10 Cara Membuat Steak Daging Sapi, Ayam, Tempe, dan Kentang hingga Kuah Saus Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 18 Februari 2020 22:07
10 Cara Membuat Steak Daging Sapi, Ayam, Tempe, dan Kentang hingga Kuah Saus Sederhana
Olahan daging yang disajikan dengan saus dan aneka sayuran. Simak resep cara membuat steak di bawah ini!

Steak merupakan salah satu makanan favorit saat dinner romantis bersama pasangan. Tak jarang, banyak pasangan muda-mudi atau pasangan lainnya yang merayakan hari jadi mereka di restoran terkenal dan tak lupa memesan olahan steak dengan daging dan sayuran yang disiram dengan saus menggoda.

Kamu juga bisa merayakan hari jadi kamu dengan dinner romantis di rumah dengan pasangan. Sehingga, kamu juga bisa banget membuat olahan steak sederhana yang rasanya nggak kalah enak dengan steak yang dijual di restoran ternama. Yuk langsung saja simak resep cara membuat steak di bawah ini.

 

 

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Steak Ayam

Ilustrasi Steak Ayam © Diadona

Bahan pertama yang bisa kamu buat menjadi steak adalah daging ayam dada. Simak resep cara membuat steak ayam di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram dada ayam tanpa tulang, potong filet
- Tepung bumbu sajiku
- 1 buah tomat
- 1 buah bawang bombay
- 2 siung bawang putih
- Saos tiram
- Saos tomat
- Kaldu ayam
- Sedikit gula dan garam
- 1 sendok tepung maizena yang dicairkan
- Kentang digoreng
- Wortel direbus
- Buncis direbus

Cara membuat steak ayam:

  1. Rebus wortel dan buncis setengah matang beri sedikit garam. Goreng kentang yang telah diberi garam. Lumuri ayam dengan tepung, goreng di minyak yang banyak. Angkat setelah coklat keemasan.
  2. Untuk saos, tumis bawang putih dan bombay setelah harum, masukan tomat tumis hingga kalis. Beri sedikit air masukan saos tiram dan saos tomat. Beri lada, gula, garam, dan perasa, masukan larutan maizena. Tunggu sampai mendidih saos siap di hidangkan dengan steak.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Saus Steak

Ilustrasi Saus Steak © Diadona

Selain membuat steak yang lezat, kamu juga harus menyyiapkan bumbu saus sebagai siramannya. Langsung saja simak resep cara membuat steak untuk saus di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 bawang bombay
- 1 siung bawang putih
- 1 buah tomat
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap inggris
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm tepung maizena
- 2 sdm saus tomat
- 250 ml air
- Secukupnya garam
- Secukupnya lada hitam
- Secukupnya gula pasir
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat steak saus:

  1. Iris memanjang bawang bombay dan cincang bawang putih, potong dadu tomat dan buang bijinya. Siapkan panci, masukkan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  2. Ketika sudah layu masukkan lada, saus tiram, saus tomat, kecap manis, kecap inggris. Lalu masukkan air.
  3. Ketika sudah mendidih masukkan gula dan garam, lalu koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor, saring kuah steak agar bawang dan tomat bisa dipisahkan.
  4. Lalu rebus lagi kuah steak sampai mendidih, ketika sudah mendidih masukkan larutan tepung maizena. Aduk-aduk tunggu sampai mendidih.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Steak Daging

Ilustrasi Steak Daging © Diadona

Di bawah ini merupakan resep cara membuat steak daging yang enak dan mudah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat steak daging berikut ini.

Bahan:
- 150 gram daging sapi
- Sejumput garam
- Sejumput merica
- 2 sdm mentega
- 1 bungkus saori saus lada hitam
- 50 ml air
- 1/4 butir bawang bombay

Cara membuat steak daging:

  1. Keluarkan daging dari kulkas dan biarkan defrost. Lumuri garam dan merica. Tusuk dengan garpu lalu pijat permukaan daging agar bumbu meresap. Lakukan dikedua sisi.
  2. Panaskan mentega, masukkan daging yang sudah dibumbui. Balik jika salah satu sisi matang. Dengan wajan yang sama, tumis bawang bombay menggunakan sisa mentega bekas memasak daging sebelumnya.
  3. Masukan saori saus lada hitam dan air. Masak hingga mendidih. Angkat. Siram saus di atas daging yang telah dimasak sebelumnya.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Steak Daging Sapi

Ilustrasi Steak Daging Sapi © Diadona

Daging sapi memang bahan daging yang cocok untuk dijadikan olahan steak yang menggoda lidah. Yuk langsung saja simak resep cara membuat steak daging sapi yang lezat dengan bahan sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 2 lembar daging sapi
- Secukupnya kecap asin
- Secukupnya kecap hitam
- Secukupnya gula
- Secukupnya minyak, untuk menggoreng
- Secukupnya tepung jagung

