12 Pusat Tempat Wisata Kuliner Bogor, yang Khas dan Enak, dan Murah

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 29 Desember 2019 18:29
12 Pusat Tempat Wisata Kuliner Bogor, yang Khas dan Enak, dan Murah
Kota Bogor adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat. Kota hujan ini, konon pada masa Kolonial Belanda, dikenal dengan nama 'Buitenzorg' yang berarti 'tanpa kecemasan' atau 'aman tenteram'.

Tanpa kecemasan memang kata yang terbukti, apalagi bagi kamu yang sedang lapar, dan ingin wisata kuliner Bogor, dan datang ke tempat makan yang khas dan enak di Bogor. Ini dia tempat wisata kuliner Bogor, yang bisa kamu coba.

Ilustrasi Martabak Manis

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bogor

Ilustrasi Martabak ManisIlustrasi Martabak Manis © 2019 https://www.diadona.id

Tak kalah dari Ibukota Bandung, Bogor juga akan menjamu kamu dengan wisata kuliner yang khas, dan tentunya enak.

1. Martabak Encek, Suryakencana
Martabak yang baru buka di jam 2 siang ini selalu ramai pembeli yang sudah antre bahkan sebelum si kakek membuka gerobaknya. Istimewanya, martabak ini masih menggunakan arang untuk proses memasaknya sehingga citarasa yang dihasilkan beda dengan martabak pada umumnya. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu coba, ada martabak cokelat, kacang dan juga keju. Jangan lupa untuk mengambil nomor dan mengantre terlebih dahulu ya.

2. Sop Buah Pak Ewok
Kuliner Bogor yang legendaris satu ini sekarang memiliki dua cabang, yaitu di samping IPB Botani dan Jalan Haur Jaya. Kamu bebas pilih mau ke cabang yang mana karena sama-sama enak. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi, sampai 9 malam, hari Jumat buka jam 1 siang. Perpaduan aneka buah segar dengan susu akan memanjakan lidah, menjadikan sop duriannya paling juara!

3. Lumpia Basah Suryakencana
Saat kamu menyusuri Jalan Suryakencana bersiaplah untuk disambut aroma lumpia basah yang tengah dimasak. Lumpia basah khas Gang Aut Bogor ini isinya sederhana; bengkoang, tahu goreng, tauge dan telur. Tapi rasanya, tak bisa diragukan lagi. Kamu harus sabar mengantri, jika ingin mencicipi lumpia basah super enak ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Kuliner di Bogor

Ilustrasi Ayam BakarIlustrasi Ayam Bakar © 2019 https://www.diadona.id

Belum cukup sampai di situ, Bogor juga masih punya tempat kuliner yang bertebaran di mana-mana. Tak ada salahnya untuk dicoba.

1. Waroenk Talubi
Tempat makan satu ini, terletak di Jalan Surya Kencana nomor 278, lokasinya pas di sebrang Gang Aut.

Menu yang dihadirkan di sini sangat beragam. Mulai dari menu ayam goreng, ayam bakar, nasi beserta pecel dan ragam jeroannya yang variatif. Menu andalan restoran ini adalah Ayam Bakar dan Nasi Uduk.

2. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita
Kuliner Bogor khas ini tersedia dengan berbagai pilihan topping pizza, seperti pepperoni, Hawaiian, tuna, beef dan banyak lagi lainnya. Harga dari pizza ini juga cukup terjangkau. Jam buka tempat ini ialah antara pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB.

3. Cibogy
Wisata kuliner Bogor satu ini punya menu andalan, berupa makanan Richard’s Spicy Katsu yang tentunya kekinian. Hal ini lantas menjadikan Cibogy menjadi salah satu kuliner Bogor kekinian.

Konsep yang dimiliki oleh tempat wisata kuliner Bogor yang satu ini berupa eat, shop and play. Rasa yang ditawarkan juga sangat menarik. Sangat cocok bagi Anda yang suka dengan jenis makanan bercita rasa crispy renyah dan juga pedas. Untuk lokasi sendiri berasa di pintu keluat tol Gadog.

