19 Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat dan Alami

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 21 Februari 2020 13:30
19 Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat dan Alami
Hindari jenis makaan dengen rasa asam, dan pedas agar produksi asam lambungmu tak nik.

Asam lambung berperan penting dalam proses pencernaan. Tanpa asam lambung atau jika kadarnya di lambung rendah, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan.Selain berperan dalam proses pencernaan, asam lambung juga berfungsi untuk menatralisir enzim dan membunuh kuman berbahaya yang mungkin ada di dalam makanan.

Oleh karenanya, penting untuk memastikan kadar asam lambung sesuai kebutuhan tubuh. Jika jumlahnya berlebihan atau terlalu sedikit, dapat timbul beragam masalah kesehatan.Nah bagi kamu yang terkan asam lambung, disarankan untuk hati-hati memilih makanan untuk penderita asam lambung, kalau tak hati-hati, produksi aslam lambung bisa naik dan memperparah rasa sakit.

1 dari 4 halaman

Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Memilah-milih makanan adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan bagi penderita asam lambung. Pasalnya, salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat.

Naiknya produksi asam di saluran pencernaan menyebabkan munculnya maag. Sementara, pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag. Berikut ini adalah anjuran makanan untuk penderita asam lambung yang bisa kamu coba, di antaranya:

Jahe

Ilustrasi Jahe © Diadona

Siapa yang tidak mengenal besarnya manfaat jahe sebagai ramuan obat. Kemampuannya untuk menyembuhkan dan memperbaiki berbagai jenis kondisi medis termasuk asam lambung inilah yang membuatnya sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Sepanjang sejarah, jahe telah digunakan sebagai makanan anti-inflamasi dan anti-peradangan untuk mengobati kondisi pencernaan. Jadi juga sangat jelas ya kalau jahe juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk penderita asam lambung yang sangat baik dikonsumsi.

Madu

Ilustrasi Madu dan Jeruk © Diadona

Madu juga bisa menjadi salah satu opsi makanan untuk penderita asam lambung. Karena madu dipercaya secara langsung dapat meredakan ketidaknyamanan, menenangkan dan cepat mengatasi sakit maag. Madu yang tinggi kalium membantu meningkatkan pencernaan dan membentuk sebuah lapisan alkali di dalam perut.

Campur madu dengan cuka sari apel dalam minuman agar dapat mengurangi gejala asam lambung secara langsung. Sebelum tidur atau pada malam hari jika terbangun oleh karena asam lambung, satu sendok madu dapat membantu rasa nyeri yang ditimbulkan.

Susu

Makanan lain yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk penderita asam klambung adalah susu. Susu mengandung kalsium yang bekerja sebagai obat antasid yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Jika kamu menderita asam lambung, maka kamu sangat disarankan untuk minum segelas susu. Selain itu, kehadiran sejumlah besar kalsium dalam perut juga akan menetralisir jumlah kelebihan asam lambung.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Ada banyak faktor yang menyebabakan seseorang bisa terkena asam lambung. Beberapa diantaranya adalah makanan pedas, buah-bauahan masam dan lain sebagainya. Padahal makanan tersebut sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung lho. Lalu apa saja makanan untuk penderita asam lambung yang baik dikonsumsi? Berikut beberapa pilihan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Simak terus ya informasinya.

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Kalau mendengar lidah buaya, pasti kamu membayangkan manfaatnya untuk kecantikan wajah. Ternyata, manfaat lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai penyembuh alami, salah satunya adalah sebagai makanan untuk penderita asam lambung. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman maupun diubah menjadi cairan penggumpal atau pengental.

Apel

Ilustrasi Apel © Diadona

Apel mengandung enzim tertentu dan asam sehat, sehingga dianggap sebagai mkanan untuk penderita asam lambung yang efektif untuk menetralkan asam lambung. Jadi, satu buah apel sehari atau satu sendok makan cuka sari apel sehari dipercaya dapat membantu mengurangi asam pada lambung.

Selain apel, pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung karena memiliki kandungan pH sekitar 5,6.

Sayuran

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Sayuran hijau seperti selada, brokoli, kembang kol, kentang, timun, buncis, dan asparagus memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung.
Sayuran ini rendah lemak, gula, dan juga asam. Ditambah lagi, sayuran dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kamu.
Sayuran-sayuran tersebut bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Penderita Asam Lambung Kronis

Saat kamu sudah terkena asam lambung kronis, hal pertama yang harus kamu jaga adalah dari makanan. Mengonsumsi makanan secara semabarangan bagi penderita asam lambung bisa memicu semakin parahnya rasa sakit yang dirasakan. Lalu apa saja makanan untuk penderita asam lambung kronis yang sebaiknya dikonsumsi?

