16 Cara Mengolah Kepiting, Mulai Asam Manis hingga Ganjang Genjang khas Korea

Reporter : Aditia Lestari
Sabtu, 8 Oktober 2022 09:42
16 Cara Mengolah Kepiting, Mulai Asam Manis hingga Ganjang Genjang khas Korea
Beberapa resep cara mengolah kepiting yang gak bakal kehabisan ide, makan mewah bak di restoran. Cobain!

Kepiting merupakan seafood paling digemari karena dagingnya yang manis dan lezat. Sayangnya, dengan banyaknya kelezatan kuliner kepiting, masih banyak orang yang tak tahu cara mengolah kepiting. Padahal akan lebih hemat dengan mengolahnya sendiri daripada harus membeli sajian kepiting di restoran.

Nah, cara mengolah kepiting ini cukup beraneka. Dengan ragam budaya di Indonesia sekaligus sebagai negara maritim, tentu saja sajian kepiting tiap daerah memiliki kuliner khasnya sendiri. Tentunya, tiap sajian kepiting ini dijamin lezat dan gurih.

Lalu bagaimana sih cara mengolah kepiting yang enak? Berikut beberapa resep olahan kepiting yang bisa kamu coba mulai dari kepiting saos padang, asam manis, hingga resep kepiting ganjang gejang khas Korea. Pasti mudah dan anti ribet.

 

1 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Saos Padang

Cara Mengolah Kepiting - Saos PadangCara Mengolah Kepiting - Saos Padang © cookpad.com/msanggraini

Cara mengolah kepiting yang satu ini mesti tak asing lagi, hampir selalu ada di warung seafood maupun restoran sekali pun. Kalau kamu belum tahu caranya, resep dari cookpad Msanggraini @msanggraini ini wajib kamu recook!

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting (saya pakai 5 ekor)
  • 2 jagung manis, potong menjadi 10
  • 1 telur, kocok lepas
  • 2 sdm Saos Tiram
  • 4 sdm Saos Sambal
  • 4 sdm Saos Tomat
  • Gula
  • Garam
  • Kaldu Jamur (Optional)
  • 3 lembar Daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 butir Bawang bombay, iris
  • 1 sdm meizena, larutkan dalam air

Bumbu Halus:

  • 10 Bawang Merah
  • 7 Bawang Putih
  • 2 cm Kunyit
  • 1 cm Jahe
  • 4 butir Kemiri
  • 4 biji Cabae merah besar
  • 18 Cabe rawit (Sesuai selera ya)

Cara membuat:

  • Cuci bersih kepiting. Saya pakai sikat gigi bekas untuk cuci kepiting agar tanah atau pasir yg lengket bisa terangkat. Kepiting bisa dimasak utuh atau dibelah jadi 2 bagian, bebas ya.
  • Rebus sebentar kepiting. Kurang lebih 8-10 menit. Tiriskan
  • Rebus sampai setengah matang jagung, tiriskan
  • Tumis sampai harum bumbu halus, tambahkan bawang bombay, daun jeruk, dan daun salam.
  • Masukkan 800 ml air. Masukkan jagung dan Kepiting. Tambahkan gula, garam, kaldu jamur, saos tiram, saos sambal, dan saos tomat. Biarkan sampai air menyusut 2/3 bagian atau sesuai dengan keinginan seberapa banyak kuahnya.
  • Ketika air sudah tinggal 1/3 bagian, masukkan telur yg sudah dikocok lepas. Aduk aduk.
  • Masukkan 1 sendok meizena yg sudah dilarutkan di dalam sedikit air agar kuah mengental
  • Koreksi rasa, siap dihidangkan.

 

2 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Saos Telur Asin

Cara Mengolah Kepiting - Saos Telur AsinCara Mengolah Kepiting - Saos Telur Asin © cookpad.com/@W1NDA

Gak suka yang manis, lebih suka yang asin? Resep kepiting dengan saos telur asin ini bisa kamu coba. Simak resep populer dari cookpad Mama Nda @W1NDA yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting
  • 4 butir telur asin, haluskan
  • 1 bungkus saus tiram
  • 2-3 sdm saos tomat
  • 2-3 sdm saos sambal
  • 1 buah bawang bombay rajang kasar
  • 4 siung bawang putih, rajang kasar
  • secukupnya garam, lada, dan gula

Cara Membuat:

  • Bersih kan kepiting, sisihkan.
  • Rebus kepiting kira-kira 10-15 menit.
  • Angkat, tiriskan
  • Tumis baput, bawang bombai, campur dengan telur asin yg sudah dihaluskan, beri air sedikit, masukan semua saos, beri garam, lada dan gula, sesuaikan dengan kebutuhan, tes rasa.
  • Masukan kepiting. Aduk bersama saus telur asin, tunggu beberapa saat agar semua kepiting mengeluarkan kaldu, tambahkan air bila terlalu kental. Angkat dan sajikan.

