15 Resep Ayam Tepung dengan Berbagai Olahan, Ada Goreng Krispi hingga Saus Mentega yang Seenak Restoran

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 1 Oktober 2022 20:55
15 Resep Ayam Tepung dengan Berbagai Olahan, Ada Goreng Krispi hingga Saus Mentega yang Seenak Restoran
Biar resep ayam tepung kamu tuh nggak cuman ayam goreng ala KFC doang!

Setiap kali membeli daging ayam untuk stok dan sumber protein keluarga, menu apa sih yang ingin kamu masak? Soto ayam, ayam goreng tradisional atau olahan ayam lain dengan bumbu kaya dan rempah kuat? Nah, sudahkan kamu mencoba ayam tepung yang digoreng lalu divariasikan dengan berbagai bumbu?

Salah satu kunci kelezatan resep ayam tepung ini terletak pada balutan tepungnya yang garing, kriuk dan gurih. Biar nggak ribet dan pasti enak, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan tepung bumbu instan. Perhatikan juga cara memasaknya agar tidak gagal ya!

Lalu masak kembali dengan menggunakan saus seperti pada resep, misalnya saus asam manis, saus telur asin, saus tiram dan masih banyak lagi. Dijamin nggak bakalan bikin bosen deh!

 

1 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Bumbu Homemade

Resep Ayam Tepung Bumbu HomemadeResep Ayam Tepung Bumbu Homemade © cookpad.com/Nadia Hayu

Agar resep ayam tepung ini menghasilkan bagian tepung yang keras, kamu bisa meremas-remas lapisan tepungnya. Lakukan agar tepung bisa keriting namun jangan terlalu kencang ya karena tepung bisa keras.

Bahan :

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 1 butir telur

Bumbu rendaman ayam:

  • 7 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 sdm garam

Bahan tepung :

  • 3 sdm munjung tepung tapioka/kanji
  • 9 sdm munjung tepung terigu protein rendah/sedang 1 sdt garam halus
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 Sdt lada hitam tumbuk kasar, opsional
  • 1 sdt kaldu bubuk opsional
  • 1 sdt baking powder
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

  • Cuci bersih ayam. Untuk bagian yang berdaging tebal, tusuk dengan garpu/pisau atau bisa dijerat sedikit supaya bumbu bisa merasuk ke dalam daging.
  • Mix semua bahan tepung. Sisihkan
  • Haluskan semua bumbu. Kemudian tuang dan lumur kan pada ayam sampai semua permukaan kulit ayam berbalut bumbu rata. Tidak perlu ditambahkan air ya. 
  • Diamkan minimal 1-2 jam atau bisa dengan masukkan kulkas semalaman alu paginya diletakkan di suhu ruang baru deh dimasak.
  • Ketika dikeluarkan ayam akan berair. Tuang air rendaman ke mangkuk lalu kocok dengan telur yang nantinya akan kita gunakan sebagai celupan. Jika kurang, tambahkan 1 sdm tepung bumbu dan air secukupnya.
  • Gulingkan ayam ke tepung bumbu sampai terlapisi semua bagian permukaan.
  • Celupkan ke dalam celupan, celup sampai merata semua permukaan.
  • Gulingkan ke dalam tepung bumbu, balurkan sampai rata semua permukaan, remas dan cubit supaya nanti bisa keriting ayamnya. Teplok-teplok dikit supaya sisa tepung turun.
  • Goreng dalam minyak yang melimpah. Ayam harus terendam semua bagiannya ya!
  • Goreng sedikit lama tapi jangan dibolak-balik. Angkat ketika sudah matang dan sajikan.

Cobain juga resep ayam goreng ala KFC berikut.

2 dari 15 halaman

Resep Kulit Ayam Tepung Krispi Awet Berhari-hari

Resep Kulit Ayam Tepung Krispi Berhari-hariResep Kulit Ayam Tepung Krispi Berhari-hari © cookpad.com/Devi Setia Rianti

Nggak cuman buat lauk nih tapi resep ayam tepung yang ini bisa jadi cemilan yang direbutkan.

Bahan :

  • 250 gram kulit ayam
  • Bumbu marinasi
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada bubuk

Bahan Tepung Kering

  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung tapioka
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • Secukupnya kaldu bubuk

Cara Membuat

  • Campurkan kulit dengan bumbu marinasi, diamkan beberapa saat agar bumbu meresap (bisa disimpan dalam lemari es).
  • Campukan bahan tepung kering, aduk rata.
  • Buat adonan tepung basah, ambil sedikit tepung kering dan beri air secukupnya, aduk rata.
  • Masukkan kulit ke dalam tepung basah, kemudian pindahkan ke dalam tepung kering, sambil di remas dan cubit agar tepung kering menempel dengan baik.
  • Goreng dalam minyak panas. Gunakan api sedang dan minyak goreng yang banyak.
  • Goreng sampai kecoklatan dan kulit kering, hidangkan.

3 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Saus Asam Manis

Resep Ayam Tepung Saos Asam ManisResep Ayam Tepung Saos Asam Manis © cookpad.com/Dilla Wahab

Bikin resep ayam tepung saus manis ala resto yuk!

Bahan :

  • 250 gram dada ayam
  • 3 buah bawang putih cincang halus
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • Secukupnya garam, lada
  • 1 buah wortel potong korek api
  • 5 buah bawang putih cincang halus
  • 1 buah bawang bombai iris
  • 5 buah cabe merah iris
  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos sambel
  • 2 sdm saos tiram
  • Secukupnya gula, garam, lada

Cara Membuat

  • Potong2 dada ayam, lalu lumuri dengan bawang, garam dan merica. Diamkan selama 1 jam
  • Campur tepung terigu, maizena, garam dan lada.
  • Ambil seperempat bagian tepung lalu beri air, masukkan potongan ayam, aduk hingga tercampur rata
  • Lalu masukkan ayam di tepung kering, goreng satu per satu hingga kuning kecoklatan. Sisihkan
  • Rebus wortel sebentar saja. Sisihkan
  • Tumis bawang putih, bombai hingga harum, masukkan cabe merah dan wortel, beri sedikit air
  • Masukkan saos tomat, saos sambal, saos tiram, gula, garam dan lada. Masak hingga mendidih
  • Siram di atas ayam yang sudah digoreng tadi

4 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Saus Tiram

Resep Ayam Tepung Saos TiramResep Ayam Tepung Saos Tiram © cookpad.com/Bundarana_

Saos tiram nggak pernah salah jadi bumbu masakan.

Bahan :

  • 500 gram Ayam dada
  • 140 gram Tepung serbaguna 
  • 2 cabe hijau
  • 3 cabe rawit
  • 1 cabe kriting
  • 1/2 bawang bombay
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Minyak untuk menggoreng ayam
  • 3 sdm margarine
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sst garam
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt kecap asin
  • 3 sdm kecap tiram
  • secukupnya Air

Cara Membuat

  • Lumuri ayam dengan tepung kobe serbaguna basah dan kering lalu Goreng ayam hingga matang dan sisihkan.
  • Panaskan margarine pada wajan,
  • Tumis bawang merah,bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Masukkan cabe, garam, penyedap rasa, gula, bubuk bawang putih,
  • Kecap asin, saus tiram,  Aduk merata.
  • Masukkan saus tiram koreksi rasa.
  • Tambahkan air secukupnya.
  • Masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk merata hingga bumbu meresap dan sajikan.

5 dari 15 halaman

Spicy Chicken dan Cheese Sauce

Spicy Chicken & Cheese Sauce Ala RicheeseSpicy Chicken & Cheese Sauce Ala Richeese © instagram.com/dapurspatula/

Bahan saus yang digunakan pada resep ayam tepung ini emang lumayan banyak sih, tapi worth it banget dengan rasanya.

