5 Resep Cara Membuat Agar Agar Untuk Puding dan Jelly dengan Santan Rasa Buah Busa Pelangi

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Februari 2020 18:22
5 Resep Cara Membuat Agar Agar Untuk Puding dan Jelly dengan Santan Rasa Buah Busa Pelangi
Olahan agar agar yang kenyal dan dingin memang cocok dinikmati saat waktu bersantai. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka olahan agar agar kenyal dengan kondisi dingin? Pasti kamu akan sangat menyukai olahan ini karena rasanya yang nikmat dengan berbagai rasa. Olahan agar agar yang menyegarkan tenggorokan ini tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah.

Yap, agar agar merupakan olahan sederhana yang cocok dinikmati saat siang hari yang terik. Olahan ini juga bisa menjadi hidangan untuk tamu dan juga hidangan penutup. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat agar agar yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Agar Agar

Ilustrasi Puding Susu NutrijellIlustrasi Puding Susu Nutrijell © Pinterest.com

Agar agar puding memang salah satu olahan yang menjadi rekomendasi saat siang hari. Cara membuatnya pun mudah dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Yuk simak resep cara membuat agar agar puding di bawah ini.

Bahan:

- 1 agar agar putih
- 2 sdm coklat bubuk
- 2 sdm SKM putih
- Gula secukupnya
- 3 gelas panjang susu cair coklat

Catatan: Resep ini menggunakan 1/2 gelas kecil SKM coklat dan 3 gelas air.

Cara membuat puding agar agar:

Campur semua bahan kemudain masak hingga mendidih dan menggelembung. Tuangkan cairan dalam cetakan lalu tunggu hingga dingin dan mengeras.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Agar Agar Santan

      View this post on Instagram    

Alhamdulillah. . • Agar Agar Pandan • Jadul • Bahan 2 : 1 bungkus agar agar bening ( me : swalow ) 120 gram gula pasir 500 ml air 3 tetes pasta pandan ( boleh padan segar diblender trus disaring ) 1 bungkus santan instan ukuran kecil 1 sdt garam . . Cara buat : 1 . Aduk jadi 1 air,agar , gula dan pasta pandan . 2. Nyalakan kompor dengan api kecil 3. Masak hingga agar agar mulai mendidih. 4. Masukan santan aduk terus jgn ditinggal agar santan tdk pecah . 5. Angkat dan cetak masukan kulkas dingin lebih enak . #agaragarpandan#agaragarsantan#agaragar#resepagaragarsantan#resepagaragarsanatan#pudingpandan#pudingsantanpandan#pudingsantan#masakanrumah #masakyuk #maskansimple #maskannusantara #masakanindonesia #masakannusantara #doyancooking #doyancooking_ #doyanbaking #doyanpuding

A post shared by Mommy_kile (@mommy_kile) on

 

 

Agar agar merupakan sajian istimewa ketika ditambah dengan bahan santan. Hasil perpaduan rasa manis, kenyal dan gurih akan membuat hari-hari santaimu di rumah menjadi menyenangkan. Simak resep cara membuat agar agar santan di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar agar bening ( me : swalow )
- 120 gram gula pasir
- 500 ml air
- 3 tetes pasta pandan ( boleh padan segar diblender trus disaring )
- 1 bungkus santan instan ukuran kecil
- 1 sdt garam .

Cara membuat agar agar santan:

  1. Aduk jadi 1 air, agar agar, gula dan pasta pandan. Nyalakan kompor dengan api kecil. Masak hingga agar agar mulai mendidih.
  2. Masukkan santan dan aduk terus jangan ditinggal agar santan tidah pecah. Angkat dan cetak, masukan kulkas. Hidangkan dalam kondisis dingin lebih enak.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Agar Agar Jelly

Ilustrasi Puding Coklat SusuIlustrasi Puding Coklat Susu © https://www.fimela.com/

Agar agar jelly dengan tekstur kenyal dan warna transparan bisa menjadi salah satu olahan makanan yang bisa kamu sajikan sebagai teman bersantai. Simak resep cara membuat agar agar jelly di bawah ini.

