18 Kuliner Malam Simpang Lima Khas Semarang yang Bikin Ngiler

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 7 Maret 2023 11:54
18 Kuliner Malam Simpang Lima Khas Semarang yang Bikin Ngiler
Rugi banget kalau berkunjng ke kota Semarang dan nggak nyobain makanan khasnya. Apalagi makanan khas yang ada di daerah Simpang Lima. Inilah daftar wisata kuliner yang di kota Semarang.

Kuliner malam Simpang lima Semarang menawarkan beragam sajian khas yang bisa kamu cicipi sambil menikmati hangatnya kota Semarang. Rasanya lezat, menjadi legenda namun harganya nggak bikin kantongmu berduka.

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang memang termasuk kota dengan kemajuan yang pesat. Kota semarang nggak hanya terkenal dengan Lawang Sewu ataupun kuil Sam-Poo-Kong saja lho, Semarang juga menawarkan berbagai kuliner dengan cita rasa jawa yang khas.

Khusus untuk kamu yang ingin mencicipi sajian legendaris sambil menikmati suasana malam kota Semarang, deretan tempat kuliner berikut ini bisa jadi jujuganmu. 

1 dari 5 halaman

Setelah kamu merasa puas mengunjungi beberapa wisata di kota Semarang, kini saatnya kamu mengisi perut dengan mengunjungi kuliner Simpang Lima Semarang yang khas. Dijamin deh, menikmati wisata kuliner semarang yang khas ini bisa memberikan sensasi tersendiri

1. Nasi Ayam Bu Widodo Simpang Lima

Kuliner Malam Semarang - Nasi Ayam Bu Widodo © Diadona

Cita rasanya makin kuat karena menggunakan daun pisang sebagai alas piringnya. Kuliner malam Semarang ini memiliki keunikan ala nasi Semarangan, yaitu siraman kuah opor dan sayur labu.

Nasi ayam Bu Widodo kabarnya telah berdiri sejak tahun 1994 dan tetap mempertahankan konsep lesehannya. Meski begitu, kuliner malam khas Semarang ini masih mampu mengundang ratusan pengunjung di tiap harinya, lho!

Setiap porsi nasi ayam ini menyajikan nasi dengan  sayur labu, tahu opor, telur bumbu cokelat, serta suwiran ayam. Pilihan lauk yang disediakan pun beragam, mulai dari potongan daging ayam kampung, jeroan, sate usus, telur muda, rempelo ati, gorengan, hingga kerupuk.

Lokasinya ada di Jalan Simpang Lima, Karangkidul, tepatnya di sekitaran Simpang Lima Semarang di depan Tugu Pemuda, seberang pojok Masjid Raya Baiturrahman atau sekitar 100 meter dari Lawang Sewu.

Jam operasional : Senin sampai Minggu pukul 17.00 - 23.00

Kisaran harga : Rp. 11.00 untuk makanan.

2. Soto Bangkong

Kuliner Malam Semarang - Soto Bangkong © Diadona

Ciri khas Soto Bangkong ini ada pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan dari kecap racikan sendiri. Konon kecap ini nih yang bikin kelezatannya susah ditiru oleh tempat makan lain.

Setiap porsinya terdiri atas nasi, bihun, suwiran daging ayam kampung, dan tauge. Selain itu, tersedia juga aneka topping, seperti telur puyuh, perkedel, sate kerang, usus, tahu dan/atau tempe. Lokasinya tak jauh kok dari Simpang Lima Semarang, hanya 1.5 km saja atau sekitar beberapa menit dengan mengendarai mobil.

Jam operasional : Senin sampai Minggu pukul 07.00 - 22.00

Harga kisaran menu : mulai Rp. 20.000

3. Bakmi Jowo Pak Gareng

Kuliner Malam Semarang - Bakmi Jawa pak Gareng © Diadona

Sekilas sih kuliner malam Semarang ini nampak sama dengan olahan bakmi lainnya. Tapi ada satu yang membuatnya berbeda dan jadi legenda, yakni penggunaan alat masak tradisional sejak berdiri di tahun 1970-an hingga sekarang.

Hal yang tak kalah spesial yakni pak Gareng membuat mie nya sendiri. Sebelum digoreng atau direbus, ia merendamnya di dalam kuah kaldu ayam kampung.

