7 Cara Membersihkan Ikan Kembung, Gak Pakai Ribet dan Dijamin Bersih Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 3 Januari 2024 16:07
7 Cara Membersihkan Ikan Kembung, Gak Pakai Ribet dan Dijamin Bersih Sempurna
Simak caranya yang berikut agar ikan kembung lebih enak saat dimasak!

Cara membersihkan ikan kembung yang benar akan membuat hidangan masakan semakin lezat. Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup populer di masayarakat Tanah Air.

Ikan ini memiliki daging yang lezat dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Ditambah dengan rasa daging yang gurih dan tidak mudah hancur saat dimasak menjadikan menu olahan ikan kembung banyak dijadikan untuk masakan keluarga.

Tak hanya lezat, ikan kembung juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dilansir dari Alodokter.com, ikan kembung mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Nutrisi ini dapat mencukupi kulit yang mengalami kekeringan, kemerahan, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

1 dari 9 halaman

Resep Ikan Kembung Bakar © Diadona

Terdapat variasi masakan ikan kembung yang dapat disajikan untuk hidangan keluarga. Seperti, ikan kembung goreng, sup ikan kembung, ikan kembung bakar, ikan kembung asam manis, dan masih banyak lainnya.

Namun, sebelum diolah menjadi masakan ikan kembung harus dicuci dan dibersihkan dengan benar. Hal ini agar tidak menimbulkan bau atau rasa yang tidak diinginkan saat diolah nanti.

Cara membersihkannya cukup mudah tetapi butuh ketelitian. Simak beberapa caranyaberikut!

2 dari 9 halaman

Pilih Ikan yang Segar

Cara pertama sebelum membersihkan ikan kembung, pastikan kamu telah memilih jenis ikan yang benar-benar segar. Dengan begitu, kamu juga dapat memastikan hidangan dengan olahan ikan kembung menjadi lebih lezat.

Ikan kembung yang segar dapat diketahui dengan memeriksa bagian tubuhnya. Sehingga, saat melakukan pembelian, periksalah bagian perut ikan kembung apakah masih utuh atau terdapat sayatan dan robekan.

Pilih ikan kembung yang memiliki tekstur padat pada bagian dagingnya. Karena, hal itu menandakan jika ikan kembung masih segar dan layak dikonsumsi.

 

3 dari 9 halaman

Perhatikan Proses Mencuci Ikan Kembung

Proses membersihkan ikan kembung sebelum diolah adlaha hal penting agar mendapati cita rasa hasil masakan yang lezat. Nah, sesaat sebelum mulai membersihkan dan mencuci ikan kembung perhatikan alat-alat yang dibutuhkan seperti pisau dapur tajam, talenan, mangkuk, dan air bersih.

Kemudian cuci terlebih dahulu ikan untuk memastikan kebersihan, keamanan, dan kualitas ikan kembung untuk hidangan yang akan disajikan. Cukup cuci dengan air mengalir, dan pastikan segala sisi ikan dibersihkan.

Langkah ini agar lendir yang menempel pada kulit atau badan ikan hilang sehingga saat dimasak tidak menimbulkan bau yang tidak sedap atau amis.

4 dari 9 halaman

Bersihkan Bagian Sisik Ikan

Cara Membersihkan Ikan Kembung © Diadona

Ikan kembung memiliki sisik yang kecil dan halus, jadi akan lebih mudah untuk dibersihkan. Pastikan kamu membersihkan bagian tersebut agar saat pengolahan tidak mengalami rasa kurang sedap ya!

Untuk membersihkannya, cukup gunakan pisau atau punggung sendok saja, lalu gesekkan pada badan ikan. Gesekkan mulai dari bagian atas kepala ikan hingga bagian ekornya.

Lakukan cara ini berulang kali hingga sisik ikan hilang dan bersih. Namun, saat membersihkan bagian tersebut tidak perlu terlalu bertenaga agar tidak merusak bagian daging ikan kembung.

5 dari 9 halaman

Buang Bagian Ekor dan Sirip

Bagian ikan kembung yang lainnya yang perlu dibersihkan ada;ah ekor dan sirip. Kedua bagian tersebut tidak dapat dimakan sehingga alangkah lebih baik untuk membuangnya. Terlebih bentuk ekor dan sirip ikan kembung tipis dan tajam.

Cara membersihkannya, kamu dapat menggunakan gunting atau pisau untuk. Selanjutnya, iris atau gunting untuk membuang bagian ekor dan sirip ikan.

Dengan langkah tersebut maka akan mempermudah proses memasak lebih efisien. Sebab, bagian ekor dan sirip ikan kembung lebih keras sehingga dapat mempengaruhi konsistensi kematangan dan rasa pada hidangan.

6 dari 9 halaman

Bersihkan Bagian Dalam Perut Ikan

Cara ini juga tidak kalah penting, yakni dengan membersihkan seluruh bagian dalam perut ikan kembung. Membersihkan isi perut ikan dapat menghilangkan sisa makanan atau zat lainnya yang dapat mempengaruhi rasa dan aroma ikan saat dimasak.

Selain itu, dengan membersihkan isi perut ikan dapat mengurangi kemungkinan tubuh terkontaminasi dan pertumbuhan bakteri di dalam ikan. Hal ini penting untuk menjaga keamanan makanan dan mencegah adanya risiko penyakit akibat bakteri dari ikan.

Untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan gunting tajam dan lakukan pembelahan pada bagian perut ikan dari pangkal hingga bagian atas. Lalu, keluarkan isi perutnya dengan hati-hati ya.

7 dari 9 halaman

Bersihkan Bagian Insang Ikan

Cara Membersihkan Ikan Kembung © Diadona

Tidak hanya pada bagian dalam perut ikan yang terdapat kotoran atau zat ikan yang kemungkinan berbahaya. Ternyata, pada bagian insang ikan kembung juga terdapat kotoran yang harus dibersihkan sebelum diolah.

Langkahnya, cabut insang ikan kembung cukup dengan jari. Namun, jika terlalu sulit kamu juga bisa menggunakan pisau atau gunting untuk membelah bagian tengah dan bawah ikan kembung.

Lalu, keluarkan semua kotoran yang terselip pada bagian tengah tubuh ikan kembung termasuk insang. Dengan begitu, maka dapat dipastikan kotoran ikan lainnya ikut terangkat.

8 dari 9 halaman

Bilas dengan Air Bersih

Jika semua bagian ikan, mulai dari sisik, ekor, sirip, hingga bagian dalam perut ikan sudah dibersihkan, maka kamu bisa langsung membilasnya. Disarankan untuk membilas atau mencuci ikan kembung di bawah air dingin untuk memastikan semua bagian ikan telah dibersihkan sepenuhnya.

Jangan lupa juga untuk mengulangi membilas ikan kembung dengan air mengalir agar kemungkinan kotoran ikan yang masih tersisa dapat langsung terbuang dan tidak ada yang masih menempel.

Nah, setelah mengikuti beberapa cara membersihkan ikan kembung di atas dengan benar, maka kamu dapat meimasak olahan ini tanpa khawatir ada bau atau kotoran yang menempel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar