Cara Membuat Permen Jelly ala Yupi, Jahe, dan Susu Sederhana yang Manis Maksimal

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 13 Mei 2020 21:32
Cara Membuat Permen Jelly ala Yupi, Jahe, dan Susu Sederhana yang Manis Maksimal
Olahan camilan manis kekinian bisa Moms buat dengan resep cara membuat permen ini. Jenis permen ini diantaranya adalah jelly, jahe, dan susu manis. Simak langsung resep selengkapnya berikut ini!

Cara membuat permen sangatlah mudah kok Moms. Ternyata, hanya dengan bahan agar agar dan nutrijel serta gula, Mms sudah bisa menikmati permen manis kekinian ala yupi. Nggak hanya itu, permen jahe yang menghangatkan juga bisa Moms buat dengan mudah di rumah. Permen jahe ini akan memanfaatkan bahan cengkeh, jeruk nipis, madu, dan gula. Selain itu, Moms juga bisa mebuat permen susu yang super manis dengan cara sederhana, cukup gunakan saja bahan susu bubuk dan susu kental manis saja.

Permen sendiri merupakan olahan makanan berkalori tinggi yang umumnya dibuat dari bahan gula, air, dan sir fruktosa. Nah, tingginya kadar gula dalam olahan pemen ini diklaim menjadi salah satu sebab gigi berlubang. Jadi dilema ya, permen manis yang disukai anak-anak ini merupakan salah satu camilan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi anak. Tapi kalau tidak berlebihan dan rajin sikat gigi juga gak papa kok, hehe...

Moms harus mencoba mempraktikan resep cara membuat permen ini di rumah. Dijamin aman, enak dan tanpa khawatir kandungan bahan pengawet yang membahayakan. Langsung saja deh Moms, buat sendri camilan manis keluarga dengan melihat resep cara membuat permen jelly ala yupi, jahe, dan susu sederhana dan manis maksimal yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Permen Jelly ala Yupi

Cara Membuat Permen © Diadona

Salah satu permen yang melegenda adalah yupi dengan rasa manis dan bulir gula di luarnya. Moms tentunya juga bisa kok membuat olahan permen yupi jelly ini dengan bahan nutrijell dan agar-agar sederhana. Simak langsung resep cara membuat permen berikut ini.

Bahan:
- 4 bungkus agar-agar warna
- 4 bungkus Nutrijell rasa jeruk, anggur, melon, dan kelapa Muda
- 4 gelas gula pasir
- 4 gelas air minum

Cara membuat permen jelly:

a. Siapkan panci kecil, masukkan 1 gelas air dan gula. Panaskan di atas kompor hingga bahan gula larut sambil terus diaduk-aduk.

b. Masukkan 1 bungkus agar-agar dan 1 bungkus nutrijel. Ini untuk satu rasa ya Moms. Lakukan hal yang sama untuk setiap rasa nutrijel dan agar-agarnya.

c. Aduk-aduk hingga rata dan tambahkan pedikit pewarna makanan. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.

d. Angkat dan tuangkan ke dalam wadah. Tunggu hingga dingin, potong sesuai seera. Jemur hingga 5-6 hari.

e. Selama menjemur, tutup dengan plastik tipis transparan agar tidak terkena debu.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Permen Jahe

Cara Membuat Permen © Diadona

Selain permen jelly ala yupi yang manis maksimal, Moms juga bisa loh membuat permen jahe yang menghangatkan tenggorokan. Tanpa khawatir lagi akan bahan pengawet dan kimia, cukup dengan bahan sederhana dan mudah ditemui. Simak langsung resep cara membuat permen jahe berikut ini.

Bahan:
- Jahe
- Sejumput sendok makan cengkeh
- 1/4 gula pasir putih atau sesuai selera
- 1 buah jeruk nipis
- 1 bungkus madu original
- 250 ml air

Cara membuat permen jahe:

a. Tumbuk dan ulek bahan jahe. Tumbuk juga bahan cengkeh di dalam plastiknya.

b. Masukkan air ke dalam panci. Campur semua bahan yaitu 1 sdm jahe, madu, perasan jeruk nipis, cengkeh dan gula pasir.

c. Rebus bahan hingga mendidih dan saring ampasnya. Rebus lagi hingga tektur mengental.

d. Cara membuat permen jahe sudah selesai. Moms tinggal membentuknya menggunakan tangan lalu letakkan di wadah stenlis dan taburi gula pasir.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Permen Susu Sederhana

Cara Membuat Permen © Diadona

Selain jahe, permen yang manis maksimal serta populer bisa dibuat dengan bahan susu sederhana. Cukup memanfaatkan bahan susu bubuk dan kental manis saja, Moms sudah bisa menikmati sensasi manisnya permen susu yang cocok dijadikan camilan keluarga. Pas juga nih Moms dijadikan hidangan di toples meja ruang tamu. Yuk simak langsung resep cara membuat permen susu berikut ini.

Bahan:
- 2 bungkus susu dancow bubuk
- 1 bungkus susu kental manis
- Kertas roti

Cara membuat permen susu sederhana:

a. Campurkan bahan adonan susu bubuk dan kental manis.

b. Uleni hingga bahan tercampur rata. Ratakan di atas plastik dan simpan dulu selama 5 menit di freezer.

c. Potong sesuai selera dan bungkus dengan kertas roti sesuai selera. Simpan di dalam kulkas lebih enak loh Moms.

Itulah beberapa resep cara membuat permen jelly ala yupi, jahe, dan susu sederhana yang manis maksimal. Yuk, buat sendiri di rumah Moms!

Beri Komentar