Marinasi ayam:

  • 1/2 kg paha/sayap ayam/bag lainnya
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Bahan tepung pelapis ayam:

  • 5 sendok sayur tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok sayur maizena
  • Secukupnya lada dan garam
  • 1 butir telur

Spicy Sauce:

  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 sdm saus sambal extra pedas
  • 2 sdm saus tomat
  • 4 sdm saus barbeque
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 sdm/lebih cabe bubuk
  • Secukupnya garam
  • 1 sdm mentega untuk menumis

Saus keju ekonomis:

  • 350 ml susu cair full cream
  • 1 bungkus keju oles
  • 100 ml air matang
  • 3 saset bumbu kentang bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 3 sdm maizena, larutkan dengan air

Langkah-langkah:

  • Ayam tepung: Cuci bersih ayam dan sisihkan. 
  • Haluskan bawang putih, lada, garam dan kaldu. Balurkan ke ayam sampai rata seluruhnya. 
  • Marinasi semalaman/sehari sebelumnya dan simpan di kulkas agar bumbu meresap. 
  • Keluarkan dari kulkas, masukkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata. Sisihkan. 
  • Campur semua bahan tepung pelapis, aduk rata. 
  • Gulingkan setiap potongan ayam ke dalam tepung pelapis sambil dicubit agar keriting. Goreng sampai matang. Lakukan sampai habis.
  •  Saus spicy ala richeese: Campur semua bahan kecuali mentega dan bawang putih. Sisihkan. 
  • Tumis bawang putih sampai harus, masukkan campuran bahan saus, masak sampai agak mengental sambil terus diaduk. Matikan api. 
  • Masukkan ayam tepung ke dalam saus spicy, aduk rata sampai permukaan ayam tertutupi saus. 
  • Pindah ke atas piring saji, taburi dengan wijen sangrai secukupnya (optional).
  •  Saus keju ekonomis: kocok lepas kuning telur, tambahkan air dan maizena. Aduk rata. Sisihkan.
  •  Panaskan susu cair, masukkan keju oles, masak sambil diaduk-aduk sampai keju meleleh dan tercampur rata. 
  • Masukkan campuran telur ke dalam susu cair, aduk cepat. Masak sampai agak mengental, tambahkan bumbu kentang goreng keju. Aduk rata. Masak sampai mengental. Matikan api.

6 dari 15 halaman

Resep Ayam Krispi

 Cara Membuat Ayam KrispiCara Membuat Ayam Krispi © 2020 thesouthafrican.com/

Selalu gagal bikin ayam tepung krispi? Mimin juga nih! Tapi cobain rese ayam yang ini yuk siapa tahu berhasil. Jangan lupa ikutin step-stepnya dengan benar ya!

Bahan:

  • 1/2 kg ayam, marinasi semaleman dalam kulkas bawah dengan 1/2 sdt lada hitam, 1/2 sdt garam dan 1 sdm perasan air jeruk nipis

Tepung kering:

  • 400 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt oregano bubuk
  • 50 gram tepung maezena
  • 1/2 sdt baking powder dan baking soda

Bahan pencelup:

  • 1 butir telur + 5 sdm air, beri sejumput garam, kocok rata

Cara:

  • Setelah ayam di marinasi lalu masukkan ke bahan pencelup, balurkan di tepung kering sambil sedikit dicubit yaa, ulangi dua kali, goreng dalam minyak panas banyak dengan api sedang sampai matang.
  • Siap disajikan dengan saus atau sambal pendamping

7 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Karage

 

Resep Ayam KarageResep Ayam Karage © instagram.com/annasupriyanto/

Yup, ini merupakan nama ayam tepung dari Jepang nih! Apa bedanya dengan resep ayam tepung yang biasanya ? Sebelum di goreng dengan tepung renyah, potongan ayam ini sudah di-marinate dengan bumbu spesial khas Jepang.

