10 Jenis Saus Pasta Italia yang Populer, Cita Rasa Lezat yang Sesungguhnya!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 15 September 2021 12:54
10 Jenis Saus Pasta Italia yang Populer, Cita Rasa Lezat yang Sesungguhnya!
Berbagai cita rasa mulai dari yang gurih, creamy, asin, dan juga pedas ada di dalam jenis saus pasta ini.

Salah satu yang menjadi favorit dari sekian banyak kuliner khas Italia adalah Pasta dan berbagai jenis saus pastanya. Sajian berupa mie in ihampi sukses menyihir lidah pra penikmatnya.

Selain tekstur mie-nya yang kenyal, berbagai jenis saus pasta yang disiramkan juga punya keunikan rasa tersendiri. Berbagai cita rasa mulai dari yang gurih, creamy, asin, dan juga pedas ada di dalam saus ini.

Berikut Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang berbagai jenis saus pasta Italia yang paling popler. Yuk mari bareng-bareng uraian sederhanannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Bolognese

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Freepik.com

Jenis saus pasta Bolognese ini adalah jenis yang paling populer. Sesuai dengan namanya, ini adalah saus pasta yang berasal dari kota Bologna, Italia. Saus ini juga yang paling banyak tersebar di dunia, termasuk di Indonesia.

Saus pasta Bolognese ini biasanya dikombinasikan bersama pasta jenis spaghetti atau angel hair dengan yang menyerupai mi pada umumnya. Oh iya, saus Bolognese terbuat dari cacahan daging sapi, tomat, bawang bombay, dan rempah-rempah. Untuk rasanya yakni gurih dan sedikit asam.

2. Carbonara

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Freepik.com

Cukup berbeda dengan jenis saus pasta Bolognese. Saus pasta Carbonara ini terbuat dari krim kental, bawang putih, keju parmesan, dan kuning telur yang dimasak bersama pasta hingga mengental.

Biasanya saus pasta Carbonara ini ering disajikan bersama pasta berjenis penne atau fettucine. Sedangkan, untuk rasanya gurih dan memiliki tekstur yang cukup creamy di lidah.

2 dari 6 halaman

3. Pesto

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Freepik.com

Pesto adalah jenis saus pasta yang berasal dari Genoa, Italia. Saus pesto ini bisa dibilang sebagai saus yang paling sehat di antara saus lain. Hal ini dikarenakan saus ini tidak melewati proses pemasakan sama sekali.

Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat saus ini juga bahan-bahan makanan yang sehat seperti daun basil segar, minyak zaitun, bawang putih, dan keju parmesan. Bahan-bahan itu kemudian dihaluskan hingga bertekstur halus seperti bubur.

4. Aglio e olio

Jenis saus pasta yang selanjutnya adalah Aglio e olio. Senada dengan saus pasta Pesto, saus ini juga merupakan saus pasta yang tergolong cukup sehat dan juga sederhana.

Jadi, bahan utama dari saus ini adalah minyak zaitun, bawang putih, daun parsley, dan keju parmesan. Untuk cita rasa saus ini sendiri cenderung didominasi rasa yang asin.

3 dari 6 halaman

5. Marinara

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Freepik.com

Marinara ini adalah jenis saus pasta yang sangat cocok untuk dipudakn dengan berbagai kuliner bahari. Untuk cita rasa dari saus ini sebetulnya tidak jauh dari saus Bolognese yang guris dan sedikit asam.

Namun yang membedakan adalah, sus pasta Marinara ini tidak dibuat dengan concangan daging seperti halnya saus Bolognese. Saus Marinira ini terbuat dari tomat segar yang dimasak hingga menjadi pasta, bawang bombay, bawang putih, minyak zaitun, dan rempah khas Italia.

6. Alfredo

Ini adalah jenis saus pasta yang bentuk derta warnanya hampir sama dengan Carbonara. Saus Alfredo ini terbuat dari campuran mentega dan krim kental sebagai bahan dasarnya. Kemudian ada juga tambahan seperti cincangan daun parsley dan bawang putih.

Saus ini dulunya muncul karena orang Italia mulai bosan dengan aneka saus pasta yang merah. Untuk cita rasa dari saus ini sendiri cenderung lebih ceramy dan tidak asam seperti pasta merah.

4 dari 6 halaman

7. Amatriciana

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Shutterstock.com

Cukup berbeda dengan jenis saus pasta yang lain. Saus pasta Amatriciana ini mempunyai cita rasa yang cenderung pedas. Bahan dasar yang terdiri dari cabai dan lada membuat cita rasa pedas di dalam saus ini cukup dominan.

Namun saus ini kuga mempunyai cita rasa yang cukup gurih. Hal ini disebabkan cincangan daging babi yang juga merupakan bahan dasar dari pembuatan saus ini. Bahan-bahan lain seperti keju pecorino, anggur putih, tomat juga membuat saus ini semakin lezat dan nikmat.

8. Puttanesca

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Shutterstock.com

Selanjutnya ada jenis saus pasta Puttanesca. Ini adalah saus pasta yang bahan utamanya adalah ikan teri potongan paprika, tomat, dan bakal bunga capers. Saus ini sangat terkenal di kota Napoli, Italia.

5 dari 6 halaman

9. Cacio e pepe

Cacio e pepe adalah salah satu jenis saus pasta yang cukup sederhana. Bahan utama dari saus ini adalah keju, mentega, dan lada hitam. Saus ini akan tersa lebih lembut ketika diberi tambahan air ketika memasak.

10. Vongole

Jenis Saus PastaJenis Saus Pasta © Freepik.com

Jenis saus pasta yang terakhir adalah Vongole. Ini adalah saus pasta yang terdiri dari kerang asin, cabai merah, dan peterseli. Rahasia resep Italia ini terletak pada waktu masak yang cepat. Vongole dimasak tepat setelah air untuk pasta mendidih.

Jadi itu adalah beberapa jenis saus pasta Italia yang cukup populer keberadaannya. Kalau kalian pernah mencoba dan suka yang mana nih, Diazens?

Beri Komentar