Cara membuat steak daging sapi:

  1. Campur daging dengan kecap asin, gula, tepung jagung, minyak goreng, diamkan 5 menit.
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng sebentar kurang lebih 5 menit. Tambahkan kecap hitam secukupnya. Stick sapi siap dihidangkan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Steak Tempe

Ilustrasi Steak Tempe © Diadona

Selain menggunakan daging ayam dan sapi, kamu juga bisa membuat olahan steak menggunakan tempe sederhana. Jangan khawatir, rasanya juga nggak kalah enak dengan steak daging lainnya. Simak resep cara membuat steak tempe di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 papan tempe
- 1/4 sdt garam
- 1 sendok kecap manis
- 2 sendok tepung terigu
- 1 buah jagung
- 10 biji buncis
- 1 buah wortel
- 2 siung bawang putih
- 3 sdm saos tomat
- 2 sdm saos sambal
- 1/2 sdt totole
- 1/4 sdt garam

Cara membuat steak tempe:

  1. Potong tempe berbentuk dadu, kemudian kukus 15 menit bersama dengan wortel, buncis, jagung. Ulek tempe hingga halus, kasih terigu, kecap, 1/4 garam, aduk rata, kemudian bentuk pipih adonan.
  2. Panggang adonan tempe hingga kecoklatan, siapkan piring, taruh sayuran yang sudah dikukus bersama dengan steak tempe.
  3. Buat saosnya dengan cara panaskan wajan, tumis bawang putih hingga harum, masukkan saos tomat dan saos sambal, kasih sedikit air, tunggu hingga mengental, selanjutnya siram diatas steak tempe.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Steak Sapi Empuk

Ilustrasi Steak Sapi Empuk © Diadona

Kamu tentunya bisa mengolah daging menjadi steak yang empuk sendiri di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat steak sapi empuk berikut ini.

Bahan:
- 1/4 kg daging sapi
- 1 genggam baby buncis
- 1 brokoli ukuran sedang
- 2 buah wortel ukuran besar
- 2 buah kentang
- 1 buah jagung manis
- 1 buah bawang bombai
- 4 buah bawang putih
- 1 saset saus tiram
- 1 bungkus merica bubuk
- 1 sdm kecap manis
- 2 sdm saus tomat
- Sejumput garam
- Sejumput penyedap rasa sapi
- 1 sdm margarin untuk menumis
- 1 sdm tepung maizena
- 200 ml air
- 1 saset tepung serba guna
- 1 batang daun bawang

Cara membuat steak sapi empuk:

  1. Iris tipis daging sapi, lalu marinasi daging dengan kecap manis, sejumput garam dan sejumput merica lalu bungkus dengan daun pepaya supaya empuk. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.
  2. Cuci bersih semua sayurnya. Siangi brokoli perkuntumnya lalu rendam dengan air garam selama 10 menit. Potong korek wortel dan buncis. Lalu iris kentang sesuai selera. Kukus brokoli, wortel dan buncis selama 10-15 menit. Jika sudah matang, sisihkan.
  3. Siapkan tepung untuk menggoreng kentangnya, campurkan tepung serba guna dengan air bisa dikira-kira sendiri sampai tepung berbentuk pasta. Tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental. Campurkan irisan daun bawang lalu celupkan kentang dan goreng hingga garing. Sisihkan.
  4. Panaskan 2 sdm margarin lalu panggang daging sapi dengan api kecil, bolak balik hingga mencapai kematangan yg diinginkan. Jika sudah sisihkan.
  5. Buat saus siraman dengan cincang bawang putih hingga halus, iris tipis bawang bombay. Siapkan penggorengan panaskan 1 sdm margarin lalu tumis duo bawang hingga harum.
  6. Tambahkan garam lalu tambahkan kecap manis aduk-aduk, tambahkan saus tiram, saus tomat lalu tambahkan merica bubuk sesuai selera hingga meletup. Lalu tambahkan air. Apabila sudah mendidih tambahkan tepung maizena hingga airnya sedikit mengental.
  7. Tata sayuran, kentang dan juga daging sapi dalam piring lalu siram dengan sausnya. Steak sederhana siap dihidangkan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Steak Kentang

Ilustrasi Steak Salmon Kentang © Diadona

Berikut adalah resep cara membuat steak kentang dengan ikan salmon. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat steak berikut ini.