Walaupun merupakan salah satu makanan legendaris, lokasi berjualannya hanya bisa menampung 25 orang. Tempatnya berada di dalam gang di Jl. Wotgandul Dalam No.171, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional : setiap hari pukul 11.00 sampai 22.00

Kisaran harga menu : Rp. 14 ribu

4. Nasi Goreng Babat Hengky

 Kuliner Malam Semarang - Nasi Goreng Babat Hengky © Diadona

Kuliner malam Semarang ini punya cita rasa yang medhok banget! Ini karena nasi goreng babatnya masih dimasak menggunakan kayu bakar dan disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang. 

Karena kelezatannya, tempat makan yang berlokasi di kecamatan Semarang Barat ini jadi langganan public figur seperti Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, hingga Erick Thohir.

Jam beroperasi : Setiap hari pukul 17.00–23.00 (tergantung ketersediaan stok)

Kisaran harga : Rp. 20 ribu.

2 dari 5 halaman

5. Gudeg Mbak Tum

Kuliner Malam Semarang- Gudeg Mbak Tum © Diadona

Berkunjung ke Jawa Tengah rasanya belum lengkap kalau belum mencoba olahan gudeg. Salah satu rekomendasi paling populer adalah Warung Gudeg Mbak Tum.

Tak seperti gudeg biasanya, racikan gudeg dari Mbak Tum ini menggunakan koyor yang empuk, krecek, dan siraman kuah opor. Selain nasi gudeg koyor, kios yang sudah berdiri sejak tahun 1991-an ini juga terkenal dengan menu lontong opornya yang sangat gurih.

Butuh wakitu sekitar 10 menir dari Simpang Lima Semarang untuk menuju tempat ini. Jadi jangan sampai terlewat ya!

Jam operasional : Senin - Minggu pukul 16.00 -01.30

Kisaran harga menu : mulai Rp. 20 ribuan

6. Tahu Petis Prasojo Pringgading

Kuliner Malam Semarang - Tahu Petis Prasojo © Diadona

Berdasarkan keterangan dari pemiliknya yang sudah merupakan generasi kedua, tahu yang digunakan adalah tahu khusus yaitu tahu pong (tanpa isian). Sedangkan petisnya merupakan hasil olahan sendiri dari udang, cumi, bawang putih, dan racikan rahasia untuk menjaga cita rasa. Oleh karena itu, rasanya semakin dominan ke gurih dengan warna hitam yang pekat.

Waktu operasional : Senin - Minggu pukul 14.00 sampai 23.00

Kisaran harga menu : Rp. 3.000 per biji

7. Nasi Kucing Pak Gik

Kuliner Malam Semarang - Nasi Kucing Pak Gik © Diadona

Kuliner malam rasanya kurang lengkap jika belum makan angkringan. Di Semarang, ada angkringan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1960-an.

Angkringan ini menjual beragam masakan yang masih fresh titipan para tetangga Pak Gik. Makanya nih sampai pagi pun stoknya akan terus ada dan baru. Menu utamanya adalah nasi kucing, dengan lauk seperti pindang, ati ampela, rica ayam, telur, hingga kering tempe. Tersedia juga aneka gorengan dan sate beserta minuman pendampingnya.

Nasi kucing Pak Gik ini bertempat di Jalan Inspeksi Sekayu, Gajah Mada, tepatnya di pinggir Kali Inspeksi dengan konsep lesehan.

Jam operasional : setiap hari pukul 20.00 - 03.00

Kisaran harga menu : mulai Rp. 3.000  

8. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Kuliner Malam Semarang- Tahu Gimbal Pak H. Edy © Diadona

Olahan tahu yang satu ini dikenal dengan nama tahu gimbal. Di Semarang, salah satu yang paling legendaris dan autentik adalah tahu gimbal milik Pak H. Edy yang pada banner-nya terpampang foto wajah sang pemilik.

Namun uniknya nih di lokasi yang sama ada kurang lebih delapan warung tahu gimbal yang menggunakan nama 'Edi'. Hal ini sempat menimbulkan polemik sampai dibawa ke jalur hukum lho!

Dalam satu porsi tahu gimbal Pak H. Edy terdiri dari lontong atau nasi, gimbal atau bakwan udang, tahu goreng, irisan kol, telur ceplok (opsional), dan kerupuk. Kemudian dilengkapi dengan siraman saus kacangnya.

Seberapa jauh tempatnya dari Simpang Lima Semarang? Hanya 600 meter kok! Kamu bisa berjalan-jalan menikmati kota Semarang untuk menyantap kuliner malam ini.

