaat daun singkong untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa didapatkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada daun singkong. Vitamin C pada daun singkong bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh ibu hamil.

Bagi ibu hamil, penting untuk mencukupi nutrisi ini agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, nutrisi ini juga sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi, sehingga dapat mencegah risiko anemia. Bukan hanya mencegah anemia pada ibu hamil saja, melainkan juga bisa mencegahnya pada bayi.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Manfaat daun singkong juga bisa untuk kesehatan tubuh kamu loh! Berikut manfaat daun singkong untuk kesehatan.

Mengobati penyakit cacingan

Penyakit cacingan juga dapat diobati dengan menggunakan manfaat daun singkong yang direbus hingga matang. Untuk mengatasi masalah cacingan, kita juga bisa meminum air rebusan daun singkong yang telah dicuci bersih secara rutin.

Mengobati stroke

Ilustrasi Penderita Penyakit Stroke © Diadona

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar orang Indonesia. Dengan kandungan isoflavon yang ada di dalam daun singkong, dan mengonsumsinya secara rutin, penyakit stroke dapat teratasi.

Meredakan Arthritis

Arthritis merupakan penyakit peradangan area sendi akibat masalah autoimun. Untuk meredakan rasa nyeri akibat arthritis, kita bisa menggunakan manfaat daun singkong dengan mengolahnya seperti mengolah daun singkong untuk meredakan rematik.

Mengatasi diare

Dengan merebus daun singkong, dan mengonsumsinya saat menderita diare, akan membuat perut menjadi lebih nyaman dan tidak sakit lagi. Air rebusan daun singkong ini juga bisa disimpan selama kurang lebih 3 hari untuk dikonsumsi secara rutin.

Meredakan sakit kepala

Ilustrasi Sakit Kepala © Diadona

Tidak hanya demam saja yang bisa diredakan dengan mengonsumsi air rebusan daun singkong. Manfaat daun singkong yang sudah direbus hingga matang juga baik untuk mengatasi sakit kepala yang menyesakkan.

Mengobati luka bernanah

Untuk luka bernanah, cara mengatasinya dengan daun singkong juga sangat mudah. Cukup tutupi luka dengan daun singkong yang sudah dihaluskan dan kemudian balut dengan perban atau kain, untuk menjaga daun singkong tetap menutup luka.

Meredakan luka bakar ringan

Manfaat daun singkong tidak hanya bisa diperoleh dengan direbus saja, tapi juga bisa langsung dimanfaatkan untuk meredakan berbagai jenis luka. Salah satunya luka bakar ringan akibat bersentuhan dengan benda yang panas. Cukup dengan menghaluskan daun singkong dan menempelkannya ke sekitar luka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Daun Singkong

Dengan kandungan nutrisi yang banyak, sayur daun singkong ini juga bisa mengoabti beberpaa pernyakit. Berikut manfaat daun singkong tersebut.

Meredakan demam

Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit yang cukup serius, manfaat daun singkong juga untuk mengatasi berbagai penyakit ringan seperti demam. Dengan merebus daun singkong dan mengonsumsinya dipercaya ampuh meredakan demam.

Meredakan rematik

Ilustrasi Rematik © Diadona

Manfaat daun singkong mengandung magnesium yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko rematik. Manfaat daun singkong yang satu ini bisa didapatkan dengan merebus 150 gram daun singkong dan menambahkan akar jahe, garam, dan daun jeruk.

Mencegah penyakit kwashiorkor

Penyakit Kwashiorkor adalah penyakit kekurangan protein yang parah, penyakit ini juga sering terjadi di Indonesia. Dengan mengonsumsi daun singkong secara rutin dapat mencegah terserang penyakit ini, terutama pada anak-anak.

Meningkatkan imunitas

Manfaat daun singkong selanjutnya ialah mampu meningkatkan imunitas tubuh, karena daun singkong mengandung folat dan vitamin C yang tinggi. Dua kandungan ini mampu melawan bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit.

Menjernihkan penglihatan

ilustrasi mata © Diadona

Masalah penglihatan yang buruk ternyata juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi daun singkong. Kita bisa mengolah daun singkong bersama bawang putih dan garam, lalu mengonsumsinya bersama nasi.

Meningkatkan stamina

Manfaat daun singkong selanjutnya ialah mampu meningkatkan stamina tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, secara otomatis stamina tubuh juga akan meningkat. Caranya cukup dengan mengolah daun singkong menjadi sayur dan menambahkan kencur ke dalamnya.

Meningkatkan nafsu makan

Dengan mengonsumsi daun singkong secara rutin, akan membuat nafsu makan meningkat. Selain dengan membuatnya menjadi sayur, merebus daun singkong dengan jahe dan mengonsumsinya saat pagi hari, sangat baik untuk menjaga nafsu makan kita selama seharian.

Menyembuhkan luka luar

Selain luka bakar ringan, luka ringan lainnya seperti luka sayatan pisau kecil, luka akibat terjatuh atau karena goresan lainnya juga bisa disembuhkan dengan menghaluskan daun singkong dan mengoleskannya ke sekitar luka.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, manfaat daun singkong juga digunakan untuk kecantikan. Berikut manfaat daun singkon untuk kecantikan.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Menghaluskan dan melembutkan kulit

Membuat masker daun singkong dan mencampurnya dengan bahan alami lain, seperti minyak zaitun, madu dan buah-buahan, diyakini efektif untuk membuat kulit lebih halus dan lembut.

Mengatasi masalah kulit berminyak

Kulit yang berminyak juga dapat diatasi dengan daun singkong. Caranya dengan membuat masker dari daun singkong. Tidak hanya kulit berminyak saja, komedo membandel juga dapat diatasi dengan masker wajah alami dari daun singkong.

Menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat

Masalah kesehatan kulit lainnya seperti jerawat dan bekas jerawat yang membandel juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun singkong. Cukup dengan menghaluskan daun singkong dan mencampurnya dengan perasan jeruk nipis dan mengoleskannya pada wajah yang berjerawat.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun singkong tersebut? Olahan seperti apa yang kamu suka dari daun singkong ini? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar