18 Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Recomended

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 11 Januari 2020 13:37
18 Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Recomended
Jakarta nggak cuman punya macet atau gedung tinggi aja kok. Jakarta juga punya sederet kuliner yang top markotop.

Jakarta seakan tak pernah tidur, selalu berkembang dengan berbagai hal yang menyelimutinya. Dibalik hiruk-pikuk kotanya yang seakan tak pernah mati, Jakarta menyediakan kuliner yang unik. Kenapa unik? karena Jakarta jadi salah satu kota dengan jumlah keberagaman paling tinggi di Indonesia. Keberagaman inilah yang juga mempengaruhi cita rasa kuliner disana.

1 dari 4 halaman

Kuliner Legendaris Jakarta

Selain menjadi pusat perekonomian negara Indonesia, Jakarta juga menyimpan banyak kuliner legendaris yang bisa kamu temui di setiap sudut kotanya. Hal ini tak bisa lepas dari sejarah panjang Jakarta sebagai Ibukota negarea Indonesia. Nah, simaklah beberapa info menarik tentang kuliner legendaris Jakarta berikut ini.

1.Kuliner Legendaris Jakarta Sate dan Sop Kambing H.Mansyur

Ilustrasi Sate Kambing H Mansyur © Diadona

Kuliner Legendaris Jakarta yang pertama adalah Sate dan Sop Kambing H.Mansyur. Kalau ngobrolin masalah daging kambing, maka jangan sampai lewatkan warung legendaris di Jakarta satu ini. Sate dan Sop Kambing H.Mansyur menyediakan menu olahan daging seperti sate kambing, sop kambing, dan sate ayam. Bagi kamu yang sedang berlibur di Jakarta, wajib banget buat nyobain kuliner legendaris Jakarta satu ini. Dijamin deh, rasanya maknyus banget. Harga menu makanan di warung ini, berkisar antara 40 sampai 50 ribu rupiah. Penasaran? langsung saja datangi alamat di Jalan KH Abdullah Syafei RT 12/RW 9, Bukit Duri.

2.Kuliner Legendaris Jakarta Gado-Gado Bonbin

Ilustrasi Gado-gado Bonbin © Diadona

Gado-Gado Bonbin merupakan kuliner legendaris Jakarta yang pas untuk mengisi perut pada pagi hari. Makanan favortt disini adalah asinannya. Jadi, selain memesan gado-gado ada baiknya kamu mencoba asinan untuk dinikmati bersama teman atau keluarga di resto yang buka mulai pukul 10.00-17.00. Ada menu lain yang bisa kamu coba kalau kamu tak terlalu suka dengan gado-gado, kamu bisa coba mie ayamnya yang juga terkenal lezat. Siapkan kocek sebesar 100 ribu rupiah untuk bisa menikmati lezatnya menu makanan disini. Bagi kamu yang ingin mampir ke resto ini, silahkan datang ke alamat di Jalan Cikini 4 No 5, Jakarta Pusat.

3.Kuliner Legendaris Jakarta Soto Betawi H.Ma'ruf

Ilustrasi Soto Betawi H Ma'ruf © Diadona

Kalau kamu sedang jalan-jalkan di kawasan Taman Ismail Marzuki, cobain deh kuliner legendaris Jakarta satu ini. Sebagai kuliner legendaris sejak tahun 90 an resto ini tetap mempertahankan cita rasa khasnya. Menu lain yang bisa kmau coba di resto ini adalah laksa dan sate betawi. Siapkan uang sekitar 30 sampai 50 ribu rupiah, unutk bisa menebus lezatnya cita rasa makanan ini. Kuliner legendaris Jakarta ini buka mulai pukul 09.00-23.00, dan beralamat di Jalan Cikin Raya No.73 Jakarta Pusat.