 

3 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Kare khas Jawa Timur

Cara Mengolah Kepiting - Kare khas Jawa TimurCara Mengolah Kepiting - Kare khas Jawa Timur © cookpad.com/wenty

Nikmati sajian khas dan beda, intip resep kepiting khas Jawa Timur dari cookpad Wenty Silvy @wenty

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting
  • 13 biji cabe kecil
  • 5 biji cabe merah
  • 15 biji bawang merah
  • 3 biji bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 7 biji kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 1 bungkus bumbu kare instant
  • 2 biji serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 bungkus santan kara
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya penyedap
  • 100 ml air/ secukupnya
  • Secukupnya bawang putih goreng
  • Secukupnya bawang merah goreng

Cara membuat:

  • Bersihkan kepitingnya dulu sampai bersih kemudian kukus sebentar.
  • Lalu blender semua bumbu kecuali serai, daun salam, dan daun jeruk
  • Kemudian tumis bumbu dan masukan serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
  • Kemudian siapkan air dalam panci dan masukkan bumbu yg sudah digoreng tadi, lalu masukkan kepitingnya. Tunggu sampai agak mendidih baru masukkan 2 bungkus santan kara.
  • Tunggu beberapa saat, cek rasa. Ketika udah pas dan matang, kepiting kare siap disajikan.

 

4 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Soka

Cara Mengolah Kepiting - SokaCara Mengolah Kepiting - Soka © cookpad.com/@uminaadila2015

Resep mengolah kepiting yang ini dijamin chruncy dan gurih. Simak resepnya dari cookpad Umina Adila @uminaadila2015.

Bahan-bahan:

  • 300 gram kepiting soka buang mata, ekor dan insang, potong 2 atau 4
  • 1/2 biji jeruk nipis ambil airnya
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 3 butir bawang putih di cincang halus
  • 2 buah cabe merah kriting iris tipis
  • 1 butir telur asin haluskan kuning dan putihnya
  • 3 batang daun bawang iris kecil
  • 1 sdt saos tiram
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya margarine untuk menumis
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Kepiting yang sudah dibersihkan campurkan dengan air jeruk nipis, garam, dan merica. Diamkan 15 menit.
  • Campur tepung sagu dengan bawang putih bubuk.
  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang, baluri kepiting dengan campuran tepung, goreng hingga kering. Tiriskan.
  • Panaskan wajan beri margarin. Tumis bawang putih, daun bawang, dan cabe, hingga harum.
  • Tambahkan saus tiram, 1/8 merica bubuk aduk rata.
  • Tambahkan telur asin aduk lagi hingga matang.
  • Masukkan kepiting yang sudah di goreng aduk rata angkat dan siap dihidangkan.

 

5 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Asap

Cara Mengolah Kepiting - AsapCara Mengolah Kepiting - Asap © cookpad.com/puspakaris

Kalau mau membuat kepiting bakar, rasanya cukup susah ya Diazens. Resikonya pasti gosong. Tenang, kamu masih bisa merasakan sensasi kepiting bakar dengan resep kepiting asap dari cookpad Puspa Karis @puspakaris berikut ya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting

Bumbu 1, haluskan:

  • 8 butir Bawang merah
  • 6 butir Bawang putih
  • 6 buah Cabai merah
  • 4 buah Cabai rawit (tergantung selera)
  • 4 butir kemiri
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 ruas jahe
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt garam

Bumbu 2:

  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 3 lembar daun salam
  • 1 Buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 1 sdt terasi

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, goreng kepiting kurang lebih 1 menit lalu angkat dan tiriskan.
  • Tumis bumbu 1 hingga airnya airnya menguap lalu tambahkan bumbu 2 dan tumis hingga harum.
  • Masukan kepiting lalu masak hingga bumbu meresap lalu angkat.
  • Bungkus kepiting dengan bumbu nya dengan alumuniun foil.
  • Panggang kepiting yg sudah dibungkus tadi dengan suhu 150 derajat selama 10 menit. Selamat mencoba.