Waktu operasional : setiap hari pukul 10.30 - 21.30

Kisaran harga menu : Rp. 20.000

3 dari 5 halaman

9. Es Puter Cong Lik

Kuliner Malam Semarang - Es Puter Cong Lik © Diadona

Salah satu kuliner paling ekonik dan bisa jadi ide kulineran malam di Semarang kalil ini adalah Es Puter Conglik. Rasa segarnya didapat dari perpaduan santan dan pandan dengan isian melimpah khas es puter. 

Es puter ini punya empat varian rasa diantaranya coklat, aplukat, durian dan kelapa. Menjelang bulan puasa, variannya lebih beraneka. Kalau kamu sulit menemukannya, tepatnya terletak persisi di sebelah Rumah Sakit Telogorejo, tak jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang.

Jam operasional : Setiap hari pukul  16.00–22.00

Kisaran harga menu : mulai Rp. 20 ribu tergantung topping.

10. Nasi Pecel Mbok Sador

Kuliner Malam Semarang - Nasi Pecel Mbok SAdor © Diadona

Sekilas, nasi pecel legendaris ini tampak sama dengan nasi pecel lainnya. Tapi kuliner malam Semarang ini terasa beda dengan kehadiran daun pepaya yang jadi ciri khasnya. Namun rasa pahit daun pepaya ini justru jadi kombinasi yang sempurna dengan rasa pedas sambal kacangnya.

Waktu operasional : Setiap hari pukul 16.00 - 22.00 

Kisaran harga menu : mulai Rp. 9.500

11. Nasi Ayam Bu Sami

Kuliner Malam Semarang - Nasi Ayam Bu Sami © Diadona

Selain bu Widodo, ada juga nih menu nasi ayam bu Sami sebagai kuliner malam Semarang yang nggak boleh kamu lewatkan. Nggak cuma menyediakan nasi ayam, warung ini juga punya menu lain seperti ceker, sate ati ampela, sate usus, sate babat, dan menu lain bagian dari tubuh ayam yang bisa diolah.

Usaha keluarga yang udah berdiri sejak 1975 ini adalah salah satu ikon Kota Semarang yang nggak boleh kamu skip. Bagi kamu yang ingin mengunjungi kuliner malam Semarang satu ini kamu bisa melipir ke Kawasan Pujasera Simpang Lima Semarang.

Waktu operasi : Setiap hari pukul 23.00 -06.00 pagi

Kisaran harga menu : Rp. 12.000 

12. Bakmi Jawa Pak Ateng

Kuliner Malam Semarang - Bakmi Jawa Pak Ateng © Diadona

Kuliner yang terdiri dari mie, telur, dan suwiran ayam kampung ini masih dimasak dengan menggunakan tungku arang tradisional. Nggak cuma menyajikan bakmi, di sini juga menyediakan menu lain. Mulai dari Mie Godog, Mie Goreng, Nasi Goreng, hingga Nasi Ruwet juga bisa kamu nikmati.

Lokasinya ada di di dekat SPBU Ki Mangunsarkoro.

Waktu operasional : setiap hari mulai pukul 18.00 - 23.00

Kisaran harga menu : Rp. 15.000

13. Warung Kaligarong

Kuliner Malam Semarang- Warung Kaligarong © Diadona

Kamu bisa merasakan berbagai makanan khas Indonesia di rumah makan yang satu ini. Salah satu menu andalan dari Warung Kaligarong adalah Bebek Goreng Sambal Mangga Muda. Dengan sekali gigit, daging bebek yang empuk dan lembut siap memanjakan lidahmu.

Warung Kaligarong sangat cocok untuk dikunjungi jika kamu berlibur ke Semarang bersama keluarga. Kalian bisa menikmati berbagai macam lauk, mulai dari bebek goreng, ayam, gurame, atau cumi dengan berbagai pilihan sambal. Lokasinya tak jauh dari kawasan Simpang Lima kok.

Waktu operasional : setiap hari pukul 10.00 sampai 20.00

Kisaran harga menu : mulai Rp. 15.000

4 dari 5 halaman

14. Wedang Kacang Kapuran

Kuliner Malam Semarang- Wedang Kacang Tanah Kapuran © Diadona

Kalau kamu ingin menjajal kudapan manis untuk kuliner di malam hari, Wedang Kacang Kapuran siap untuk memanjakan lidahmu. Warung wedang yang sudah melegenda sejak 1975 ini. Kalau berkunjung ke warung satu ini, kamu harus rela duduk berdesakan agar bisa mencicipi seporsi wedang kacang yang legit.

