Tips Mengajarkan Tata Krama dan Etika yang Tepat pada Anak saat di Meja Makan

Reporter : Kurnia
Rabu, 1 September 2021 15:10
Tips Mengajarkan Tata Krama dan Etika yang Tepat pada Anak saat di Meja Makan
Pentingnya etika makan, seperti apa sih

Bagaimana sih etika yang paling tepat saat di meja makan?

Terlebih cara yang sesuai untuk diajarkan pada anak-anak sebelum mereka masuk di bangku sekolah?

Apakah makan dengan mulut terbuka lebar-lebar, makan dengan tangan, bersendawa di meja makan, atau mungkin masih ada daftar hal buruk lainnya yang seharusnya tidak dilakukan oleh buah hati?

Jika beberapa orang tua masih belum mengajarkan anak-anak akan pentingnya etika dan tata karma yang tepat saat mereka duduk di meja makan, baik bersama keluarga atau bahkan dengan orang lain.

Tampaknya memang cukup sulit, tapi sebenarnya ini cukup mudah lho, Moms.

Dilansir dari verywellfamily.com, mengajarkam etika makan dan tata krama saat di meja makan adalah hal yang bisa dilatih sejak dini.

1 dari 5 halaman

Bagaimana caranya?

Pertama-tama, Moms harus menjelaskan pada buah tentang apa itu sopan santun. Mungkin mereka akan bertanya, apa itu sopan santun?

Jika demikian, Moms bisa menjawab bahwa sopan santun adalah cara untuk menunjukkan kebaikan pada orang lain, termasuk di meja makannya sendiri, di rumah teman, di restoran, atau mungkin di tempat yang lain.

Katakan pada mereka jika sopan santun adalah aturan untuk meja dan itu adalah cara untuk menunjukkan kebaikan kebaikan dan kepada semua orang, termasuk Moms dan Daddy.

2 dari 5 halaman

Lantas bagaimana sih tata krama dan etika yang baik saat di meja makan?

Mengajarkan anak etika makanMengajarkan anak etika makan © Shutterstock.com/Phawat

Sebelum makan dimulai, etika dan tata krama yang baik sudah bisa diterapkan dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Ajarkan buah hati akan pentingnya mencuci tangan sebelum makan.

Untuk mengajarkan ini pada buah hati, pastikan Moms ataupun Daddy juga melakukannya dan anak-anak bisa melihat. Dengan begitu, anak-anak akan menirukan apa yang mereka lihat.

Berdoa sebelum makan adalah bagian penting dari semua pemeluk agama. Jika Moms melakukannya, jelaskan pada mereka apa yang sedang dilakukan. Katakana pada mereka jika berdoa adalah hal yang wajib sebagai bentuk rasa syukur kepada pentiptanya.

Ajarkan pada mereka jika saat waktunya berdoa dan makan, berbicara adalah hal yang tidak sopan. Makan sebaiknya dilakukan dengan tenang sambil duduk.

3 dari 5 halaman

Saat di Meja Makan

Ada banyak hal yang perlu Moms ajarkan oada anak-anak saat berada di meja makan. Misalnya seperti harus makan dengan sendok, mengambil porsi makanan yang pas, bahkan sampai mengelap alat makan mereka dengan serbet atau tisu, bukan dengan baju mereka.

4 dari 5 halaman

Sopan Santun di Meja Makan

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa saja terjadi saat di meja makan yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai bentuk atau tindakan tidak sopan.

Untuk itu, Moms perlu berhati-hati saat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya etika dan sopan santun. Memperbaiki perilakunya saat Moms perhatikan ada etika yang kurang tepat pada mereka.

Mengajarkan anak etika makanMengajarkan anak etika makan © Shutterstock.com/WHYFRAME

5 dari 5 halaman

Apakah lucu saat anak-anak bersendawa keras ketika berada di meja makan bersama Moms dan Daddy?

Tentu tidak kan. Jadi, Moms bisa mengitkan mereka jika itu terjadi dengan mengajari mereka menutup mulutnya sebelum ia bersendawa. Dan juga pastikan untuk mereka mengatakan, “ maaf” sesudahnya.

Salah satu penyebab bersendawa adalah makan dengan terlalu cepat. Mungkin Moms bisa mengingatikan mereka dengan tidak makan dengan terlalu cepat untuk mengurangi kemungkinan itu terjadi.

Saat makan dengan mulut terbuka dan mengeluarkan suara yang cukup keras. Kedengarannya mungkin akan sangat rishi ya Moms.

Namun hal ini masih bisa diperbaiki, terlebih saat mereka masih kecil. Moms dan Daddy bisa mengajarkan mereka dengan melihat cara orang tuanya makan. Saat ingin berbicara di tengah makan malam, “ kunyah kemudian telan terlebih dahulu, lalu bicara.” Itu adalah salah satu cara yang bisa mereka tirukan.

Beri Komentar