 

6 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Mie Aceh

Cara Mengolah Kepiting - Mie AcehCara Mengolah Kepiting - Mie Aceh © cookpad.com/makanmasakku

Pengen makan mie aceh dengan kepiting? Bisa banget lho. Nih resep lengkapnya dari cookpad Makan Masak @makanmasakku.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg kepiting
  • 2 bungkus bumbu rendang
  • 1 bungkus bumbu krengsengan
  • 4 butir telur ayam
  • 500 gram minyak goreng
  • 300 gram mie kuning
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 500 ml air
  • 10 biji cabai merah
  • Garam
  • Lada
  • kecap manis
  • Gram daun bawang

Cara membuat:

  • Goreng sebentar kepiting dalam minyak panas hingga berubah warna.
  • Siapkan Mie kuning dan bumbu Instan rendang untuk masak kepiting, dan krengsengan untuk masak mie.
  • Bikin telur orak-arik dari 2 butir telur, sisihkan (untuk mie), Tumis bumbu Rendang dalam 2 Sdm minyak panas,masukkan kepiting yang sudah digoreng sebelumnya.
  • Tambah Air atau santan untuk rasa yang lebih gurih, tambahkan saus tiram, dan tambahkan cabe rawit hijau kalau suka.
  • Biarkan mendidih, Sebelum matang, kocok 2 telur dan masukkan dalam kepiting, masak hingga air habis.
  • Masak Mie kuning dengan bumbu krengsengan, tambahkan telur orak-arik tadi, tambahkan kecap bila suka, sajikan hangat.

 

7 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Mie Pontianak

Cara Mengolah Kepiting - Mie PontianakCara Mengolah Kepiting - Mie Pontianak © cookpad.com/frielinggasit

Makanan ini merupakan trademark kota Singkawang, Pontianak. Mie ini umumnya sama dengan kebanyakan mie ayam, yang membedakannya di sini toppingnya disajikan dengan beraneka seafood seperti otak-otak, bakso ikan, suwiran kepiting, dan capit. Berikut resep lengkapnya dari cookpad Frielingga Sit @frielinggasit.

Bahan-bahan:

  • 150 gram daging paha ayam, potong kotak
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/8 sdt merica
  • secukupnya air
  • Minyak untuk menumis

Kuah kaldu:

  • 2 tulang paha ayam
  • 250 ml air kaldu
  • secukupnya Garam, gula, merica

Mie ayam:

  • 150 gram mie keriting
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap asin

Topping:

  • 100 gram otak-otak ikan
  • 6 buah bakso ikan
  • 120 gram daging kepiting
  • 6 buah capit kepiting
  • 6 buah pangsit
  • 2 batang daun bawang, iris2
  • 2 sdm bawang goreng
  • 3 buah jeruk kunci
  • secukupnya Sambal

Cara membuat:

  • Potong-potong kotak daging ayam, sisihkan tulangnya untuk dibuat kaldu. Panaskan wajan, tuang minyak dan tumis bawang putih dan jahe sampai wangi
  • Masukkan daging ayam, aduk sampai berubah warna. Lalu masukkan saos tiram, kecap manis, kecap asin, merica, air secukupnya koreksi rasa. Aduk rata dan masak sampai ayam kecoklatan
  • Kuah: didihkan air dan masukkan tulang ayam. Masak dengan api kecil sampai keluar kaldunya.
  • Mie: didihkan air dan masukkan mie lalu masak sebentar saja mie matang, tiriskan
  • Masukkan minyak wijen dan kecap asin, aduk mie sampai rata, sisihkan.
  • Seduh bakso ikan dan capit kepiting lalu tiriskan.
  • Sajikan mie dengan irisan bakso ikan, otak-otak, capit kepiting, daging kepiting, ayam kecap, pangsit, daun bawang, bawang goreng, dan kuah.

 

8 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Asam Manis

Cara Mengolah Kepiting - Asam ManisCara Mengolah Kepiting - Asam Manis © cookpad.com/mya_kitchen.

Segarnya kuah asam asam manis cocok banget untuk menyantap daging kepiting yang gurih. Nih cobain resepnya dari cookpad Mya Bahrie @mya_kitchen.

