13 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 April 2020 19:39
13 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh
Jangan lupa menikmati kelezatan makanan khas Banyuwangi saat berkunjung ke kota ini

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki cita rasa kuliner yang begitu menggugah selera siapa saja yang mencicipinya. Nah bagi kamu yang sedang berlibur ke suatu tempat tentu saja tidaklah lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Salah satu makanan khas yang bisa memanjakan lidah kamu adalah makanan khas Banyuwangi. Nah berikut beberapa makan yang bisa kamu cicipi jika kamu berkunjung ke Banyuwangi ini.

 

1 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Banyuwangi

Sebagai kota wisaa dengan berbagai destinasi wisata yang menyilaukan mata, Banyuwangi tentu mempunyai berbagi macam oleh-oleh makanan khas Banyuwangi yang biasa dijadikan sebagai buah tangan. Mau tahu apa saja? Simak informasinya di bawah ini ya!

Kopi Khas Banyuwangi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Pempek dan Kopi Banyuwangi (@gerobakcorina) on

 

Selain terkenal dengan blue fire di Kawah Ijen dan padang savana di kawasan Taman Nasional Baluran, ternyata Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, lho.

Nggak tanggung-tanggung, kualitas kopi yang dihasilkan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini menduduki peringkat ke-4 setelah Jamaica, Hawaii dan Toraja. Desa Kemiren di Banyuwangi memiliki tradisi minum kopi yang disimbolkan lewat sebuah ungkapan, sekali seduh kita bersaudara. Maka, nggak mengherankan kalau hampir 3.900 ton kopi diproduksi setiap tahunnya di sini. Makanya banyak wisatawan yang memburu kopi khas banyuwangi sebagai oleh-oleh makanan khas Banyuwangi.

Kue Bagiak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @dapoersikoko on

 

Beralih ke oleh-oleh makanan khas Banyuwangi berbentuk makanan, Banyuwangi memiliki kue khas bernama bagiak. Kue berbentuk persegi panjang dengan sudut oval ini memiliki rasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat oleh-oleh asal Banyuwangi ini cukup sederhana, yakni tepung kanji, susu, telur, pelapah, garam dan gula. Kue bagiak terdiri atas beberapa varian seperti pisang, oka, keningar, wijen, durian, cokelat, jahe, serta stroberi.


Sale Pisang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @dapoersikoko on

 

 

Meskipun ada beberapa daerah yang menjadikan sale pisang sebagai oleh-oleh khasnya, Banyuwangi memiliki sale pisang dengan bermacam varian dengan rasa dan aroma yang khas. Terdapat keripik sale pisang, sale pisang goreng dan molen sale pisang. Sudah banyak sentra produksi sale pisang di kabupaten ini, antara lain di Kelurahan Kalipuro, Kebalenan, Glagah, Songgon, dan masih banyak lagi. Karena rasanya yang enak wisatawan juga banyak yang membawa oleh-oleh makanan khas Banyuwangi satu ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Banyuwangi

Jangan salah, selain menyediakan makanan khas sebagai kudapan untuk mengenyangkan perut, Banyuwangi juga memberikan piihan makanan ringan yang cocok dijadikan sebagai camilan. Apalagi jika disandingkan dengan kopi khas Banyuwangi, rasanya sangat menggugah selera. Mau tahu apa saja makanan ringan khas Banyuwangi? Simak ulasannya di bawah ini.

Ladrang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by anna.swastira (@anna.swastira) on

 


Terbuat dari ubi jalar, masyarakat Banyuwangi biasa menyebut makanan khas Banyuwangi ini sebutan sabrang. Ubi jalar diolah menjadi sejenis keripik, yang bentuknya memanjang seperti cheese stick dan rasanya manis.

Savana Cake

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Salomé Bleu (@salomeminaaard) on

 

Terinspirasi dari padang savana yang tersohor yang ada di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo, Savana Cake dapat menjadi alternatif makanan khas Banyuwangi ketika kamu mengunjungi kota ini.

Kue yang satu ini berbahan dasar pisang yang disulap menjadi berbagai warna. Uniknya, nama kue yang memiliki 5 varian ini diambil dari nama beberapa destinasi wisata, yaitu Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java dan Savana Wedi Ireng.


Pia Glenmore

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Cak Suwar Suwir Jember (@suwarsuwirjember) on

 

 

Seperti kebanyakan daerah di Pulau Jawa, pia atau bakpia juga merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi. Rasanya yang lezat dan harganya yang murah menjadi keunggulan Pia Glenmore.

Ditambah lagi, rasa dari oleh-oleh khas Banyuwangi ini juga beragam antara lain pisang keju, kacang hijau, kacang merah, nanas dan stroberi. Nggak heran kalau pembeli sangat menyukai panganan yang diproduksi di Kecamatan Glenmore ini.