Bahan:

- 2 bungkus agar-agar nutrijell plain
- 700 ml air putih
- 700 ml susu cair full cream
- 350 gram Gula pasir
- Sejumput Garam
- 5 tetes pasta ungu

Topping pelengkap:

- Kismis hitam secukupnya
- Kelapa muda parut secukupnya

  1. Cara membuat agar agar jelly:

    Siapkan semua bahan, kecuali topping. Masukkan dalam panci, aduk hingga rata. Masak hingga mendidih sambil sesekali di aduk. Matikan api. Biarkan uapnya berkurang.
  2. Jika uap panasnya berkurang, masukkan dalam wadah, kemudian beri kismis, aduk dahulu. Beri kelapa muda parut. Masukkan dalam kulkas.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Agar Agar Busa Pelangi

Ilustrasi PudingIlustrasi Puding © Cara.pro

Jika kamu pecinta berat olahan puding kenyal agar agar, maka kamu juga harus wajib mencoba olahan resep cara membuat agar agar busa warna pelangi di bawah ini. Selamat mencoba! 

Bahan:

- 2 bungkus agar agar plain
- 700 ml susu cair
- 200 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam

bahan busa:

- 3 putih telur
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat agar agar busa pelangi:

  1. Campur semua bahan menjadi satu kemudian aduk hingga rata dan diamkan selama 5 menit. Rebus dengan mengunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api, dan diamkan hingga uap panasnya hilang.
  2. Kocok putih telur dan 1 sdm gula pasir dengan mengunakan mixer hingga kaku. Kemudian sisihkan. Masukkan agar agar kedalam telur yang sudah di kocok secara perlahan sambil terus dimixer dengan kecepatan kecil.
  3. Bagi adonan menjadi 3 kemudian beri pewarna makanan. Masukkan kedalam cetakan puding lalu masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam atau lebih, puding siap untuk disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Agar Agar Buah

      View this post on Instagram    

Masak apa hari ini? Yukk buat Agar agar kiwi. Bahan dan cara membuat nya simple. Agar agar hijau di campur biji selasih, lapisan atas: puding susu. Pakai topping irisan kiwi dan cherry merah supaya menarik. Semoga menginspirasi.. Agar agar kiwi By: kahla nafieza Bahan: *1 bks agar bubuk 7gr (plain / putih) *200 gr gula pasir *1 Liter air *pasta vanilla (optional) *skm putih *biji selasih, rendam - tiriskan. *buah kiwi, iris tipis. *cherry merah, potong kecil. Cara membuat: Campur agar bubuk, gula, air dan vanilla. Masak di atas api sedang sambil di aduk sampai mendidih. Angkat. Sisihkan 200ml, dari rebusan agar agar tadi. Sisa nya kasih pewarna hijau muda, masukan biji selasih. Tuang ke dalam cup puding. Biarkan mengeras. Masukan skm putih ke dalam rebusan agar agar yang 200ml tadi (jika yang 200ml sudah mengeras, didihkan kembali) Tuang agar agar putih ke atas agar agar hijau, tipis saja. Biarkan mengeras. Kasih topping kiwi & cherry merah di atas nya. Bisa juga kiwi nya di siram lagi jelly putih bening / agar agar putih bening. Dinginkan. Silahkan tag teman, like n bagikan ? Semoga bermanfaat #resepmudah #reseppraktis #resepmama #tipsmemasak #masakenak #makanenak #resep #resepspecial #resepmasakan #resepagaragar #resepbuah #resepsehat #resepagaragarbuah #resepbekal #resepbekalsehat #resepsirsak #agarbuahenak #kreasiagaragar #olahanagaragar. #resepkiwi #resepcherry #resepagaragarkue #resepagaragarkiwi Nikmat

A post shared by Catatan Inova Melisa (@catatanmama) on

 

Agar agar buah yang menggoda dengan aromanya yang khas juga bisa menjadi menu pilihan lezat kapan pun. Simak resep cara membuat agar agar buah di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar bubuk 7 gram (plain / putih)
- 200 gram gula pasir
- 1 liter air
- Pasta vanilla (optional)
- SKM putih secukupnya
- Biji selasih, rendam dan tiriskan
- Buah kiwi, iris tipis
- Cherry merah, potong kecil

Cara membuat agar agar buah:

  1. Campur agar bubuk, gula, air dan vanilla. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu angkat. Sisihkan 200ml, dari rebusan agar agar tadi. Sisanya beri pewarna hijau muda, masukan biji selasih.
  2. Tuang ke dalam cup puding dan biarkan mengeras. Masukan SKM putih ke dalam rebusan agar agar yang 200 ml tadi (jika yang 200ml sudah mengeras, didihkan kembali).
  3. Tuang agar agar putih ke atas agar agar hijau, tipis saja dan biarkan mengeras. Tambahkan topping kiwi & cherry merah di atasnya. Bisa juga kiwinya disiram lagi pada jelly putih bening / agar agar putih bening. Dinginkan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat agar agar dengan berbagai rasa dan variasi warnanya. Kamu lebih suka agar agar yang mana, nih? Bagi jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar