Dulu Digunakan Sebagai Obat Batuk, Ternyata ini Sejarah Panjang dari Marshmallow!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 10 November 2020 16:32
Dulu Digunakan Sebagai Obat Batuk, Ternyata ini Sejarah Panjang dari Marshmallow!
Marshmallow kini menjadi salah satu bahan makanan favorit yang punya rasa manis. Nggak heran jika makanan ini cukup diminati oleh anak-anak sampai remaja.

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan permen yang satu ini. Ya, Marshmallow. Permen ini sejatinya punya tekstur yang sangat lembut dengan rasa manis. Karena rasanya yang unik, marshmallow ini menjadi idola anak-anak.

Selain menjadi jajanan favorit anak-anak, marshmallow ternyata juga jadi favorit kalangan remaja. Jika kamu melihat di cafe-cafe, pasti sudah banyak menu minuman yang padukan dengan marshmallow.

Nah, tahukah kamu dari mana asal muasal permen kapas ini? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Marshmallow Berasal dari Bunga

Marshmallow © Diadona

Marshmallow biasanya disajikan dengan bentuk bulat, kotak ataupun silinder. Ternyata, melansir dari berbagai sumber, nama marsmallow ini diambil dari nama bunga liar yang berasal dari Afrika. Akar dari bunga marshmallow ini digunakan untuk meredakan radang tenggorokan.

Selain meredakan radang tenggorokan, marshmallow dahulu digunakan oleh Hippocrates untuk mengobati memar dan kehilangan darah. Tak hanya itu, dokter di zaman Romawi menggunakannya sebagai obat sakit gigi. Bunga Marshmallow ternyata juga bisa menyembuhkan gatal akibat gigitan serangga, bengkak, ataupun iritiasi kulit.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Bunga Marshmallow

Marshmallow © Diadona

Orang Mesir kemudian membuat akar bunga marshmallow yang dicampur dengan madu. Makanan ini kemudian sampai di lidah orang-orang Eropa. Resep ini kemudian dikembangkan ooleh orang Prancis. Mereka menambahkan putih telur sebagai bahan pembuatannya. Resep ini bahkan bertahan hingga pertengahan 1800-an.

Seiring berjalannya waktu, gelatin pun akhirnya digunakan sebagai pengganti bunga Marshmallow. Tahun 1984, Alex Doumak selaku pemilik dari salah satu pabrik marshmallow, berusaha mempercepat produksi. Ia pun mematenkan sebuah produksi ekstrusi yang membuat tektur marshmallow menjadi lebih kenyal dan manis.

Saat ini, kebanyakan resep marshmallow terbuat dari sirup jagung, gula gelatin, gum arabic, dan juga perasa. Marshmallow dicetak dengan cetakan berbentuk pipa panjang, kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Olahan Marshmallow

Marshmallow © Diadona

Saat ini, kamu bisa menyantap marshmallow dalam berbagai sajian. Selain dimakan utuh, kamu bisa menyantapnya dengan dibakar terlebih dahulu. Saat terkena panas, marsmallow akan sedikit meleleh, dan teksturnya akan makin lembut.

Marshmallow cocok disantap dengan ditemani secangkir kopi atau cokelat panas. Selain itu, Marshmallow juga bisa dijadikan sebagai bahan membuat kue.

Marshmallow © Diadona

Apakah kamu salah satu penggemar Marshmallow?

Beri Komentar