Cara Membuat Jus Buah Naga Merah yang Enak Campur Susu, untuk Bayi dan Diet

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 April 2020 17:23
Cara Membuat Jus Buah Naga Merah yang Enak Campur Susu, untuk Bayi dan Diet
Jus buah naga merah memiliki manfaat untuk makanan bayi dan diet. Yuk, simak resep cara membuat jus buah naga merah yang enak campur susu berikut ini!

Cara membuat jus buah naga sangatlah mudah. Cukup menggunakan bahan susu, gula dan air, Moms tentunya sudah bisa menikmati minuman jus enak yang menyegarkan. Jika Moms ingin membuat makanan untuk sang kecil, maka cukup menambahkan susu formula dengan air hangat, atau hanya dengan ASI lalu diberi bahan campuran buah pisang. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Susu kental manis, peraturan BPOM Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan, susu kental dan analognya termasuk dalam kategori pangan 01.3, simak di sini.

Buah naga merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori. Dengan mengonsumsi buah naga, akan membuat kita merasa kenyang tanpa perlu khawatir akan angka timbangan berat badan. Selain itu, kandungan buah naga membantu melancarkan pencernaan karena kandungan airnya.

Nah, dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata buah naga juga banyak sekali ya manfaatnya. Yuk Moms membuat olahan minuman sehat di rumah dengan melihat resep cara membuat jus buah naga yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Jus Buah Naga Merah yang Enak Campur Susu

Cara Membuat Jus Buah Naga © Diadona

Jus buah naga merah yang enak bisa Moms buat dengan tambahan bahan susu kental manis. Hal ini akan menambahkan aroma jus serta membantu memberikan rasa yang manis selain dari gula. Yuk Moms buat sendiri minuman enak dengan melihat resep cara membuat jus buah naga merah yang enak berikut ini.

Bahan:
- 1 buah naga merah, pilihlah buah naga dengan ukuran besar
- 50 ml susu kental manis putih atau sesuai selera
- 1 sdm gula pasir atau sesuai selera
- Secukupnya air matang

Cara membuat jus buah naga merah yang enak campur susu:

a. Pertama, cuci dan kupas buah naga merah. Potong ukuran kecil buah dan masukkan ke dalam blender.

b. Masukkan juga bahan susu kental manis, gula dan air secukupnya atau sesuai selera.

c. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur. Sajikan di dalam gelas.

d. Jika suka dingin, maka Moms bisa menambahkan beberapa es batu. Jus buah naga merah yang enak campur susu siap dinikmati.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Jus Buah Naga untuk Bayi

Cara Membuat Jus Buah Naga © Diadona

Jus buah naga juga bisa dibuat untuk makanan sehat bayi. Moms bisa menambahkan buah pisang, daging kurma dan susu formula dengan sedikit air hangat. Cara membuat jus buah naga ini sangatlah mudah. Selengkapnya simak resepnya berikut ini ya, Moms.

Bahan:
- 1/4 bagian buah naga merah ukuran besar
- 1 buah pisang
- 2 biji buah kurma
- 2 adm susu formula
- Air hangat secukupnya

Cara membuat jus buah naga merah untuk bayi:

a. Cara membuat jus buah naga untuk bayi yang pertama adalah dengan potong dan iris ukuran kecil-kecil 1/4 bagian buah naga merah.

b. Potong kecil-kecil juga buah pisang. Selanjutnya, buang biji buah kurma lalu iris kecil-kecil dagingnya.

c. Masukkan buah naga merah, kurma dan pisang. Tambahkan 2 sdm susu formula dan air hangat secukupnya.

d. Moms juga bisa mengganti bahan susu formula dengan ASI tanpa menambahkan air hangat.

e. Blender bahan hingga halus dan tercampur rata. Hidangkan jus buah naga untuk si kecil.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Jus Buah Naga untuk Diet

Cara Membuat Jus Buah Naga © Diadona

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah naga sangat bermanfaat untuk diet. Moms juga bisa menambahkan daun mint untuk emmberikan aroma khas dan sedap dalam jus buah naga ini. Langsung saja Moms, simak resep cara membuat jus buah naga untuk diet berikut ini.

Bahan:
- 1 buah naga merah ukuran besar
- 1 gelas air dingin
- 2 sdm susu kental manis
- Sedikit daun mint

Cara membuat jus buah naga untuk diet:

a. Pertama, belah buah naga menjadi dua bagian. Simpan setengahnya ke dalam kulkas. Potong kecil-kecil setengah bagiannya lagi.

b. Masukkan buah naga ke dalam blender. Tambahkan susu, daun mint, dan air. Blender hingga halus dan semua bahan tercampur.

c. Sajikan jus buah naga ke dalam gelas dan siap dinikmati.

Catatan:
Meminum jus buah naga ini merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan dan asupan nutrisi selama program diet, tapi jangan lupa tetap perhatikan pola makan dan rutin berolahraga, ya.

Nah, itulah resep cara membuat jus buah naga dengan manfaatnya untuk makanan bayi dan diet. Yuk Moms langsung praktikkan di rumah, selamat berkreasi!

Beri Komentar