Bahan-bahan:

  • 4 ekor kepiting ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombai
  • 2 sdm bumbu dasar
  • 3 helai daun bawang
  • 2 lembar daun sop
  • 5 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambel
  • Secukupnya garam, penyedap, gula pasir

Cara membuat:

  • Bersihkan kepiting lalu sisihkan, siapkan bumbu-bumbu, potong bawang bombai dan daun bawang.
  • Siapkan saus, kecap dan bumbu dasar (bawang putih, bawang merah, dan merica). Kemudian tumis bawang bombai sampai layu lalu masukkan bumbu dasar.
  • Kemudian masukkan kepiting dan beri air, biarkan mendidih. Setelah itu beri saus, kecap, garam, gula, dan penyedap. Tes rasa, setelah semua pas biarkan kuah mengental kemudian angkat, lalu taburi daun sop dan daun bawang.
  • Kepiting saus asam manis siap disantap. Perpaduan asam manis bikin nagih pokoknya. Selamat mencoba moms.

 

9 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Lada Hitam

Cara Mengolah Kepiting - Lada HitamCara Mengolah Kepiting - Lada Hitam © cookpad.com/cook_22473439

Makan siang mewah ala restoran dengan kepiting lada hitam. Berikut resep  kepiting lada hitam oleh cookpad Kymie @cook_22473439.

Bahan-bahan:

  • 4 ekor kepiting ukuran sedang
  • 2 siuang bawa putih dan merah
  • 8 biji cabe rawit pedas
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • 1 potongan lengkuas (sebesar jempol jari tangan)
  • 2 biji tomat
  • 1/2 biji bawang bombai
  • 2 sendok makan saori saus tiram
  • 4 sendok makan kecap manis ABC
  • 2 sendok makan sambal ABC
  • 1 sachet royco ayam
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 4 sendok minyak goreng
  • Sejumput garam
  • Sejumput gula
  • Secukupnya air

Cara membuat:

  • Bersihkan kepitingnya,1 biji kepiting dipotong menjadi 2 bagian
  • Siapkan bawang, cabe ulek hingga halus, potong kasar bawang bombai dan tomat pada talenan potongan, geprek lengkuas.
  • Masuk minyak goreng, bumbu yang sudah diulek, lengkuas, kecap, saori, sambal abc, royco, lada, aduk sampe aroma kemudian masukan kepiting, air secukupnya aduk dan tutup wajan 3/4 menit.
  • Buka wajan kembali masukan gula, garam secukupnya sesuai selera kita sambil mencoba rasanya ya.
  • Kemudian masukkan bawang bombai, tomat yang sudah dipotong, aduk tutup kembali 1/2 menit. Buka lagi masukkan tepung maizena yg direndam air secukupnya, kemudian diaduk sampe merata hingga sudah tidak terlalu cair ya. Masak hingga matang dan siap dihidangkan.

 

10 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Balado

Cara Mengolah Kepiting BaladoCara Mengolah Kepiting Balado © Cookpad.com/iinafr_30

Kalo masak kepiting gak suka yang berkuah, cobain deh resep dari cookpad Iin Afriyanti @iinafr_30 yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • 4 ekor kepiting
  • Secukupnya garam dan gula
  • Penyedap rasa
  • Bumbu kaldu
  • 7 sdm minyak goreng

Bumbu halus:

  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 9 buah cabe keriting
  • Seiris jeruk nipis

Cara membuat:

  • Bersihkan kepiting dari kotoran, goreng sampai matang.
  • Haluskan bumbu, beri perasan jeruk nipis saat mengulek supaya bumbunya tidak kehitaman.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu sambil diaduk beberapa saat, sampai bumbu berbau harum.
  • Tambahkan garam, gula penyedap rasa, bumbu kaldu. Tes rasa.
  • Masukkan kepiting yang sudah digoreng ke dalam bumbu, aduk-aduk sambil dibolak-balik kepitingnya sampai bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan.

 

11 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Sup

Cara Mengolah Kepiting - SupCara Mengolah Kepiting - Sup © cookpad.com/herlina_setiawan06

Beda dari yang lainnya, bagi yang belum pernah masak sup kepiting. Nih cara mengolah kepiting dan resep sup telur oleh cookpad Herlina Jayanti Sutjonong @herlina_setiawan06.