Bahan:

  • 400 gr filet paha ayam
  • Tepung terigu secukupnya
  • Lada garam halus secukupnya
  • Air secukupnya
  • 1 butir telur/putihnya aja (jika mau pakai telur)

Bahan saos :

  • 2 sdm kecap manis
  • 2 siung bawang putih halus
  • 3 sdm saos sambel
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt saos teriyaki jika suka /kecap inggris
  • 1 sdt tepung sagu/tapioka larutkan dengan 3 sdm air .
  • Garam gula pasir dan bubuk kaldu secukupnya
  • 100 mll air .

Caranya :

  • Filet sdh di cuci bersih potong kasi perasan jeruk nipis dan sedikit garam
  • Tepung terigu garam lada halus aduk rata sisihkan
  • Celup potongan ayam ke dalam air kemudian ketepung kemudian ke dalam air baru terakhir masukkan ke tepung sambil dicubit dengan ujung jari, lanjut hingga abis
  • Siapkan minyak panas goreng ayam hingga kekuningan
  • Tumis bawang putih hingga harum masukan air kecap manis dll nya aduk rata tambahkan air sagu aduk rata koreksi rasa jika sdh pas masukan ayam aduk hingga mengental
  • Angkat sajikan dengan nasi hangat

8 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Pok-pok Saus Mentega

 

Resep Ayam Tepung Pok-pok Saus MentegaResep Ayam Tepung Pok-pok Saus Mentega © instagram.com/dapurbundadisti/

Bahan :

  • 500gr fillet paha ayam,potong dadu kecil
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 butir telur
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya tepung bumbu crispy serbaguna
  • Secukupnya wijen untuk taburan

Bahan Saus Mentega

  • 4 sdm Margarin
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt madu
  • 1/2 buah bawang bombay,iris
  • 2 siung bawang putih,geprek
  • Garam
  • Gula Pasir
  • Merica Bubuk

Cara Memasak

  • Campur semua bahan ayam pokpok kecuali tepung bumbu dan wijen, diamkan selama 1 jam. Setelah 1 jam, panaskan minyak, balur ayam dengan tepung serbaguna, goreng ayam hingga kuning keemasan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Masukkan semua saus dan kecap lalu bumbui. Tes rasa. Jika sudah enak,masukkan ayam pokpok. Aduk cepat hingga merata. Matikan api.

9 dari 15 halaman

Resep Sayap Tepung Krispi

Resep Sayap Tepung KrispiResep Sayap Tepung Krispi © instagram.com/dewirosmayanti/

Siapa nih yang suka banget dengan ayam bagian sayap? Diolah apa saja nih sudah pasti enak.

Bahan :

  • 1/2 kg sayap ayam, cuci dan bersihkan

Bumbu marinasi

  • 2 baput haluskan
  • 4 buah cabai merah haluskan
  • 1/2 sdt lada
  • Garam
  • Penyedap
  • Tepung pelapis
  • 100 gram terigu
  • 30 gram maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • Satukan Aduk rata
  • Garam
  • Buat larutan tepung pelapis
  • Ambil 1 sendok lalu larutkan dalam air kurang lebih 100 ml
  • Kalo mau pake telur boleh juga

Cara : 

  • Cuci bersih sayap
  • Lumuri dengan bumbu marinasi yang telah dihaluskan selama 3 jam
  • Gulingkan dalam tepung pelapis.
  • Masukan ke dalam larutan tepung pelapis. Gulingkan dalam tepung pelapis lagi lalu goreng hingga kuning kecoklatan..

10 dari 15 halaman

Resep Chicken Pop Cabe Garam

Resep Chicken Pop Cabe GaramResep Chicken Pop Cabe Garam © instagram.com/mediaresep.masakan/

Nampak sederhana sih karena cuman pakai bawang putih, cabai dan garam aja tapi resep ayam tepung ini lezat luar biasa.