Sebagai variasi, warung ini nggak cuma menyajikan menu wedang untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Berbagai varian es untuk menyegarkan tubuh di siang hari juga tersedia di Wedang Kacang Kapuran.

Jam operasional : Senin - Sabtu pukul 14.30 - 22.00 

Kisaran harga : mulai Rp. 11.00

15. Seafood Pak Jari

Kuliner Malam Semarang - Seafood pak Jari © Diadona

Menyantap hidangan seafood di malam hari ditemani dengan sepiring nasi hangat pasti akan menggugah selera makan kamu. Dan bila itu di Semarang, Seafood pak Jari adalah tempatnya.

Terdapat beragam pilihan seafood mulai dari udang, kerang dara, kerang srimping, kerang hijau, cumi, kepiting, kerapu, gurame, lele, dan bawal. Kamu juga akan disuguhkan banyak pilihan saus seperti saus asam manis, saus mentega, saus padang, kuah pedas, lada hitam, dan rica-rica. Menu andalah yang wajib kamu coba adalah srimping saus padang dan kepiting saus padat.

Jam operasional : Setiap hari pukul 14.30 - 22.00

Kisaran harga menu :  Rp20.000 sampai Rp200.000

5 dari 5 halaman

16. Bakmi Jowo Pak Rebi

Bakmi Jowo Pak Rebi ini masuk sebagai jajaran warung makan yang populer di kalangan masyarakat daerah Semarang. Racikan bumbu yang khas membuat semua orang ketagihan untuk terus mencoba varian bakmi kuah dan keringnya.

Bukan cuma bakmi, Warung Pak Rebi ini juga menjual menu-menu lain, seperti nasi goreng, bihun godog dan goreng, serta nasi ruwet, yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk tiap porsinya, yaitu 15 hingga 20 ribuan saja. Lokasinya ada di Jalan Wonodri Baru Raya Nomor 8, Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00–24.00 WIB

Kisaran harga: Rp15.000–Rp20.000

17. Bandeng Juwana Elrina

Bandeng Juwana Elrina © Diadona

Berlokasi di Jalan Pamularsih Raya Nomor 70, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Bandeng Juwana Elrina sudah lama menjadi pusat oleh-oleh khas Semarang yang kerap dituju atau dikunjungi oleh masyarakat luar daerah.

Tempat yang sudah berdiri sejak 1980-an ini menjual beragam jenis oleh-oleh, baik yang berbahan dasar bandeng maupun tidak. Produk utama yang diunggulkan di sini adalah bandeng duri lunak yang diolah dari bandeng segar pilihan berkualitas tinggi. Selain itu, ada juga otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng bakar, wingko, aneka kerupuk dan keripik, dan sebagainya.

Di lantai dua, kamu juga bisa mampir ke Waroeng Bandeng Juwana untuk menikmati olahan bandeng yang lebih variatif seperti gule, tongseng, tauco, bahkan sate. 

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00–21.00 WIB

Kisaran harga: Rp170.500–Rp188.500

18. Pisang Plenet Pak Yuli

Pisang Plenet Pak Yuli, Kuliner Malam di Simpang Lima Semarang © Diadona

Berkunjung ke Semarang yang populer dijuluki sebagai Kota Lumpia ini rasanya kurang afdol jika nggak mampir ke Pisang Plenet Pak Yuli. Bertempat di seberang Hotel Chanti, Jalan Gajahmada Nomor 13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, olahan pisang ini hampir tidak pernah sepi pengunjung tiap harinya, bahkan sejak tahun 1970 silam.

Penggunaan pisang kepok sebagai bahan dasar menjadi ciri khas yang membuat Pisang Plenet Pak Yuli ini beda dari lainnya. Cara pembuatannya pun unik, yaitu dibakar sebentar, dipipihkan dan diberi isian sesuai selera (gula putih, gula halus, atau susu), lalu dibakar lagi sampai matang selama 15–20 menit. Selai nanas merupakan topping favorit pelanggan, tetapi tersedia juga varian lain seperti cokelat, keju, dan kacang.

Diazens juga nggak perlu khawatir karena harga per porsinya sangat terjangkau dengan topping melimpah, yaitu antara 6–8 ribuan saja.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 17.00–24.00 WIB

Kisaran harga: Rp6.000–Rp8.000 tiap porsi 

Walaupun merupakan kuliner malam Semarang, tapi es puter di atas kayaknya seger banget deh. Kalau menurutmu?

Editor : Dias Nailah A., Shellta Zanneti Mallarangi

Beri Komentar