Putih Telur

 

Makanan satu ini memiliki nutrisi tinggi dan aman dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Namun kamu sebaiknya menghindari bagian kuning telur karena kuning telur kandungan lemaknya tinggi. Hati-hati ya, yang boleh dimakan sebagai makanan untuk penderita asam lambung hanya putih telur saja, tak dicampur dengan kuning telur.


Daging Tanpa Lemak

Ilustrasi Masakan Daging Sapi © Diadona

Banyak yang mengklaim bahwa daging sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Namun pada dasarnya kamu masih dapat mengonsumsi daging-dagingan, asalkan kamu memilih daging tanpa lemak. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, jangan olah daging dengan cara digoreng, namun daging bisa kamu olah dengan cara direbus atau dipangang. Boleh banget nih dicoba sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

Chamomile dan Teh Adas

Keduanya merupakan teh herbal yang dianggap sebagai beberapa teh terbaik untuk melawan asam lambung. Mengonsumsi secangkir teh hangat saat pagi atau sore hari sangat bermanfaat membantu menjaga kesehatan lambung. Dengan khasiatnya tersebutlah diyakini bisa menjadi salah satu opsi makanan untuk penderita asam lambung.

Roti

Pilihan roti yang disarankan sebagai makanan untuk penderita asam lambung adalah roti yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian di dalamnya. Pasalnya, roti jenis ini dapat mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung

Umumnya gangguan pencernaan memiliki gejala tertentu yang dapat memburuk akibat konsumsi makanan yang kurang tepat, begitu juga dengan penyakit asam lambung. Hal ini disebabkan karena saluran pencernaan bereaksi langsung pada makanan yang kita konsumsi.

Berikut adalah beberapa makanan yang dilarang untuk pantangan asam lambung yang sebaiknya kamu perhatikan!

Makanan Tinggi Lemak

Pantangan makanan untuk penderita asam lambung yang pertama adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Makanan tinggi lemak dapat memperburuk heartburn. Tidak ada pengecualian lemak, jenis lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan juga harus dikurangi konsumsinya oleh penderita asam lambung.

Makanan berlemak dapat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah. Sfingter esofagus merupakan otot yang bertindak sebagai penghalang antara esofagus dan lambung. Apabila otot ini mengendur, maka kemungkinan asam lambung dapat naik ke kerongkongan juga akan lebih tinggi.

Selain itu, konsumsi makanan berlemak tinggi juga memicu pelepasan hormon cholecystokinin. Hormon ini dapat membuat makanan bertahan lebih lama di lambung agar dapat dicerna lebih baik. Namun hormon ini juga dapat menyebabkan sfingter esofagus rileks, sehingga potensi asam lambung naik juga meningkat.

Makanan Digoreng

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Siapa sih yang tidak suka makanan yang digoreng? Sayangnya, kamu harus menghindari jenis pantangan makanan untuk penderita asam lambung ini jika ingin hidup sehat.

Makanan yang digoreng juga merupakan salah satu pantangan asam lambung. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan yang mengandung lemak tinggi tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung, begitu juga dengan makanan yang digoreng.

Segala jenis makanan yang digoreng, terutama dengan metode deep frying, akan menyimpan banyak lemak. Jenis lemak yang banyak terkandung dalam makanan yang digoreng adalah lemak trans.

Tidak hanya dapat memicu gejala penyakit asam lambung, lemak trans secara umum memang tidak baik untuk kesehatan. Lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Makanan Asin

Pantangan asam lambung yang ketiga adalah mengonsumsi makanan asin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menambahkan garam meja ke makanan mereka memiliki risiko refluks asam lebih tinggi 70% daripada yang tidak pernah menambahkan garam.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan asin paling tidak tiga kali seminggu memiliki risiko mengalami refluks asam 50% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak pernah makan asin.

Namun hingga kini belum diketahui bagaimana makanan asin dapat memicu gejala penyakit asam lambung. Diduga karena makanan-makanan asin identik dengan makanan yang digoreng dan berlemak, sehingga berpotensi tinggi menyebabkan refluks asam lambung. Hindari pantangan makanan untuk penderita asam lambung ini ya.

Bawang

19 Manfaat Makan Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Rambut © Diadona

Mengonsumsi bawang, terutama bawang mentah, juga merupakan pantangan makanan untuk penderita asam lambung .

