Cara Membersihkan Kepiting Soka Hidup dan Bakau Sebelum Dimasak Agar Tidak Beracun

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 16 Mei 2020 00:28
Cara Membersihkan Kepiting Soka Hidup dan Bakau Sebelum Dimasak Agar Tidak  Beracun
Nggak perlu bingung Moms, berikut cara membersihkan kepiting hidup agar tidak beracun sebelum dimasak!

Kepiting merupakan salah satu hewan laut yang memiliki kandungan protein tinggi serta baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, tak jarang Moms mungkin merasa bingung dan ribet untuk mengolahnya. Padahal, cara membersihkan kepiting cukuplah mudah kok Moms jika tahu triknya.

Kepiting sendiri adalah hewan anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai ekor yang sangat pendek, atau perutnya tersembunyi di bawah dada. Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan disenjatai dengan sepasang capit. Uniknya, kepiting ternyata mempunyai nama lain yaitu ketam.

Kepiting memiliki beranearagam ukuran dan bentuk. Mulai dari ketam kacang dengan lebar hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang dengan ukuran jumbo raksasa yaitu kisaran rentang kaki hingga 4 meter.

Dibalik rasanya yang enak setelah diolah, kepiting ini merupakan salah satu makanan yang memiliki harga selangit di resto makanan pada umumnya. Nah, Moms bisa mengolah sendiri kepiting untuk mendapatkan hasil yang enak dan tentunya ekonomis. Namun perlu diketahui, ada beberapa tips agar olahan kepiting yang dibuat di rumah nggak gagal dengan memperhatikan proses pengolahan serta membersihkannya. Berikut cara membersihkan kepiting yang bisa Moms praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

1 dari 2 halaman

1. Cara Membersihkan Kepiting Sebelum Dimasak Agar Tidak Beracun

Cara Membersihkan Kepiting © Diadona

a. cara membersihkan kepiting agar tidak beracun yang pertama adalah dengan membuang bagian lambung kepiting atau yang disebut juga kantong kencing kepiting. Terletak di cangkang punggung, sisi tepi di bagian tengah dengan bentuk menyerupai segitiga berupa kantong kecil berbahan tulang. Di dalamnya terdapat pasir dan semacamnya.

b. Buang bagian usus kepiting yang berupa seutas benang hitam menghubungkan lambung kepiting dengan pusar kepiting.

c. Buang hati kepiting atau dinamakan papan segi enam.

d. Buang pipi bagian bawah atau insang kepiting yang tumbuh di bagian lambung. Bagian ini berwujud seperti alis dua baris yang berbahan lunak atau disebut juga alis kepiting.

e. Setelah semua bagian tersebut sudah dibuang, bersih semua bagian sisanya. Kepiting siap untuk dimasak.

2 dari 2 halaman

2. Cara Membersihkan Kepiting Soka dan Bakau yang Masih Hidup

Cara Membersihkan Kepiting © Diadona

a. cara membersihkan kepiting hidup yang pertama adalah dengan memasak air hingga mendidih terlebih dahulu. Masukkan kepiting dan rebus hinga berubah warna, angkat dan dinginkan.

b. Balik kepiting sehingga bagian bawah tubuhnya menghadap ke atas.

c. Cari bagian cangkang yang membentuk segitiga. Bagian ini harus dibuang dengann cara dicongkel menggunakan pisau dan dibersihkan karena merupakan bagian saluran pembuangan.

d. Letakkan kepiting secara vertikal. Tarik cangkang atas dan bawahnya saling menjauh untuk membuka bagian dalam tubuhnya.

e. Bersihkan bagian cangkang atas jika ingin memakainya. Ambil insang di bagian cangkang bawang kemudian buang dan bersihkan.

f. Selanjutnya, Moms bisa memotong cangkang bawah menjadi dua bagian sama besar. cara membersihkan kepiting sudah selesai dan siap dimasak.


Moms itulah tadi cara membersihkan kepiting yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah untuk menghasilkan olahan yang anti gagal dan tentunya ekonomis. Yuk, sesekali membuat olahan laut yang lezat untuk keluarga tanpa perlu pergi ke rumah makan dan resto terkenal. Selamat mencoba!

Beri Komentar