15 Manfaat Kapulaga, Rempah-rempah yang Bagus untuk Kesehatan Pria

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 29 April 2021 16:13
15 Manfaat Kapulaga, Rempah-rempah yang Bagus untuk Kesehatan Pria
Kapulaga, rempah-rempah dengan segudang manfaat

Manfaat kapulaga tidak hanya berfungsi sebagai bahan masakan tetapi juga bisa sebagai obat. Kapulaga ini termasuk ke dalam rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman yang berbeda. Namun, kapulaga termasuk ke dalam famili yang sama dengan jahe. Kapulaga sendiri memiliki rasa yang khas yaitu manis dan gurih. 

Sebelum berbicara ke manfaatnya, ada baiknya kita cari tahu seperti apa bentuk kapulaga itu. Buah kapulaga ini berwarna merah dan berbentuk bulat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau kapulaga ini termasuk ke dalam famili jahe, jadi membuat kapulaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, untuk mengetahui manfaat kapulaga sendiri, artikel ini akan membahas manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh hingga kesehatan pria. Simak baik-baik ya!

1 dari 3 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Pria

Manfaat Kapulaga © Diadona

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat kapulaga untuk pria  yang jarang diketahui dapat membantu melawan bakteri di mulut, penyebab umum bau mulut, gigi berlubang dan penyakit gusi.  Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga ternyata efektif dalam mengganggu bakteri yang dapat memicu penyakit gusi atau infeksi. 

Menjaga Kesehatan Hati

Kapulaga memiliki sifat detoksifikasi yang penting dan dibutuhkan oleh pria. Manfaat kapulaga untuk pria memberikan efek yang baik untuk hati karena dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Terdapat penelitian dengan responden seseorang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol yang kelebihan berat badan atau obesitas dan mengonsumsi kapulaga mengalami peningkatan penanda kesehatan hati.

Membantu Seksualitas Pria

Manfaat kapulaga untuk pria adalah membantu mengatasi permasalahan seperti ejakulasi dini. Kapulaga memiliki sifat afrodisiak yang ternyata mampu meningkatkan gairah seksual dan mencegah ejakulasi dini hingga penyakit impotensi.

Mengurangi Depresi

Manfaat kapulaga memiliki bau aromatik yang menyenangkan. Sehingga, kapulaga memiliki manfaat untuk pria dalam membantunya untuk mengurangi beban mental, depresi dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pria biasanya lebih banyak melakukan aktivitas diluar dari pada wanita. Maka dari itu, pria membutuhkan nutrisi untuk kesehatan tulangnya. Salah satu manfaat kapulaga untuk pria adalah menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kandungan vitamin C dan mangan mampu membuat semua itu bisa terjadi. Kepadatan tulang bisa menghindarkan tubuh dari penyakit osteoporosis.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kapulaga dan Cara Pengolahannya

Manfaat Kapulaga © Diadona

Kapulaga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kapulaga adalah sebagai obat batuk dan pilek. Cara mengolahnya pun bebas disesuaikan dengan kebutuhan. Kali ini, Diadona akan menunjukkan cara mengolah kapulaga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Lada dengan Kapulaga

Dalam mengolah kapulaga ini, kamu membutuhkan 2 buah kapulaga, 2 cengkeh, 2 merica dan setengah inch batang kayu manis. Masukkan semua bahan kedalam air yang sudah direbus hingga mendidih. Kemudian setelah setengah jam, kamu bisa menyaring airnya.

Kapulaga dengan Teh Hitam

Kamu hanya membutuhkan 2 buah kapulaga yang perlu kamu rebus ke dalam air mendidih. Tambahkan daun teh atau 1 kantong teh hitam dan biarkan hingga mendidih. Setelah agak dingin kamu bisa menyaringnya.

Kapulaga Dicampur dengan Susu

Hancurkan 2 buah kapulaga dan masukkan ke dalam air yang mendidih. Setelah itu kamu perlu menambahkan daun teh, susu dan jahe. Jika kamu ingin menambahkan rasa manis ada baiknya menggunakan madu daripada gula.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Manfaat Kapulaga © Diadona

Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Manfaat kapulaga untuk kesehatan pria ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Fungsi dari antioksidan ini untuk membantu menyembuhkan pilek dan batuk serta masalah pernapasan tertentu. 

Membantu Pencernaan Tubuh

Kapulaga memiliki aroma yang kuat sehingga dapat mengaktifkan rasa dan elemen sensorik yang mana dapat membantu sistem pencernaan. Kapulaga baik untuk menyembuhkan masalah perut sebagai gangguan pencernaan, gas dan sembelit. Selain itu kapulaga mengandung bahan kimia yang diketahui dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui usus.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan sirkulasi darah bisa kamu dapatkan dari kapulaga. Manfaat kapulaga dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, terutama paru-paru sehingga sering digunakan sebagai obat alami.

Mengatur Kadar Gula Darah

Kapulaga memiliki dua jenis yaitu kapulaga hijau dan kapulaga hitam. Manfaat kapulaga hitam ini sering disebut sebagai obat yang efektif untuk mengobati kadar gula darah tinggi. Hal itu karena kapulaga kaya akan kandungan mangan yang membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kapulaga yang memiliki sifat panas mampu membantu menurunkan berat badan. Selain itu manfaat kapulaga dapat meningkatkan metabolisme energi dan membantu tubuh untuk membakar lemak secara lebih maksimal.

Membantu Menangani Masalah Tidur

Kapulaga memiliki aroma yang enak dan manis. Minyak esensialnya dari kapulaga bisa membantu kamu mengatasi masalah tidur seperti insomnia, gelisah, dan kecemasan.

Manfaat kapulaga untuk kesehatan pria ini sangat bagus. Tumbuhan yang cenderung masuk ke dalam rempah-rempah ini manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh tidak lah main-main. 

Beri Komentar