Cara Membuat Kulit Kebab Turki Tanpa Oven Sederhana yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 April 2020 18:55
Cara Membuat Kulit Kebab Turki Tanpa Oven Sederhana yang Enak
Cara membuat kulit kebab bisa Moms lakukan walau tanpa oven. Cara sederhana ini tentunya akan menghasilkan rasa yang enak. Simak resepnya berikut ini.

Cara membuat kulit kebab cukup sederhana dan mudah Moms. Jika tidak memiliki oven atau alat pemanggang, maka bisa menggunakan teflon sederhana rumahan.

Kebab dalam bahasa Persia memiliki arti sajian sepotong daging yang digoreng. Secara umum, bahan yang digunakan untuk mmebuat kebab adalah daging domba, daging sapi, daging ayam dan juga daging ikan.

Nah, seiring waktu, kebab kian populer di berbagai negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri kebab dibuat dengan cara dibalut menggunakan kulit kebab atau tortila.

Moms tentunya juga bisa membuat sendiri olahan enak ini dengan melihat resep cara membuat kulit kebab turki tanpa oven sederhana dan enak yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Kulit Kebab Turki Tanpa Oven

Cara Membuat Kulit Kebab © Diadona

Cara membuat kulit kebab yang pertama bisa Moms lakukan tanpa oven dan hanya memanfaatkan penggunaan teflon. Yap, cara ini sangatlah mudah dipraktikkan Moms. Nggak perlu khawatir lagi, langsung saja simak resep cara membuat kulit kebab Turki tanpa oven berikut ini.

Bahan:
- 150 gram terigu
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 sdt kaldu bubuk ayam
- 1/2 sdt baking powder
- 5 sdm minyak sayur
- 70 ml susu cair hangat

Cara membuat kulit kebab turki tanpa oven:

a. Campurkan semua bahan hingga rata kecuali susu hangat. Setelah bahan tercampur, masukkan susu cair sedikit demi sedikit.

b. Uleni hingga adonan kalis lalu tambahkan air hangat bila adonan terasa masih terlalu kering. Diamkan adonan selama 30 menit dan tutup dengan kain. Ambil sebagian kecil adonan lalu pipihkan menggunakan kayu penggiling.

c. Matangkan di atas teflon yang panas, bolak balik agar matang dan kering sempurna kedua sisinya. Angkat dan siap di isi dengan topping kebab.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Kulit Kebab Baba Rafi

Cara Membuat Kulit Kebab © Diadona

Kebab Turki Baba Rafi memang menjadi salah satu merek terkenal yang menjual kebab di Indonesia. Moms juga bisa loh membuat sendiri kebab ala Baba Rafi di rumah. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat kulit kebab ala Baba Rafi berikut ini.

Bahan:
- 10 kulit kebab tortila
- 250 gram daging sapi arau kambing yang direndam dengan air dan sedikit garam
- 2 buah tomat
- 1 buah bawang bombay
- 1 ikat selada hijau
- 1 botol mayonaise
- 1 botol saus pedas
- 1 bungkus keju slice rasa BBQ Chicken

Cara membuat kulit kebab turki Baba Rafi:

a. Pertama, siapkan kulit kebab tortila. Potong bahan isian seperti tomat, bawang bombay, dan selada hijau sesuai selera.

b. Iris tipis daging lalu panggang di atas teflon hingga matang tanpa minyak.

c. Tata bahan isian di atas kulit kebab sesuai selera. Pastikan Moms meletakkan kejunya di paling bawanh ya.

d. Tambahkan saus dan mayonaise. Tutup bahan isian dengan sisa kulit kebab dengan menyelimutkannya. Kulit kebab ala Baba Rafi siap disajikan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Kulit Kebab Sederhana yang Enak

Cara Membuat Kulit Kebab © Diadona

Cara membuat kulit kebab selanjutnya bisa Moms buat dengan sederhana di rumah. Rasanya juga tentunya enak dan cukup menggunakan alat dan bahan yang sering kita temui. Yuk, simak resep cara membuat kulit kebab sederhana yang enak berikut ini.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt gula pasir
- 1/2 sdt baking powder
- 150 ml air susu panas
- 50 ml minyak goreng

Cara membuat kulit kebab sederhana yang enak:

a. Pertama, masukkan bahan tepung terigu, garam, gula pasir, dan baking powder. Aduk-aduk bahan hingga rata lalu masukkan minyak. Aduk bahan hingga tepung berbulir.

b. Masukkan air susu panas kemudian uleni bahan hingga adonan kalis tapi tidak keras dan tidak lengket di tangan. Jika adonan masih tetap belum kalis, maka Moms bisa menambahkan air susu panas.

c. Bagi adonan menjadi ukuran bulat kecil kira-kira sebanyak 15 buah sama rata. Tutup adonan menggunakan kain bersih lalu tunggu selama kurang lebih 1 jam.

d. Giling adonan hingga tipis, panggang di atas teflon tanpa menggunakan minyak atau mentega.

e. Diamkan hingga kulit mengembang, balik kulit kebab dan tunggu hingga ada bagian yang berubah warna kecoklatan. Angkat dan kulit kebab sederhana yang enak siap digunakan.

Itulah resep cara membuat kulit kebab turki tanpa oven sederhana dan enak di rumah. Moms harus wajib mencoba membuatnya di rumah. Selamat berkreasi!

Beri Komentar