4.Kuliner Legendaris Jakarta Mie Ayam Gondangdia

Ilustrasi Mie Ayam Gondangdia © Diadona

Salah satu resto mie ayam dengan rasa juara ini sudah banayak menjadi rujukan kuliner legendaris Jakarta. Gimana enggak? Disini, kamu bisa menemukan rasa mie ayam yang bedadari yang lain. Selain itu, kamu bisa juga lho mencicipi menu makanan lain, totoal ada 20 jenis menu makanan yang bisa kamu coba disini. Untuk hargaanya, nggak usah terllau dibikin pusing, menu yang ada disini dibanderol dengan kisaran harga 20 sampai 50 ribu rupiah. Cukup murah bukan? Kuliner legendaris Jakarta satu ini berada dai Jalan Cikini IV No.12A

5.Kuliner Legendaris Jakarta Gandy Steak House

Ilustrasi Gandy's Steak House © Diadona

Kelewatan banget bagi kamu yang ngakunya pecinta steak, tapi melewatkan kuliner legendaris Jakarta satu ini. Apalagi Gandy Steak House nggak cuman nawarin steak y6ang yummy banget, suasana ruangan yang vintage cocok banget buat makan bareng pasangan disini. Ditambah lagi, restoran ini punya lima cabang di penjuru kota Jakarta.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Jakarta

Bukan cuman dikelilingi dengan gedung bertingkat dan kendaraan yang macet saja, Jakarta juga dikelilingi banyak wisata kuliner yang nggak kalah enak cita rasanya dengan daerah lain. Sebagai salah satu kota dengan tinkat keberagaman tingii, Jakarta menawarkan seribu macam ragam rasa yang bisa kamu coba di setiap sudut kotanya. Sayang banget dong kalau dilewatkan gitu aja. Lalu, apa saja wisata kuliner Jakarta yang wajib kamu coba? Berikut informasinya untukmu.

1.Wisata Kuliner Jakarta Bakmi Gang Kelinci

Ilustrasi Bakmie Gang Kelinci © Diadona

Wisata kuliner pertama ini cocok buat kamu yang doyan banget makan bakmi. Cobain deh kelezatan rasa Bakmi Gang kelinci. Tak usah bingung mencari, ada 11 cabang terdekat yang bisa kamu pilih sesuai dengan lokasimu. Tapi, yang paling terkenal ada di daerah Pasar Baru, Blok M, Wijaya, dan Semanggi.

Menu yang paling dicari di tempatr wisata kuliner Jakarta satu ini adalah Bakmi spesial AK yang bisa kamu santap dengan harga Rp.24.000. Layaknya senjata AK47 yang mematikan Bakmi spesial AK ini juga langsung bikin kamu klepek-klepek kalau kamu mencobanya. Nah, langsung datang aja ke alamat masing-masing resto pada jam 07.00-09.00

2.Wisata Kuliner Jakarta Bubur Kwang Tong

Ilustrasi Bubur Kwang Tong © Diadona

Geser ke wisata kuliner Jakarta yang bisa dijadikan santapan pengganjal perut, tepatnya Bubur Kwang Tong. Tak hanya punya satu tempat, tempat wisata kuliner Jakarta satu ini sudah buka 3 cabang yang terletak di Pecenongan, Senopati, dan Kelapa Gading. Tempatnya cocok banget buat mengisi perut saat sarapan. Nah, cobain deh salah satu nenu favorit yang ada disini, yaiti Bubur Ayam Spesial. Bubur ayam disini lain dari yang lain, karena nggak cuman punya tekstur bubur yang lembut dan gurih, Bubur Kwang Tong juga memanjakan pengunjungnya dengan topping yang melimpah ruah. Tempat wisata kuliner satu ini buka 24 jam, jadi kamu nggak usah khawatir buat menentukan kapan kamu mau kesini.

3.Wisata Kuliner Jakarta Roti Bakar Eddy

Ilustrasi Roti Bakar Eddy © Diadona

Perut keroncongan pas malam hari? Roti Bakar Eddy bisa jadi menu yang pas buat mengganjal perut. Alamatnya ada di Jalan Raden Patah No.11. Jam bukanya pukul 06.30-02.30, pas banget jadi tempat nogkrong bareng temen-temen sepulang lerja.

Tak cuman bisa menikmati roti bakar spesial dengan cita rasa yang istimewa, kamu juga bisa mencicipi menu lain seperti sate ayam hingga nasi goreng. Harga perporsi yang ada di tempat wisata kuliner ini berkisar antara 12 sampai 25 ribu rupiah. Murah banget kan?