Bahan:
- Ikan salmon
- Jeruk lemon
- Kentang
- Telur
- Susu putih
- Bawang bombai
- Merica
- Garam
- Lada hitam
- Gula
- Saus barbecue

Cara membuat steak kentang:

  1. Siapkan daging salmon, cuci bersih di air mengalir. Berikan perasan lemon secukupnya. Taburi lada hitam, olesi kecap, dan sedikit saus barbecue. Panggang dengan sedikit minyak dan api kecil.
  2. Panggang hingga berubah warna, dan matang. Salmon ikan yang sangat lembut, tidak perlu terlalu sering dibalik nanti hancur.
  3. Buat kuah steik dengan cara tumis bawang bombai dengan sedikit minyak. Tuang saus barbecue secukupnya. Tuang air secukupnya, beri garam, merica, dan gula. Aduk hingga merata dan matang.
  4. Membuat mashed potatoes. Rebus kentang hingga masak dan lunak. Angkat, dan hancurkan kentang manual bisa dengan sendok makan. Tambahkan susu, keju, sedikit garam, gula, dan merica.
  5. Buat scrumble egg dengan cara siapkan telur, kocok sampai rata dan tuangkan 3 sendok makan susu cair putih (tawar). Goreng hingga matang atau setengah matang tergantung selera.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Kuah Steak

Ilustrasi Kuah Steak © Diadona

Steak yang kamu buat akan semakin nikmat dengan tambahan siraman kuan nikmat yang kamu  buat sendiri. Langsung saja simak resep cara membuat steak dengan kuahnya berikut ini.

Bahan:
- 100 ml susu cair
- 1/2 sdm saus sambel
- 1 sdm saus tomat
- 1/2 sdm saus tiram
- 1/2 sdm kecap manis
- 1/2 sdm tepung terigu
- Sejumput garam, gula, merica
- 1 sdm Mentega

Bumbu iris:
- 1 siung bawang putih
- 1/2 siung kecil bawang bombay

Cara membuat kuah steak:

Lelehkan mentega, tumis bumbu iris sampai harum dan layu. Kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk cepat. Masukkan susu cair dan bahan lainnya, aduk sampai tercampur rata.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Beef Steak

Ilustrasi Beef Steak © Diadona

Beef steak yang nikmat dan menggoda lidah sangat cocok kamu buat untuk menu makan dinner dengan pasangan tercinta. Simak resep selengkapnya cara membuat steak beef berikut ini.

Bahan:
- 150 gram daging sapi
- 3 siung bawang putih
- 3-4 sedok saus BBQ
- 2-3 sendok saus tiram
- Sejumput lada hitam
- Vegetables
- 3 kentang

Cara membuat steak beef:

  1. Potong-potong daging sesuai selera, kemudian bersihkan. Buat bahan untuk merinasi, lumuri daging dengan bawang putih yang sudah dicacah, saus BBQ dan saus tiram, simpan dalam kulkas kurang lebih 1 jam, biarkan bumbu meresap ke dalam daging.
  2. Untuk potato cuci besih dan kupas kulitnya, potong kentang sesuai selera, kemudian rebus setengah matang, lumuri kentang dengan penyedam rasa atau garam secukupnya. Kemudian goreng kentang di teflon dengan api kecil hingga warna kentang cantik kekuningan.
  3. Kacang polong, wortel dan buncis frozen tinggal direbus saja sesuai selera tingkat ke matangannya. Setelah daging di marinasi, kemudian panggang atau bakar dagingnya hingga matang. Setelah matang, hidangkan beef steak with vegetables.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Saus Steak Sederhana

Ilustrasi Saus Steak Sederhana © Diadona

Jika kamu ingin membuat steak, maka akan tidak lengkap jika kamu tidak membuat sendiri saus steak dengan bumbu kuat yang nempol di lidah. Langsung saja simak langkah dan cara membuat steak untuk siraman saus berikut.

Bahan:
- 2 bawang merah, iris
- 2 bawang putih, iris
- 2 lembar jamur tiram, suwir
- 1 sdm maizena, larutkan dengan air
- Secukupnya garam
- Secukupnya lada putih/hitam
- Secukupnya gula
- Sedikit kecap
- Secukupnya air
- Mentega/minyak untuk menumis

Cara membuat steak untuk saus:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai harum. Masukan jamur, tumis hingga layu lalu beri sedikit air.
  2. Masukan maizena, bumbui dengan garam, lada, gula dan kaldu bubuk jika ada , beri sedikit kecap agar warnanya cantik, koreksi rasa tunggu sampai mendidih lalu angkat. Sajikan dengan ayam crispy, daging panggang atau sesuai selera.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat steak yang bisa kamu buat sendiri di rumah tentunya dengan cara yang mudah dan sederhana. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Beri Komentar