6 Tips Menyimpan Tahu di Kulkas, Awet Tahan Lama dan Tetap Segar Alami

Reporter : Arifina
Selasa, 7 November 2023 20:17
6 Tips Menyimpan Tahu di Kulkas, Awet Tahan Lama dan Tetap Segar Alami
Begini tips menyimpan tahu yang benar di kulkas agar tetap segar alami.

Tips menyimpan tahu di kulkas bisa kamu terapkan untuk memp[ertahankan kulaitas bahn makanan satu ini. Penyimpnan yang tepat dapat menjaga rasa dan aroma tahu tetap segar saat akan dikonsumsi.

Tahu menjadi salah satu bahan masakan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagian besar ibu rumah tangga karena harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang enak. Terbuat dari kedelai yang dihaluskan lalu di fermentasi, tahu memiliki tekstur yang lembut dan sedikit berpori untuk menyerap rasa dari bumbu yang digunakan. 

Dilansir dari alodokter.com, tahu mengandung sumber protein yang tinggi dan beragam kandungan nutrisi seperti, karbohidrat, serat, dan lemak.

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Tahu © Diadona

Kandungan tersebut baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengontrol gula darah, meningkatkan kekuatan tulang, hingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Tahu hadir dalam beberapa variasi, seperti tahu putih, tahu sutera, tahu pong, dan masih banyak lagi. Walaupun bahan masakan ini murah, namun tidak juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Kecuali, jika bahan masakan ini disimpan dengan benar.

Berikut tips menyimpan tahu di kulkas agar lebih segar dan memiliki daya simpan yang lebih lama dan tetap segar alami!

2 dari 7 halaman

Pilih Jenis Tahu yang Berkualitas Baik

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih tahu yang memiliki kualitas terbaik. Hl tersebut dapat diketahui dengan cara membau aroma tahu.

Jika tahu memiliki aroma yang menyengat tidak enak biasanya tahu  sudah disimpan cukup lama atau air rendaman jarang diganti sehingga dapat mempengaruhi aroma dan rasa tahu. Selain itu, dapat juga terjadi karena tahu sudah diberi formalin. Tahu yang segar tidak memiliki bau yang menyengat dan aroma yang asam.

Cra lainnya untuk mengetahui tahu berkualitas adalah dengan mengusap bagian  permukaannya. Tahu yang segar dan berkualitas baik  memiliki tekstur yang kesat dan bersih. Namun, jika permukaan tahu licin dan berlendir, maka tahu tersebut disimpan cukup lama dan akan cepat menguning jika disimpan.

3 dari 7 halaman

Bersihkan Tahu dengan Benar

Sebelum tahu disimpan di kulkas, sebaiknya tahu dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Cuci bersih tahu dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan sisa cairan yang kemungkinan menempel.

Cara ini  akan membantu menjaga kualitas kesegaran tahu selama penyimpanan. Secara umum, tahu memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Adanya sisa air yang menempel pada permukaan tahu akan menghilangkan tekstur kekenyalan tahu selama disimpan.

Dengan mencuci tahu terlebih dahulu akan membantu mempertahankan tekstur kenyal tahu. Pastikan untuk tidak mencampurkan air cucian untuk direndam saat tahu disimpan.

4 dari 7 halaman

Kukus Tahu Terlebih Dahulu

Tips Menyimpan Tahu di Kulkas © Diadona

Untuk menjaga kesegaran tahu, alangkah lebih baik untuk mengukusnya terlebih dahulu.  Jika tahu disimpan tanpa proses pengukusan, akan ada kemungkinan berubah menjadi kering.

Kukus tahu dengan menambahkan sedikit garam pada air kukusan. Tunggu hingga air benar-benar mendidih lalu kukus tahu sekitar 10-20 menit. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kandungan nutrisi di dalam tahu agar tetap terjaga. Air kukusan yang diberi garam bertujuan untuk menjaga rasa alami makanan dan mempertahankan tekstur dari uap tahu.

5 dari 7 halaman

Simpan Dalam Wadah Tertutup Rapat

Setelah tahu di kukus dan ditiriskan, simpanlah ke dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Hal ini agar tahu tidak terkontaminasi bahan makanan lainnya selama disimpan di dalam kulkas.

Selain itu, cara ini juga dapat mencegah tahu dari penyerapan bau dan rasa dari makanan lain. Wadah yang kedap udara dan tertutup rapat akan membantu mencegah kelembaban rasa dan aroma dari bahan makanan lain yang ada di dalam kulkas. Sehingga, kesegaran tahu akan tetap terjaga.

6 dari 7 halaman

Letakkan di Bagian Terdingin Kulkas

Simpan wadah yang berisi tahu di rak bagian bawah kulkas. Biasanya rak bagian bawah kulkas memiliki suhu yang stabil untuk menjaga kesegaran tahu yang akan dikonsumsi. Selain itu, suhu yang lebih stabil membantu tahu mengalami pertumbuhan mikroba yang dapat memperpanjang masa simpan tahu.

Dengan menyimpan tahu di bagian terdingin dengan suhu yang stabil di kulkas dapat membantu melindungi tahu dari bau makanan yang tidak diinginkan sehingga tekstur dan rasanya tetap enak saat dikonsumsi. Jika tahu yang disimpan di suhu yang lebih tinggi cenderung menjadi lebih lunak dan tekstur tahu menjadi kurang baik sehingga kurang layak dan enak ketika dimakan.

7 dari 7 halaman

Jangan Dibiarkan Terlalu Lama

Ilustrasi Tahu © Diadona

Meski sudah disimpan di dalam kulkas, sebaiknya untuk tidak membiarkan tahu terlalu lama. Tahu dalah salah satu bahan masakan yang terbuat dari kedelai. Maka dari itu, tahu tidak dapat disimpan di jangka waktu yang sangat lama jika tidak benar saat menyimpannya.

Jika tahu disimpan dengan cara yang kurang tepat atau salah maka tahu akan mengalami perubahan warna, bau, dan aroma yang tidak sedap. Tahu yang mengeluarkan ciri-ciri tersebut saat disimpan di kulkas, maka tandanya tahu tidak layak dimakan dan segera untuk membuangnya.

Dengan beberapa tips menyimpan tahu di kulkas diatas, kamu bisa menyimpannya dengan baik dan tetap menjaga kualitas dan kesegarannya lebih lama. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar