5 Resep Cara Membuat Kremes Ayam Goreng Tulang Lunak Kriuk yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 April 2020 19:09
5 Resep Cara Membuat Kremes Ayam Goreng Tulang Lunak Kriuk yang Enak
Makan olahan enak nggak perlu mahal, cukup dengan membuat ayam kremes kekinian di rumah! Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Siapa sih yang nggak suka olahan ayam? Yap, mulai dari ayam yang diolah dengan cara dibakar dan digoreng. Apalagi dengan sajian ayam yang dibumbui pedas ala bumbu Bali. Dijamin kamu nggak akan bisa menolak kelezatannya. Berbicara mengenai ayam goreng, banyak sekali loh varian ayam goreng yang sering kita jumpai di lapak abang abang pinggir jalan atau rumah makan. Mereka menyajikan menu andalan ayam goreng dengan varian penyet, geprek, mentega, pok-pok dan kremes yang gurih nikmat.

Nah, olahan ayam kremes menjadi andalan dan pilihan banyak peminat kuliner ayam akhir-akhir ini. Tak jarang pula mereka pasti menikmati olahan ayam kremes ini dengan nasi putih hangat serta aneka sambal dan lalapan.

Nggak harus beli melulu, kamu juga bisa kok membuat sajian ayam kremes ini di rumah dengan mudah dan praktis tanpa ribet. Cocok banget kamu sajikan untuk menu makan keluarga tercinta di rumah. Jika kamu pecinta olahan ayam, maka wajib banget mencoba membuat ayam kremes ini. Yuk, daripada penasaran langsung saja deh simak resep mudah cara membuat kremes ayam goreng tulang lunak kriuk dan enak yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Ayam Goreng Kremes

Ilustrasi Ayam Goreng Kremes © Diadona

Ayam goreng kremes yang enak dan gurih ini memang sangat cocok kamu nikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Tak lupa dengan nasi putih hangat, dijamin kamu akan menyukainya dan habis tak tersisa di piring makanmu. Cara membutanya pun sangalah mudah. Yuk, simak langsung resep cara membuat ayam goreng kremes berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ayam
- 7 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt garam atau sesuai selera
- 1 bungkus santan kara
- 4 butir kemiri
- 1/4 sdt penyedap rasa sesuai selera
- 2 lembar daun salam
- 1 batang sereh
- 2 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar

Bahan sambal:
- 5 cabe galak
- 5 cabe panjang
- 250 gram tomat
- 4 siung bawang merah
- Garam
- Sejumput penyedap rasa

Bahan kremesan:
- 1 butir kuning telur
- 7 sdm tepung tapioka/kanji
- 1 sdm tepung gandum
- Air kaldu sisa ungkep ayam
- Secukupnya garam
- Sejumput baking soda

Cara membuat ayam goreng kremes:

a. Cuci dan bersihkan ayam. Masak ayam dalam panci, tambahkan daun salam dan sereh. Uleg halus bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar. Masukkan bumbu halus ke dalam panci ayam. Masak hingga empuk dan set.

b. Buat kemeresan dengan cara campur semua bahan kremesan dan tambahkan air kaldu sisa ungkep ayam. Masukan ayam ke adonan kremesan. Goreng dengan minyak panas, tambahkan 2 sendok adonan kremesan di sekitar ayam yang sedang di goreng.

c. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan dengan minyak panas. Goreng dengan sedikit minyak bahan sambel sampai kira-kira empuk cabe dan tomatnya, angkat dan uleg, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Ayam goreng kremes siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Ayam Kremes Tulang Lunak

Ilustrasi Ayam Goreng Kremes Tulang Lunak © Diadona

Ayam goreng kremes dengan daging dan tulang lunak ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi masakan lezat keluarga. Rasa gurih kremesannya serta tak lupa ayam goreng dengan bahan bumbu ini akan sangat menggoda selera. Simak langsung resep mudah cara membuat ayam kremes tulang lunak berikut ini.