3 dari 4 halaman

Kuliner Malam Bogor

Ilustrasi Ceker PedasIlustrasi Ceker Pedas © 2019 https://www.diadona.id / amazingmalang.com

Karena Bogor adalah kota tanpa kecemasan, kamu pun tak perlu cemas, saat merasakan lapar di malam hari, saat berada di Bogor, karena banyak sekali tempat wisata kuliner Bogor di malam hari, yang patut kamu coba.

1. Ceker Ranjau
Jika kamu tiba-tiba ingin makanan pedas di malam hari, kamu bisa datang ke tempat makan ceker pedas, di Graha Cibinong, Bogor. Kamu dapat menikmati olahan ceker dengan bumbu kari pedas. Rasanya yang enak akan menggoyang lidahmu. Kamu juga dapat menikmati menu lain seperti kepala ayam goreng, ati ampela, dan lainnya.

2. Kawasan Jembatan Merah
Ini merupakan kawasan wisata kuliner Bogor, yang menyerupai pasar malam. Jadi saat kamu ingin makan, namun masih bingung mau makan apa, berjalan-jalan di kawasan Jembatan Merah, bisa menjadi pilihan.

Ragam pilihan makanan enak, bisa kamu santap. Mulai dari martabak, sate, bubur ayam, doclang, sop buah, dodongkal, uli bakar, dan lainnya. Semua penjual ini baru akan menjajakan dagangannya dari sore hari. Jadi, cocok jika kamu ingin wisata kuliner Bogor di malam hari kaki lima di Bogor.

3. Asinan " Asli Bogor"
Kuliner yang paling khas Bogor, tak lain dan tak bukan ialah asinan. Jika seharian kamu sudah menghabiskan waktu dengan berkeliling kota Bogor, namun lupa mencicipi asinan asli Bogor, jangan takut kehabisan.

Kamu bisa mengunjungi toko asinan " Asli Bogor" yang bertempat di Jalan Ir. H. Juanda. Ini merupakan toko asinan legendaris di Bogor karena telah berdiri sejak tahun 1967. Rasanya pun tidak usah diragukan lagi, segar, pedas, dan enak! Kamu pun bisa menyantapnya langsung di tempat.

Tak hanya asinan, ini dia makanan-makanan khas kota hujan lainnya, yang perlu kamu coba.

4 dari 4 halaman

Kuliner Khas Bogor

Ilustrasi Toge Goreng BogorIlustrasi Toge Goreng Bogor © 2019 https://www.diadona.id

Jika kamu ingin merasakan kuliner Bogor yang autentik dari Bogor, kamu juga akan diberikan beberapa pilihan tempat wisata kuliner Bogor yang khas, ini dia.

1. Toge Goreng
Ya! Terdengar sangat sederhana bukan? Namun yang unik adalah, toge goreng sejatinya hanya nama saja karena toge sama sekali tidak digoreng dengan minyak. Toge tersebut justru hanya direbus dan dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu goreng dan disiram bumbu berbahan dasar oncom dan tauco serta ditambah kecap manis.

2. Bapatong
Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Sesuai dengan namanya, satu porsi bapatong berisi bakso, ketupat yang dipotong berbentuk dadu, iga sapi dan kuah kaldu sapi yang diambil dari gentong atau tempat menyimpan kuah setelah dimasak. Bapatong yang paling disukai, konon ada di Jalan Pangrango Nomor 1, Bogor.

3. Laksa Bogor
Makanan khas Kota Bogor ini sama terkenalnya dengan laksa Betawi. Uniknya, laksa Bogor diberi campuran oncom dan tidak menggunakan mie. Teksturnya memang agak kasar karena ada parutan kelapanya, namun rasanya tetap enak dan gurih. Laksa Bogor biasanya disajikan dengan ditambah tahu kuning, telur rebus, dan taburan serundeng.

Beri Komentar