Bahan:⁣

  • 300gram dada ayam⁣
  • 2sdm tepung maizena⁣
  • 1butir telur ayam⁣
  • 50ml susu cair⁣

Bumbu marinated:⁣

  • 3 siung bawang putih(parut)⁣
  • 1/2 sdt lada bubuk⁣
  • 1/2 sdt garam⁣
  • 1/2sdt penyedap jamur⁣

Tepung balur:⁣

  • 2 sdm tepung maizena⁣
  • 100 gram tepung serbaguna⁣

Bumbu lain:⁣

  • 4 siung bawang putih(cincang)⁣
  • 3 buah cabe keriting(iris)⁣
  • 5 buah cabe rawit(iris)⁣
  • 2 batang daun bawang(iris)⁣
  • 1 sdm margarine⁣
  • Secukupnya: Garam dan gula pasir.⁣

Cara bikin:⁣

  • Potong dadu dada ayam lalu marinated dengan bumbu sampai meresap
  • Balur potongan ayam dengan tepung maizena pastikan semua terbalut tepung.⁣
  • Campur telur dan susu cair lalu tuang kedalam potongan ayam bertepung aduk rata.⁣
  • Balur potongan ayam ke campuran tepung balur, lakukan sampai habis⁣
  • Goreng ayam sampai golden brown.⁣
  • Panaskan margarine lalu tumis bumbu iris sampai harum, bumbui dikit garam dan gula⁣
  • Masukan ayam goreng aduk merata,angkat.sajikan

11 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Telur Asin

Resep Ayam Tepung Telur AsinResep Ayam Tepung Telur Asin © Instagram/@mrs_purnama_05

Kamu bisa menikmati lezatnya resep ayam tepung telur asin dari rumah aja nih!

Bahan :

  • 1/4 ayam bagian dada, dipotong dadu kecil
  • 4 sdm terigu (adonan basah)
  • 8 sdm terigu (adonan kering)
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • Garam secukupnya

Bahan telur asin:

  • 2 butir telur asin
  • 1 buah cabai hijau, potong serong
  • 1 buah cabai merah, potong serong
  • 2 buah bawang putih, geprek dan rajang kecil
  • 1/2 buah bombay, potong memanjang
  • 1 batang bawang daun potong memanjang
  • 3 lembar daun jeruk, potong tipis
  • 1 lembar daun salam, potong tipis
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt minyak wijen

Cara membuat:

  • Terigu (bagian basah) diberi air es secukupnya sampai adonan pas, sisihkan ayam yang sudah dilumuri dengan ketumbar bubuk dan garam, masukkan ayam ke dalam adonan basah.
  • Kemudian ayam yang sudah terbalut dimasukkan ke dalam terigu kering tepuk-tepuk sampai tertutup sempurna.
  • Siapkan wajan berisi minyak panas, masak ayam goreng hingga kecokelatan. Sisihkan.
  • Tumis bawang putih dan bombay sampai harum kemudian masukkan bawang bombay, cabai merah dan hijau, daun jeruk dan salam aduk, kemudian masukkan telur asinnya.
  • Aduk tambahkan susu, garam dan gula pasir, cek rasa, bisa ditambahkan minyak wijen.
  • Setelah tercampur rata dan wangi matikan kompor, masukkan ayam tepung ke dalam adonan tadi aduk sampai tercampur. Siapkan di piring makan dengan nasi.

12 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Pedas Manis

Resep Ayam Tepung Pedas ManisResep Ayam Tepung Pedas Manis © Instagram/@purtirenkganis

Dijamin anti gagal, resep ayam tepung yang ini nih juga simple dan murah meriah.

Bahan:

  • 1/2 kg paha ayam fillet
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • 1 putih telur
  • 3 sdm maizena
  • Garam dan kaldu jamur

Bahan lapisan tepung:

  • 4 sdm munjung tepung terigu
  • 1 sdm tapioka
  • Garam dan kaldu jamur
  • Lada bubuk
  • 1 sdt baking soda
  • Bon Cabe

Bahan saus:

  • 4 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm baceman bawang putih
  • 1/2 sdm margarin
  • 1 bungkus Bon Cabe

Cara membuat:

  • Potong ayam serong memanjang lalu cuci bersih. Campur jadi 1 bahan marinasi, diamkan 1 jam.
  • Campur semua bahan lapisan tepung balurkan ayam satu-satu ke lapisan tepung. Goreng ayam di minyak goreng yang sudah dipanaskan di api kompor sedang sambil dibolak balik. Lakukan sampai semua ayam habis.
  • Tuang secukupnya minyak, margarine tumis baceman bawang putih hingga harum masukkan semua bahan saus dan ayam yang sudah digoreng. Aduk-aduk sampai semua ayam terbalut dengan saus.