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung utuh
- 6 lembar daun salam
- 500 ml santan
- 1 1/2 liter air kelapa *
- 40 gram gula jawa
- 1 sdm air asam
- 8 lembar daun jeruk
- 1 buah jeruk nipis, peras
- 2 batang sereh, geprek
- 4 cm lengkuas, geprek
- Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
- 8 cm kunyit sekitar
- 6 gram jahe
- 1 sdt lada
- 20 gram bawang putih
- 30 gram bawang merah
- 2 sdt ketumbar
- 6 butir kemiri
- 1 1/2 sdm garam

Bahan kremesan:
- 400 ml air sisa merebus ayam
- 1/2 sdt baking soda
- 1 butir kuning telur
- 75 gram tepung tapioka
- 25 gram tepung beras

Bahan pelengkap:
- Ketimun, tomat dan wortel, potong-potong
- Sambal cabai hijau atau sambal bajak
- Daun kemangi
- Nasi uduk atau nasi putih hangat

Cara membuat ayam kremes tulang lunak:

a. Belah ayam pada bagian dadanya saja. Pentangkan ayam dan lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.

b. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam, bumbu halus, semua bumbu, gula jawa, air asam, air kelapa dan santan ke dalam panci presto. Masak ayam dengan api besar hingga panci mendesis selama 30 menit.

c. Kecilkan api, masak terus selama 1 1/2 jam, hingga tulang ayam menjadi lunak. Matikan api, keluarkan ayam dari panci, biarkan hingga dingin. Buang lengkuas, dan semua bumbu rempah dari air sisa rebusan.

d. Panaskan minyak goreng yang banyak di dalam wajan. Letakkan ayam di saringan besar. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Balik posisi ayam perlahan dan goreng lagi hingga sisi tersebut juga menjadi kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan minyaknya dan sisihkan.

e. Buat kremesan dengan cara panaskan minyak yang banyak di wajan anti lengket cekung hingga benar-benar panas. Campur semua bahan kremes tambahkan garam sesuai selera. Aduk hingga menjadi adonan yang halus dan encer.

f. Tuang satu sendok sayur adonan sambil diputar di permukaan minyak agar tersebar rata di wajan. Biarkan hingga adonan mulai terbentuk seperti lingkaran, masih putih dan belum kering. Gunakan sutil untuk melipat adonan ke arah ayam sampai membungkus ayam seluruhnya.

g. Goreng dan balik posisi ayam hingga kremesan pada kedua sisinya mengeras dan kuning kecoklatan. Angkat ayam dengan saringan. Tiriskan di kertas roti. Aduk adonan sebelum dituangkan lagi.

h. Letakkan ayam dan kremesan di piring saji. Hidangkan ayam dengan nasi putih panas atau nasi uduk, sambal bajak atau sambal cabai hijau dan sayur-sayuran mentah.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Ayam Kremes Kriuk

Ilustrasi Ayam Kremes Kriuk © Diadona

Kamu akan menyukai sensasi makan ayam kremes ini. Dalam setiap gigitannya akan ada bunyi kriuk dengan rasa gurih dan bumbu ayam sedap yang menyatu dalam dagingnya. Dijamin kamu akan menyukai olahan ayam kremes kriuk ini. Yuk, nggak perlu ribet, langsung saja deh simak resep udah cara membuat ayam kremes kriuk berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg daging ayam
- 4 siung bawang putih
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 1 ruas kunyit
- Garam
- Ketumbar bubuk

Bahan kremesan:
- 250 ml air rebusan ayam
- 100 gram tepung tapioka
- 2 sdm tepung beras
- 1/2 sdt baking powder
- 1 butir kuning telur

Cara membuat ayam kremes kriuk:

a. Blender atau ulek bawang putih, kunyit, dan lengkuas hingga halus. Rebus ayam dengan bumbu halus, tambahkan garam dan ketumbar bubuk. Rebus sampai empuk dan matang.mSetelah ayam matang, tiriskan, kemudian goreng dengan minyak panas.

