18 Manfaat Ayam Mulai dari Daging, Telur, Ceker, Hingga Hati

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 30 April 2021 17:12
18 Manfaat Ayam Mulai dari Daging, Telur, Ceker, Hingga Hati
Tinggi protein, ayam bisa bantu kamu penuhi jumlah protein harian kamu, lho

Manfaat ayam mulai dari daging, telur hingga kakinya pun bisa dikonsumsi dan diolah menjadi makanan yang beraneka ragam. Dibandingkan dengan daging sapi, daging ayam jauh lebih murah dan terjamin kandungan proteinnya yang bagus untuk menambah massa otot. 

Daging ayam (85g) memiliki kalori sebesar 128 dan protein sebesar 26 g. Protein sebesar itu sudah cukup untuk memenuhi protein harian kamu, lho. Daging ayam sudah murah, dapat kandungan nutrisi yang tidak kalah dari daging sapi. 

Untuk itu, kamu tidak perlu ragu lagi konsumsi ayam sebagai menu makanan kamu. Karena manfaat ayam sangat banyak. Kamu bisa simak artikel ini untuk mengetahui manfaat ayam, mulai dari daging hingga kakinya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daging Ayam

Manfaat Ayam © Diadona

Membantu Membangun Otot

Ayam adalah salah satu dari sumber protein non-vegetarian terbaik. Daging ayam tanpa lemak mengandung lebih banyak protein daripada lemak. Manfaat daging ayam satu porsi (100g) menawarkan 31g protein yang mana protein sebanyak itu bisa digunakan untuk menambah massa otot dan membentuk otot.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ayam selain protein, ayam juga kaya akan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium yang membantu menjaga tulang. Daging ayam juga mengandung selenium yang telah diketahui dapat mengurangi risiko radang sendi.

Meredakan Stress

Daging ayam memiliki dua nutrisi yang bagus untuk mengurangi stress. Karena manfaat ayam memiliki kandungan triptopfan dan vitamin B5 yang bisa menenangkan efek stress pada tubuh. Selain itu, daging ayam memiliki rasa yang enak dan itu juga menambah sifat pelepas stresnya, yang memicu kebahagiaan.

Mengurangi Gejala PMS

Manfaat daging ayam mengandung magnesium yang bisa membantu meredakan gejala PMS dan melawan berbagai perubahan suasana hati yang kemungkinan dialami wanita selama menstruasi.

Membantu Meningkatkan Kadar Testosteron

Manfaat ayam dari segi dagingnya untuk pria dapat membantu mengatur kadar testosteron serta meningkatkan produksi sperma.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kita tahu bahwa daging ayam kaya akan vitamin B6. Manfaat ayam yang kaya vitamin B6 ini memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya serangan jantung. Vitamin B6 membantu menurunkan kadar homosistein, salah satu komponen kunci yang terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung. Selain itu, ayam juga merupakan sumber niasin yang baik yang membantu menurunkan kolesterol, salah satu faktor risiko perkembangan penyakit jantung.

2 dari 4 halaman

Manfaat Telur Ayam Kampung

Manfaat Ayam © Diadona

Tidak perlu diragukan lagi, apabila daging ayam memiliki manfaat yang luar biasa seperti itu. Maka telur dari ayam kampung pun memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya. Telur ayam kampung sendiri selain tinggi protein juga, memiliki 11 vitamin dan mineral, asam lemak omega-3, dan antioksidan. Di bawah ini, kami telah membuat daftar beberapa manfaat kesehatan dari telur ayam.

Telur Mengandung Protein Berkualitas Tinggi

Manfaat ayam yang memiliki telur adalah kandungan proteinnya berkualitas tinggi. Fungsi utama protein dalam tubuh adalah membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti benda, seperti jaringan. Telur ayam kampung mengandung kesembilan asam amino esensial dalam jumlah yang tepat.

Telur Meningkatkan Tingkat Kolesterol " Baik"

Teluar ayam kampung membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Tingkat HDL yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan takeaway yang digoreng akan meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Sumber Omega-3 yang Baik

Omega-3 adalah kependekan dari asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Manfaat ayam dari segi telurnya karena mengandung jenis omega-3 yang serupa dengan yang ditemukan pada ikan. Hal ini membuat telur berguna bagi orang yang menghindari makanan laut.

Telur juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur ayam kampung memiliki nutrisi protein yang berkualitas tinggi dan dapat membantu kamu untuk mengatur berat badan kamu. Selain itu, manfaat ayam dari segi telurnya ini dapat meningkatkan hormon yang membantu kamu merasa kenyang setelah makan.

Ditambah, telur dikemas penuh dengan protein berkualitas tinggi yang membuatnya ideal sebagai bagian dari banyak pola diet berbeda yang dapat membantu orang untuk mengatur berat badan mereka.

Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat Bagi Mata

Telur memiliki kemampuan untuk melawan penglihatan degeneratif seiring bertambahnya usia. Manfaat telur ayam kampung ini kaya akan antioksidan dan zeaxanthin, yang keduanya dipercaya berperan sebagai pelindung dalam mengurangi risiko penyakit mata. Selain itu telur juga mengandung vitamin A dan asam lemak omega-3 yang dapat melindungi dari kerusakan retina.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ceker Ayam

Manfaat Ayam © Diadona

Selain telurnya, kali ini ceker ayam juga memiliki manfaat untuk tubuh. Apa saja?

Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ternyata ceker ayam itu mengandung kolagen. Manfaat ceker ayam yang mengandung kolagen ini dapat meningkatkan hidrasi dan keelastisitasan kulit. Selain itu, kolagen dapat bekerja dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, molekul penahan air yang diyakini membantu mencegah penuaan kulit.

Mengurangi Nyeri Send

Kolagen pada ceker ayam bisa meredakan nyeri sendi. Pasalnya, ceker ayam mengandung kolagen yang dapat merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoarthritis. Jenis arthritis ini bisa merusak tulang rawan kamu. Akibatnya, memungkinkan tulang bergesekan satu sama lain dan menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kesulitan bergerak. 

Mencegah Terjadinya Pengeroposan pada Tulang

Manfaat ayam dari cekernya kaya akan asupan kolagen yang dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang pada wanita pasca menopause. Mengonsumsi 5 gram peptida kolagen per hari bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan sintesis sekaligus menurunkan degradasi tulang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Hati Ayam

Manfaat Ayam © Diadona

Hati Ayam Sarat akan Vitamin B

Manfaat ayam dari segi hati mengandung vitamin B yang memiliki peran penting dalam produksi energi. Selain itu, vitamin B penting untuk fungsi optimal sel kita dan vitamin ini memiliki peran penting untuk memperbaiki sel DNA.

Manfaat hati ayam juga mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang besar. 100 gram hati ayam menyediakan 287% dari rekomendasi harian, lho.

Sumber Substansial Selenium

Manfaat ayam, hatinya menyediakan sejumlah selenium mineral dalam jumlah besar. Selenium adalah mineral esensial yang memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kelenjar tiroid.

Ada juga penelitian yang menunjukkan selenium dapat meningkatkan perbaikan DNA, yang berpotensi membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit yang berhubungan dengan kerusakan DNA.

Sumber Vitamin C Hewani

Manfaat ayam ini, hatinya mengandung vitamin C yang menjadi keunggulan yang dimiliki dari organ dalam ayam. Hati ayam menawarkan protein yang sama, namun lebih banyak kadar vitamin dan mineralnya.

Manfaat ayam mulai dari daging hingga cekernya, memiliki manfaat yang berbeda-beda tapi masih bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh. Manfaatnya juga bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Beri Komentar