Bahan-bahan:

  • 2 ekor kepiting
  • 2 butir telur, kocok
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 1 buah cabe merah, iris
  • 4 batang daun bawang, iris
  • 2 buah jagung, potong
  • 1 sdm kaldu bubuk (sesuai selera)
  • 1-2 sdm gula (sesuai selera)
  • 1/2-1 sdt merica bubuk (sesuai selera)
  • 1/2-1 sdt garam (sesuai selera)
  • 1-2 sdm saus raja rasa (kecap asin)

Cara membuat:

  • Siapkan bahan-bahannya.
  • Iris duo bawang, cabe merah, dan juga daun bawang.
  • Potong jagung sesuai selera. Kocok telur.
  • Panaskan sedikit minyak, masukkan duo bawang dan cabe merah.
  • Tumis sampai harum. Lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian masukkan jagung.
  • Tambahkan kaldu bubuk, gula, garam, merica.
  • Masak sampai jagung empuk. Masukkan kepiting.
  • Setelah kepiting berubah warna, tambahkan telur. Biarkan sebentar sampai telur menggumpal, lalu aduk rata. Kemudian masukkan daun bawang.
  • Tambahkan saus raja rasa (bisa diganti kecap asin). Koreksi rasa, bisa sudah pas matikan kompor.
  • Angkat dan sajikan hangat.

 

12 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Goreng Bawang

Cara Mengolah Kepiting - Goreng BawangCara Mengolah Kepiting - Goreng Bawang © cookpad.com/cooklivian

Cita rasa gurih asin bawang putih disajikan dengan daging kepiting yang manis. Yuk langsung eksekusi resep satu ini dari cookpad LIVIAN @cooklivian.

Bahan-bahan:

  • 2 kepiting dibelah, dipotong sesuai selera
  • 10 bawang putih dicincang kasar
  • 2 daun bawang diiris kasar
  • 1 cabe merah, 3 cabe keriting potong kasar
  • 1 jempol jahe dicincang seperti baput
  • 2 sdm minyak wijen
  • Minyak goreng buat goreng kepiting
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  • Goreng kepiting sampai berubah warna saja,angkat
  • Panaskan minyak wijen, tumis jahe, bawang putih dan cabe.
  • Masukkan garam dan gula, masukkan 1/2 gelas air setelah mendidih masukkan kepitingnya ungkep sampai air menyusut atau kering dan bumbu meresap, masukkan daun bawang, aduk rata. Sajikan.

 

13 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Bumbu Bali

Cara Mengolah Kepiting - Bumbu BaliCara Mengolah Kepiting - Bumbu Bali © cookpad.com/dewaayudp

Cita rasa khas bumbu bali dipadukan dengan kepiting, ini dia resepnya dari cookpad dewaayuDP @dewaayudp.

Bahan-bahan:

  • 2 kg rajungan
  • 15 buah tahu
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • Laos, jahe, kunyit dengan perbandingan 4:2:1 jari
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 2 buah tabie bun (Bali)
  • 50 gran kemiri
  • 10 buah Cabai besar kering
  • 30 buah cabai rawit
  • 2 sachet terasi
  • 2 buah bawang putih
  • 1 sachet kaldu (royco/masako)

Bahan lainnya:

  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 400 ml santan kara
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih kepiting/rajungan dan tahu serta haluskan bumbu
  • Goreng tahu
  • Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan serai dan daun salam, lalu tambahkan air. Kemudian masukkan kepiting yang telah dibersihkan
  • Masukkan tahu yg telah digoreng saat kepiting telah mendidih seperti di gambar.
  • Biarkan kurang lebih 5 menit, lalu matikan api, jadi deh.

 

14 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Pindang Kuning

Cara Mengolah Kepiting - Pindang KuningCara Mengolah Kepiting - Pindang Kuning © cookpad.com/icakazanan

Penuh rempah dan lezat, ini dia resep kepiting yang perlu kamu cobain dari cookpad Chairunnisa ica @icakazanan.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting
  • Gula putih
  • Garam
  • Asam jawa
  • Daun salam
  • Serai
  • Merica bubuk
  • Cabai rawit utuh

Bumbu halus:

  • 3 buah cabe merah keriting
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas laos
  • 3 buah kemiri

Cara membuat:

  • Haluskan bumbu halus yg sudah disiapkan
  • Tumis bumbu halus daun salam dan serai sampai harum dan masukan kepiting yg sudah dibersihkan, tambahkan air secukupnya
  • Tambahkan gula, garam, merica, dan asam jawa, masak kira-kira 20-30 menit.
  • Tes rasa, tunggu sampai matang dan siap sajikan.

 

15 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Saos Nanas

Cara Mengolah Kepiting -  Saos NanasCara Mengolah Kepiting - Saos Nanas © cookpad.com/Blackmommee

Perpaduan pedas asam asin lezat dihidangkan dengan nasi hangat. Nih intip resepnya dari cookpad Friska winda praja @Blackmommee.