b. Buat kremesan dengan cara campur tepung tapioka, tepung beras, baking powder dan kuning telur ke dalam air rebusan ayam. Goreng pada minyak panas. Sebelum kremesannya mengeras, masukkan ayam. gulung ayam dengan kremesan. Ayam goeng kremes kriuk siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Ayam Kremes Suharti

Ilustrasi Ayam Kremes ala Suharti © Diadona

Pasti sudah nggak asing lagi dong dengan olahan  ayam goreng Suharti yang melegenda? Itu loh, ayam goreng dengan logo huruf 'S' yang diapit oleh dua gambar ayam pada sisi kanan dan kirinya. Yap, nggak perlu ke Yogyakarta, kamu tentunya bisa menikmati sajian olahan ayam goreng Suharti ini di rumah dengan membuatnya sendiri. Simak langsung resep selengkapnya cara membuat ayam kremes Suharti berikut ini.

Bahan:
- 1 kg ayam, potong ukuran sedang, buang lemaknya
- 10 sdm tepung tapioka
- 1 butir telur ayam ukuran kecil
- 500 ml air untuk ungkep ayam

Bumbu ungkep:
- 4 cm lengkuas
- 2 cm kunyit
- 4 butir bawang putih
- 1 bungkus royco ayam
- 1 sdm garam
- 1 liter minyak

Cara membuat ayam kremes Suharti:

a. Ulek bumbu, setelah halus ungkep ayam bersama air dan bumbu, masukkan royco dan garam. Masak hingga ayam empuk , ambil satu persatu ayam lalu tiriskan.

b. Ambil dan saring sekitar 500 ml air ungkepan ayam di mangkok agak besar, biarkan hingga hangat. Masukkan tepung tapioka dan telur ke mangkok air ungkepan ayam lalu aduk, jangan sampai ada yang masih menggumpal.

c. Panaskan minyak, siapkan sendok sayur agak besar, lalu siram adonan kremesan dengan gerakan mengelilingi wajan. Siram sampai 2 sendok, kemudian masukkan ayam ditengah kremesan tunggu sampai kremesan setengah kering, bolak balik sampai kuning kecoklatan kemudian angkat. Ayam kremes siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Ayam Kremes Enak

Ilustrasi Ayam Kremes Enak © Diadona

Olahan ayam kremes yang enak dan murah bisa banget kamu buat sendiri di rumah dengan bahan sederhana. Nggak perlu ribet dan khawatir masakan gagal, coba saja deh resep mudah dan lezat cara membuat ayam kremes enak berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ayam, potong jadi 4
- 1 liter air
- 1 buah jeruk nipis
- 300 ml minyak goreng

Bumbu ungkep:
- 4 siung bawang putih
- 1,5 sdt ketumbar
- 4 cm kunyit
- 2 batang sereh, memarkan
- 1 sdt garam

Cara membuat ayam kremes enak:

a. Cuci ayam hingga bersih. Rendam di air perasan jeruk nipis selama 10 menit. Bilas air dan tiriskan. Haluskan bumbu ungkep, rebus bersama 1 liter air hingga mendidih. Masukkan ayam, tunggu sampai airnya berkurang setengahnya.

b. Matikan api, tiriskan ayam. Tunggu sampai dingin sebelum digoreng. Sisa air ungkepan ayam jangan dibuang untuk bahan membuat kremesan.

c. Siapkan minyak panas untuk menggoreng. Masukkan ayam, goreng hingga kecoklatan. Ulangi sampai ayam habis. Angkat, sajikan bersama kremesan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat kremes ayam goreng tulang lunak yang enak dan anti ribet. Cocok banget untuk kamu buat sendiri di rumah sebagai pilihan menu makan yang enak, praktis, dan ekonomis keluarga tercinta. Yuk, segera persiapkan bahan-bahnnya, ya!

Beri Komentar