13 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Kuluyuk

Resep Ayam Tepung KuluyukResep Ayam Tepung Kuluyuk © instagram.com/chikaafransisca/

Bahan ayam :

  • Ayam fillet, cuci bersih, potong dadu
  • Tepung bumbu serbaguna secukupnya

Bahan saus :

  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris panjang
  • 2 buah cabe merah besar, buang biji, iris memanjang
  • 1/2 buah paprika hijau, potong dadu
  • 1/2 buah wortel ukuran besar, iris memanjang
  • 1 buah timun, iris memanjang
  • 1/2 buah nanas, potong dadu
  • 1 sdm saos tiram
  • 5 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos sambal
  • 1 sdm kecap inggris
  • Garam, gula, lada secukupnya
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat  :

  • Lumuri ayam fillet dengan tepung bumbu serbaguna, lalu goreng, sisihkan
  • Tumis bawang putih dan bombay sampai harum, masukkan wortel, masak sampai setengah matang
  • Masukkan semua bahan saus, tambahkan air, masak sampai mendidih dan matang
  • Masukkan nanas dan ayam, aduk rata, cicipi rasanya (rasanya harus pas manis, asam, asin)
  • Kalau rasanya sudah pas dan air sudah menyusut, masukkan larutan maizena, aduk sebentar, siap disajikan.

14 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Panir

Resep Ayam Krispi Tepung PanirResep Ayam Krispi Tepung Panir © cookpad.com/Echa Lutfiana

Rasanya tetap garing dan gurih di luar, lembut di bagian dalam serta mudah banget dibuat.

Bahan :

  • 1/2 dada ayam filet
  • Tepung roti
  • 1 buah telur

Bumbu marinasi:

  • 1 buah bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2-1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 4 sdt tepung serbaguna
  • 2 sdt tepung tapioka
  • 1 sdt tepung maizena
  • Sepotong lemon (kecil saja agar tidak masam dan hanya untuk menghilangkan bau amis)

Cara Membuat

  • Geprek bawang putih. Kemudian marinasi ayam dg bumbu marinasi. Campur merata. Diamkan sekitar 30 menit.
  • Setelah 30 menit, masukkan telur ke dalam mangkok ayam yg telah dimarinasi. Campur merata.
  • Siapkan tepung roti. Lalu masukkan ayam yg telah dimarinasi dan telah di campur dg telur ke dalam tepung roti hingga merata.
  • Panaskan minyak. Goreng ayam hingga kecoklatan dan sajikan.

15 dari 15 halaman

Resep Ayam Tepung Katsu Bumbu Super Simple

Ayam Tepung Katsu Bumbu Super SimpleAyam Tepung Katsu Bumbu Super Simple © instagram.com/elvynnofianti/

Bahan:

  • 250 gr dada ayam (fillet)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • Sejumput garam
  • Lada
  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 1 sdt penyedap rasa / kaldu jamur
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • Tepung panir secukupnya

Cara Membuat:

  • Lumuri dada ayam fillet dengan bawang putih, garam, dan lada. Diamkan sedikitnya 30 menit di dalam kulkas.
  • Keluarkan ayam yang sudah dimarinasi, balurkan merata ke campuran tepung serbaguna dan penyedap rasa. Pijit biar bumbu meresap.
  • Balurkan merata ayam ke kocokan telur. Lalu, balurkan merata ke tepung panir.
  • Goreng dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan. Angkat

Nggak bakalan bingung resep ayam tepung yang mana lagi nih!

Beri Komentar