4.Wisata Kuliner Jakarta Soto Padang 

Ilustrasi Soto Padang H.St. Mangkuto © Diadona

Dari dulu kelezatan masakan minang memang sudah terkenal banget. Selain ada menu masakan rendang, sambal balado, dan gulai, masakan minang juga terkenal dengan soto nya yang rancak bana. Namanya jelas Soto Padang.

Nah, salah satu rempat wisata kuliner Jakarta yang menyediakan Soto Padang yaitu Soto Padang H. St. Mangkuto yang beralamat di Jalan Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Asal kamu tahu ya, tempat wisata kuliner Jakarta satu ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Soto Padang yang ada di tempat wisata kuliner Jakarta ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar. Kalau rasanya masih kurang mantap, kamu bisa mencampurkan sambal ke dalam soto agar terasa lebih sedap.

5.Wisata Kuliner Jakarta Pondok Djaja

Ilustrasi Pondok Djaja © Diadona

Nah, satu lagi tempat wisata kuliner Jakarta yang menyajikan menu masakan minanng sebagai menu andalannya, namanya Pondok Djaja. Pondok Djaja diklaim sebagai warung masakan padang pertama yang ada di Jakarta. Seperti nama warung maakan ini, cita rasa olahannya yang khas seperti selalu jaya sampai sekarang. Gimana nggak? tempat wisata kuliner Jakarta satu ini dimasak oleh sang empunya, yaitu istri dari Pak Sjoffian Chaedir yang kini berusia 85 tahun. Gimana? udah nggak sabar buat mencobanya?

3 dari 4 halaman

Kuliner Malam Jakarta

Buat kamuyang sering kelaparan tengah malam atau suka ngemil saat malam hari, wisata kuliner malam pasti jadi aktifitas yang seru. Nah, kalau kamu kebetulan sedang di Jakarta dan perut keroncongan saat tengah malam cobain deh beberapa rekomendasi wisata kuliner malam Jakarta.

1.Kuliner Malam Jakarta Gultik alias Gulai Tikungan

Ilustrasi Gulai Tikungan © Diadona

Ini dia jawaban dari rasa lapar tengah malam kamu, langsung aja datang ke Gulti alias Gulai tikungan yang ada di Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Selatan. Sesuai namanya, kuliner malam Jakarta satu ini dijual di tikungan jalan. Bahakn sudah ramai sejak tahun 1980-an. Kalau udah nyobain satu porsi Gultik, kamu bakal ketagihan dan mau nyoba lagi. Nggak usah pusing maslaah harga harga, Gultik ini bisa kamu nikmati hanya dengan harga 12 ribu rupiah.

2.Kuliner Malam Jakarta Sate Padang Aju Ramon

Ilustrasi Sate Padang Aju Ramon © Diadona

satu lagi kuliner malam Jakarta yang wajib kamu coba. Cabangnya pun udah banyak, diantaranya ada di daerah Gunung Sahari, Cikajang Raya, ataupun Pejaten Raya. Jadi nggak usah bingung-bingung ya kalau mau nyobain kuliner malam Jakarta satu ini. Sate Padang Ajo Ramon ini akan lebih mantap kalau ditambahkan raburan keripik renyah plus kuah kental yang gurih khas masakab minang. Bayanginnya aja udah bikin ngiler ya.

3.Kuliner Malam Jakarta Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Ilustrasi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih © Diadona

Kuliner malam Jakarta satu ini menyajikan menu nasi goreng yang beda dari nasi goreng lainnya. Proses maaknya aja langsung dalam wajan penggorengan besar dalam porsi yang sangat besar pula. Paduan cita rasa bumbunya yang pas, daging kambing yang nikmat semuanya jadai satu dan bikin nasi goreng kambing kebon sirih ini nendang banget di mulut. Penasaran? langsung aja datangi kedainya di kawasan Kebon Sirih sejak 4 sore sampai jam 2 dini hari.

4.Kuliner Malam Jakarta Sate Taicahn Senayan

llustrasi Sate Taichan Senayan © Diadona

Lelah habis olahraga di Stadion GBK? langsung aja datang ke Sate Taichan di kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat. Menjelang malam hari kawasan ini disulap dengan penjaja sate taichan. Namun, Sate Taicahn paling laris disini adalah Sate Taicahn Bang Ocit.