Bawang seperti bawang merah dan bawang bombai dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah. Selain itu, bawang juga merupakan sumber serat yang dapat difermentasi dan dapat menyebabkan sendawa.

Rileksnya sfingter esofagus dapat membuat asam lambung lebih mudah naik. Sendawa juga dapat memperburuk kondisi ini.

Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas © Diadona

makanan penyebab asam lambung naik selanjutnya adalah makanan pedas.

Cabai memiliki kandungan senyawa yang disebut capsaicin , senyawa ini bekerja memperlambat laju pencernaan. Capsaicin membuat makanan bertahan lebih lama di lambung, sehingga meningkatkan risiko heartburn.

Pantangan makanan untuk penderita asam lambung satu ini juga dapat memperburuk iritasi yang terjadi akibat asam lambung naik. Asam lambung dapat membuat saluran makanan mengalami iritasi dan sensasi panas yang ditimbulkan oleh makanan pedas dapat memperburuk kondisi ini.

Buah Asam

Konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk saluran pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun begitu, tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi jika kamu memiliki penyakit asam lambung. Buah-buahan yang memiliki rasa sangat asam justru dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Jenis buah yang menjadi pantangan asam lambung adalah seperti buah sitrus yang meliputi jeruk-jerukan dan lemon, serta buah lain seperti nanas dan tomat. Konsumsi saus tomat juga sangat tidak disarankan sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

Susu

Ilustrasi Susu dan Produk Olahannya © Diadona

Sebagian orang percaya bahwa susu dapat meringankan gejala asam lambung naik seperti heartburn, tapi hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

Jenis susu murni justru dikaitkan dengan meningkatnya produksi asam lambung. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu murni dapat meningkatkan risiko seseorang terkena heartburn.

Hal ini diduga karena susu murni memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat berpotensi memperburuk gejala penyakit asam lambung. Selain susu murni yang dikonsumsi langsung, semua produk olahan susu yang terbuat dari susu murni dan susu tinggi lemak lainnya juga tidak disarankan. Lebih baik hindari makanan untuk penderita asam lambung satu ini ya.

Cokelat

Banyak alasan yang membuat coklat menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita asam lambung .

Pertama, kebanyakan produk cokelat memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga jelas tidak baik untuk penderita asam lambung. Selanjutnya, cokelat juga mengandung triptofan, senyawa yang dapat terkait dengan neurotransmitter serotonin.

Di satu sisi, serotonin memang dapat membuat seseorang lebih bahagia dan mood-nya menjadi lebih baik. Namun di sisi lain, senyawa ini juga dapat merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah, sehingga berpotensi menyebabkan asam lambung naik.

Selain serotonin, beberapa senyawa lain yang juga terkandung dalam cokelat seperti theobromine dan kafein juga dapat merangsang sfingter esofagus.

Minuman Bersoda

Ilustrasi Minuman Soda © Diadona

Minum soda setelah olahraga
Selain membuat perut terasa kembung, dapat memicu peningkatan asam lambung yang merupakan gejala maag. Pasalnya, minuman ini dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, yang kemudian membuat asam lambung naik.

Bahkan, soda dan minuman berkarbonasi juga bisa mengandung kafein yang akan semakin memudahkan kemunculan gejala maag. Atas dasar itulah, minuman ini menjadi salah satu pantangan untuk orang yang memiliki maag, jika tidak ingin gejalanya kambuh.

Alkohol

minuman beralkohol
Sama halnya seperti kopi dan soda, bir, anggur, maupun jenis alkohol atau minuman keras lainnya dapat berkontribusi sebagai penyebab munculnya maag. Ada berbagai cara yang dilakukan alkohol sehingga bisa memicu kondisi tersebut.

Pertama, minuman beralkohol, khususnya bir dan anggur, bisa meningkatkan jumlah produksi asam lambung. Kedua, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Zhejiang University Science B, turut menambahkannya.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa alkohol dapat membuat otot pada katup kerongkongan menjadi lemah. Kedua hal tersebutlah yang pada akhirnya memicu rasa terbakar pada dada (heartburn), karena kenaikan asam lambung.

Terakhir, selain bisa menimbulkan berbagai penyakit di kemudian hari, terlalu sering minum alkohol bisa mengiritasi lapisan kerongkongan perlahan-lahan. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat membuat kerongkongan lebih sensitif terhadap asam lambung.

Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup ya. Semoag bermanfaat!

Beri Komentar