Kerupuk Rumput Laut

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KERUDUNG KATOLIK MANTILLA VEIL (@twideemantilla) on

 


Kerupuk telah menjadi panganan yang telah akrab di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap menu makanan utama. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, oleh-oleh asal Banyuwangis satu ini menggunakan bahan tambahan rumput laut untuk menambah cita rasa. Selain memiliki rasa yang gurih dan khas, kerupuk rumput laut juga baik bagi kesehatan, lho.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur

Makanan khas Banyuwangi menjadi salah satu alasan para wisatawan berkunjung ke sini. Ada rujak soto, pecel pitik hingga sego cawuk. Wah, seperti apa ya rasanya?
Banyuwangi memiliki beragam macam kuliner yang enak dan juga unik. Rasa makanannya juga berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Berikut ini beberapa makanan khas Banyuwangi Jawa Timur yang terkenal:


Sego Tempong

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Yulia (@yulia_tokarmo) on

 

 

Nah makanan khas banyuwangi yang pertama yang bisa kamu cicipi adalah bernama nasi tampar atau lebih dikenal dengan sebutan sego tempong. Tahukah kamu kenapa disebut dengan nasi tampar? Hal ini karena rasa lezatnya sangatlah lezat dan mampu menghipnotis siapa saja, sehingga seakan- akan si pemakannya harus ditampar sehingga sadar.

Nah nasi ini sekilas tidaklah berbeda dengan nasi pada umumnya yang kamu makan, karena terdiri dari nasi, kemudian juga terdapat lauk pauk, seperti ikan dan juga sayur mayur yang sudah dimasak. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan bumbu yang menjadikan nasi ini sangatlah lezat dan juga nikmat, sehingga kamu wajib untuk mencobanya.

Sego Cawuk

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Referensi Kuliner Banyuwangi (@hobimakan.banyuwangi) on

 

 

Masih banyak lagi makanan khas banyuwangi yang harus kamu coba jika kamu berkunjung ke Banyuwangi ini. Seperti halnya makanan yang tidak kalah lezat lainnya berupa sego cawuk. Nasi ini terbilang unik, karena saat kamu menyantap nasi ini, maka kamu akan merasakan rasa yang gurih dan sekaligus lembut. Karena nasi ini dibuat dengan campuran kuah dan juga kelapa yang sudah diparut.

Selain itu nasi yang satu ini juga dilengkapi dengan lauk pauk yang tidak kalah lezat dan juga bergizi. Karena kamu bisa mendapati dendeng, pepes ikan, telur sebagai lauk pauknya, dan juga dilengkapi dengan sayur mayur serta juga lalapan dan juga yang terakhir kerupuk yang tentu saja akan menambah rasa nikmat sego cawuk ini. Terutama akan terasa lebih nikmat lagi jika kamu makan nasi ini lengkap bersama keluarga besar kamu.

Pecel Pitik

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by In Muyab We Trust! (@byekbanyuwangi) on

 


Jika kamu ingin makan makanan khas banyuwangi yang juga sarat dengan nilai adat istiadat dan juga budayanya, maka wajib untuk kamu untuk mencicipi pecel pitik yang satu ini. Tahukah kamu jika pecel pitik ini merupakan makanan yang biasa disajikan pada acara yang khusus seperti acara adat atau upacara adat dari suku Osing. Suku Osing ini merupakan suku asli di Banyuwangi.

Adapun menu dari pecel pitik yang nantinya akan kamu santap yaitu berupa nasi putih, kemudian ada lauk pauk yang sudah dibumbui dengan beragam rempah-rempah yang khas sehingga terlihat kecoklatan dan juga ditambah dengan beberapa iris mentimun segar. Meskipun isian menu yang kamu lihat dipiring kamu sangatlah sedikit, namun dijamin kamu akan ketagihan akan rasanya.

Nasi Kalak

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Mariska Tracy (@mariskatracy) on

 


Nah untuk kamu yang menyukai segala jenis mie, maka wajib untuk kamu juga mencicipi makanan khas banyuwangi yang satu ini yaitu nasi kalak. Nah nasi kalak ini merupakan nasi yang juga dilengkapi dengan mie kuning, serta juga beberapa sayur tumis lainnya sepeti wortel, buncis, dan juga dilengkapi dengan serundeng, daging dan juga tahu. Tentu saja nasi ini selain lezat namun juga kaya akan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan kamu.

Sego Bungkus

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo) on

 

 

Memang makanan Indonesia, bisa memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya tak terkecuali makanan khas banyuwangi yang satu ini yaitu sego bungkus. Sego bungkus merupakan nasi yang nantinya akan dibungkus dengan berbagai lauk pauk yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu, mulai dari lauk pauk berupa oseng- oseng, gudeg, ayam goreng. Atau bagi kamu yang pencinta aneka lauk pauk berupa ikan, maka sego bungkus kamu juga bisa dilengkapi dengan ikan.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Banyuwangi Rujak Soto

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Banyuwangi (@deliciousbanyuwangi) on

 

 

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas banyuwangi yang segar- segar maka kamu wajib untuk mencicipi rujak soto berikut ini. Meskipun terbilang makanan yang sangat unik, karena makanan yang satu ini terdiri dari rujak dan juga campuran kuah soto yang segar dan juga gurih. Rasa rujak yang sangat segar kemudian juga diguyur dengan kuah yang terdiri dari potongan daging babat serta juga telur puyuh. Dijamin kamu akan ketagihan dan juga ingin mencobanya lagi dan lagi.

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) on

 

 

Itu dia beberapa pilihan makanan khas Banyuwangi favorit yang dapat menjadi pilihan kamu ketika berlibur. Dijamin, keluarga atau kerabat yang mendapat oleh-oleh tersebut akan sangat senang.

Beri Komentar