Para pecinta sate taichan rela antre demi bisa menyantap seprsi sate taichan satu ini. Bahkan, konon katanya Sate Taichan Bang Ocit ini jadi pelopor sate taichan di Jakarta. Harga seporsi sate taichan ini hanya 25 ribu rupiah saja, murah banget untuk ukuran kelezatan rasa yang istimewa ini, Tunggu apa lagi? Langsung gas cobain aja.

5.Kuliner Malam Jakarta Jalan Sabang

Ilustrasi Kuliner Jalan Sabang © Diadona

Tak jauh dari Monas, tepatnya di Jalan Sabang juga terdapat salah satu kawasan wisata kuliner malam Jakarta yang tak kalah menarik. Jika siang hari jalan ini akan penuh dengan hiruk-pikuk kendaraan, pada malam hari di pinggiran jalan Sabang akan dipenuhi dengan tenda-tenda pedagang makanan.

Mulai dari nasi goreng, sate madura, soto ayam, hingga beragam hidangan seafood bisa Toppers temukan dijajakan di tempat ini.

4 dari 4 halaman

Kuliner Jakarta Selatan

Sebagai salah satu daerah di Jakarta yang selalu ramai dengan hiruk-pikuknya, Jakarta Selatan bisa jadi destinasi kuliner yang menarik. Apalagi, Jakarta Selatan selalu jadia landmark hypebeast khas anak Jakarta. Orang akan akrab dengan kalimat seperti " Wagelaseh" , " Parah banget" begitu menginjakan kaki di kawasan ini. Nah, apa aja sih kuliner Jakarta Selatan yang wajib kamu coba?

1.Kuliner Jakarta Selatan Sop Buntut Ibu Samino

Ilustrasi Sop Buntut Ibu Samino © Diadona

sop buntut yang pas banget jadi salah satu kuliner Jakarta Selatan yang bisa kamu coba kapanpun kamu mau. Sop buntut disini punya rasa lain dari yang lain, sajian sop buntut bu samirno ini punya cita rasa yang gurih, bumbu yang kental, dan sambal yang mantap. Ada begitu banyak menu sop buntut yang disediakan disini, kamu bisa nyobain menu sop buntut goreng sampai sop buntut balado. Kesemuanya punya rasa nendang abis begitu masuk di mulut.

2.Kuliner Jakarta Selatan Bebek Kaleyo

Ilustrasi Bebek Kaleyo © Diadona

Ini dia kuliner Jakarta Selatan bagi para pecinta oalahan bebek. Waung dengan menu bebek paling diburu seantero Jakarta Selatan. Menu andalan di tempat kuliner Jakarta Selatan ini adalah bebek muda rica, bebek muda kremes, dan bebek muda cabe ijo. Kebayang dong rasa daging bebek ricanya yang empuk, lalu renyahnya daging bebek kremes, sampai hotnya daging bebek sambal ijo. Jauara banget deh rasanya. Daripad makin penasaran, mending langsung aja datang ke alamatnya di Jalan KH Abdullah syafei nomor 49 , Tebet, Jakarta Selatan.

3.Kuliner Jakarta Selatan Seafood Santa 68

Ilustrasi Seafod Santa 68 © Diadona

Kalau tadi udah bahas tentang kuliner Jakarta Selatan bagi para pecinta daging bebek, sekarang saatnya bagi para pecinta seafood. Bagi kamu yang ngaku doyan banget sama seafood, wajib banget buat nyobain kuliner Jakarta Selatan satu ini, Seafood Santa 68 namanya. Kenapa restoran seafood ini jadi favorti? karena disini menyediakan bahan yang segar dan cara mengolah yang dipadu bumbu lezat. Langsun pilih aja bahan masakan seperti ikan, udang, cumi, hingga kepiting yang tersedia di tempat kuliner Jakarta Selatan satu ini. Kalau berniat buat mencobanya, kamu bisa datang ke alamat di Jalan Wolter Monginsidi nomor 58 Senopati, Jakarta Selatan.

Jadi mau nyobain kuliner yang aman dulu? tulis jawabannya di koom komentar ya.

Beri Komentar