Bahan-bahan:

  • 1 kg Kepiting
  • 2 ons Cabe rawit
  • 5 Bawang putih
  • 8 Bawang putih
  • sedikit Jahe diiris tipis
  • sedikit Laos iris tipis
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Serei digeprek
  • Air putih
  • Saori saos tiram
  • Saos sambel
  • Magie penyedap
  • Nanas sepotong saja

Cara membuat:

  • Rawit dan bawang putih merah diiris tipis.
  • Terlebih dulu kepitting dibersihkan dan cangkangnya dibuka dikit biar sewaktu makan gampang
  • Panaskan wajan berisi minyak
  • Tumis semua bumbu kecuali kepiting dan air.
  • Sudah terlihat matang dan wangi kemudian masukan kepiting air sedikit saos tiram dan saos sambal, beri irisan nanas.
  • Diamkan sampai bumbu meresap ke dalam kepiting.
  • Angkat dan tata di mangkok.

 

16 dari 16 halaman

Cara Mengolah Kepiting Ganjang Gejang khas Korea

Cara Mengolah Kepiting - Ganjang Gejang khas KoreaCara Mengolah Kepiting - Ganjang Gejang khas Korea © Freepik.com/juralwnr

Kudapan khas Korea yg lagi viral ini jangan sampai dilewatkan. Ini dia resep Ganjang Gejang kepiting khas Korea oleh cookpad Irene @ireneiscooking.

Bahan-bahan:

  • 9 ekor kepiting rajungan betina
  • 9 ekor udang ukuran besar
  • 1 sdm bubuk jahe (2,5cm jahe cincang halus)
  • 1 sdt biji lada utuh (1.5 sdt merica bubuk)

Bahan rendaman:

  • 3 buah bawang bombai (potong masing2 menjadi 4 bagian)
  • 10 buah cabe hijau
  • 5 lembar daun salam
  • 2 ruas jahe, potong jadi 4
  • 5 siung bawang putih. potong besar
  • 1/2 buah apel / pir yg manis, potong jadi 2 (standard ukuran apel fuji / pear singo korea. Kalau lebih kecil dari itu pakai 1 buah)

Bahan cairan:

  • 600 ml coca cola (200ml soju / bir putih. 400ml cola)
  • 300 ml mirin (bahan pengganti ada di bawah)
  • 300 ml kecap asin (bisa pakai rendaman telur diresep sebelumnya. ukuran tetap 300ml)
  • Cabe rawit untuk taburan (optional kalau mau pedes)
  • Wijen untuk taburan (optional)
  • minyak wijen secukupnya untuk taburan

Bahan pengganti mirin :

  • 50 ml cuka putih
  • 50 gr gula (campur keduanya sampai merata)

Cara membuat:

  • Cuci bersih kepiting. Lakukan dibawah aliran air ya. Buang kakinya.
  • Bersihkan juga udang.
  • Siapkan semua bahan rendaman
  • Atur udang, kepiting dan bahan rendaman di wadah secara berselingan
  • Jadi di setiap tumpukan pasti ada udang, kepiting, dan bahan rendaman.
  • Ulangin terus sampai habis
  • Kalau sudah habis dan masuk semua, tuang 1sdm bubuk jahe / jahe cincang dan lada.
  • Campur semua bahan cairan, tuang ke dalam wadah kepiting.
  • Aduk rata, tutup rapat dan biarkan di suhu ruangan selama 1 hari (24jam)
  • Besok harinya, tuang semua cairan dan bahan rendam ke panci (udang dan kepitingnya jgn ikut dituang) rebus dengan api sedang sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, buangi busanya. Kecilkan api dan rebus lagi selama 10 menit. Matikan api, biarkan sampai dingin.
  • Kalau sudah dingin, tuang kembali ke wadah kepiting dan udang. Aduk hingga merata. Tutup wadah, masukan ke kulkas dan biarkan selama 2 hari (48 jam).
  • Cara menyajikannya ga perlu dipanasin di microwave, tapi biarin aja di suhu ruangan atau dimakan dingin-dingin. Buka cangkangnya, taburin wijen, cabe, dan 1sdt minyak wijen. Makan dengan nasi panas dan kim bugak. Selamat mencoba.

 

Berikut tadi beberapa resep cara mengolah kepiting, tertarik untuk coba yang mana nih Diazens? Kumpulkan niat dan bahan-bahan, cus langsung recook!

 

 

 

Beri Komentar