13 Manfaat Tauge yang Dikonsumsi Mentah Bagi Pria dan Wanita

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 3 Mei 2021 15:38
13 Manfaat Tauge yang Dikonsumsi Mentah Bagi Pria dan Wanita
Makan tauge ternyata bisa membantu kamu menurunkan berat badan juga, lho

Manfaat tauge cukup mengesankan, lho. Bahkan untuk pria dan wanita memiliki khasiat yang baik. Tauge ini sendiri cukup mudah untuk dikembang biakan. Kamu hanya perlu wadah dan kapas yang sudah dibasahi dan tidak perlu tanah. Kemudian, kamu menaburkan biji-bijian di atas permukaan kapas yang sudah basah itu. 

Setelah itu, tunas akan muncul pada permukaan biji-bijian itu. Nah, tunas itulah yang disebut tauge dan bisa dikonsumsi oleh tubuh kamu. Walaupun hanya tunas seperti itu, mereka memiliki kandungan nutrisi yang patut diacungi jempol, lho. Untuk itu, apa saja manfaat tauge yang perlu kamu ketahui?

1 dari 3 halaman

Manfaat Tauge bagi Pria

Manfaat Tauge © Diadona

Mengatur Kepadatan Tulang

Manfaat tauge mengandung vitamin K yang memainkan peran penting dalam mengatur kepadatan mineral tulang dalam tubuh. Selain itu vitamin K dalam tauge dapat memastikan bahwa kandungan mineral tetap pada tingkat yang tepat dalam darah. Mineral tambahan, seperti mangan dan seng, juga membantu mencegah osteoporosis dan membangun tulang yang kuat.

Menyeimbangkan Tingkat Kolesterol

Manfaat tauge apabila dikonsumsi dapat menyeimbangkan kadar kolesterol. Kandungan seratnya dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dan mengurangi plak di arteri dan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mempercepat Penyembuhan

Manfaat vitamin K dan C keduanya memiliki peran penting dalam penyembuhan. Vitamin K berfungsi dalam pembekuan darah, menyembuhkan luka dan menurunkan risiko terpapar infeksi. Sedangkan vitamin C, diperlukan untuk menghasilkan kolagen, senyawa dasar yang membentuk jaringan sel, otot, dan pembuluh darah. 

Meningkatkan Jumlah WBC

Manfaat tauge bagi pria bisa meningkatkan sejumlah besar vitamin C dan konsentrasinya meningkat. Hal ini dapat membantu merangsang produksi sel darah putih oleh sistem kekebalan kamu. Selain efek antioksidan dari vitamin C, yang akan membantu mengurangi stress dan radikal bebas pada seluruh tubuh.

Meningkatkan Pencernaan

Kaya akan serat, manfaat tauge direkomendasikan untuk pria dan wanita. Hal ini kandungan seratnya menyebabkan pencernaan lebih efisien karena dapat membantu mengeluarkan feses dan meningkatkan gerakan peristaltik. Hal itu juga akan meredakan perut kembung serta gejala sembelit dan diare.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Tauge untuk Wanita

Manfaat Tauge © Diadona

Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Tauge mengandung asam folat yang dapat membantu ibu hamil menghindari cacat tabung saraf. Selain itu, manfaat tauge lainnya adalah kaya akan vitamin yang bagus untuk wanita hamil.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat tauge mengandung vitamin B yang merupakan kandungan yang dapat meningkatkan metabolisme. Vitamin B dalam ratusan proses dalam tubuh mengandung sirkadian, hormon, dan enzim.  Selain itu pastikan bahwa kamu juga  tidak kekurangan riboflavin, asam pantotenat, folat, niacin, dan thiamin. Kandungan-kandungan tersebut terkandung dalam tauge.

Perawatan Kulit

Kadar antioksidan dari tauge lebih tinggi dari kacangnya itu sendiri. Sehingga manfaat tauge yang mengandung senyawa fenolik dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di seluruh tubuh. Antioksidan ini juga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan dan bekas luka dan mampu meningkatkan elastisitas kulit agar kamu terlihat lebih muda.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat tauge ternyata bisa dibuat untuk menurunkan berat badan. Jumlah kalori tauge sangat rendah yang mana dapat dijadikan suatu pilihan yang sehat untuk berbagai jenis makanan. Kandungan serat dalam tauge juga membantu menghindari mengonsumsi makan berlebihan dan mampu merangsang perasaan kenyang. Perasaan kenyang yang dihasilkan dari serat tauge ini bisa membantu menurunkan berat badan, lho.

Dapat Mengurangi Kecemasan dan Stress

Kandungan vitamin C, seng dan magnesium dalam tauge memiliki manfaat dalam mengurangi kecemasan dan stress. Menurut penelitian kandungan-kandungan yang terdapat dalam tauge inti mampu menyeimbangkan suasana hati, menghilangkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur dan bioflavonoid yang ada di dalamnya juga memiliki kualitas penghilang stres

Membangun Kekebalan Tubuh

The Chemistry Central Journal, mengklaim bahwa tauge seperti tauge mengandung flavonoid yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kekebalan yang kuat akan membantu menangkal infeksi dan membuat badan kita terlindungi dari banyak penyakit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Makan Tauge Mentah

Manfaat Tauge © Diadona

Mencegah Gangguan Menstruasi

Deoksidasi adalah kandungan yang terdapat dalam tauge mentah. Manfaat tauge mentah ini dapat meningkatkan aliran darah untuk dihindari dan juga menetralisir faktor yang membantu munculnya penyakit. Jika kamu sering mengonsumsi toge sebelum periode bulanan, maka dapat membantu menghindari masalah.

Mengobati Masalah Anemia

Manfaat tauge bisa mengatasi anemia. Masalah anemia kaya akan zat besi yang penting untuk membantu membentuk hemoglobin pada sel darah merah. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang membantu untuk mengurangi kemungkinan terjadi anemia.

Vitamin C dalam tauge mentah juga berperan penting mendorong penyerapan zat besi melalui usus. Manfaat tauge mentah diklaim mampu mengobati anemia yang sering terjadi ketika kita sedang kelelahan.

Manfaat tauge mentah untuk pria dan wanita sangat bagus, ya. Dan ternyata khasiat tauge sendiri lebih bagus ketimbang kacang-kacangnya itu sendiri, lho.

Beri Komentar