3 Resep Pie Coklat Lembut Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Reporter : Kurnia
Selasa, 14 September 2021 10:56
3 Resep Pie Coklat Lembut Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Cokelat lumernya bisa meningkatkan moodmu yang lagi kacau

Bagi pecinta coklat, berbagai menu serba cokelat akan terasa begitu nikmat dan menggoda. Menu serba coklat jauh lebih enak dari sajian penutup lainnya.

Mulai dari puding sampai pie coklat menjanjikan rasa menggoda dengan krim kental dan lumer akan memanjakan lidah pada foodies. Terlepas dari mana rasa nikmat itu menjadi sempurna, kamu bisa membuat sendiri menu serba coklat dengan resep pie lembut berikut ini.

Di halaman resep Diaodona, kamu bisa membuat pie susu yang lembut dan terbaik. Dikutip dari epicurious.com, yuk langsung saja intip resep dan ikuti cara membuatnya.

1 dari 7 halaman

Salted Pie Coklat Karamel (8-10 porsi)

Bahan untuk pinggiran:

150 g mentega tawar, dilunakkan

1/3 cangkir gula manisan

1/3 cangkir bubuk kakao Belanda

1 1/2  cangkir tepung serbaguna

2 kuning telur

1 sendok teh ekstrak vanila

Garam laut, untuk disajikan

Untuk isian karamel:

3/4 cangkir setengah dan setengah

90 gr mentega tawar

1 1/2  cangkir gula halus

1/2  gelas air

1/2  sendok teh serpihan garam laut

Untuk lapisan cokelat:

1/2  cangkir setengah dan setengah

125 gr dark chocolate cincang

2 dari 7 halaman

Cara Membuat

Salted Pie Coklat KaramelSalted Pie Coklat Karamel © Will Meppem

untuk pinggiran:

Langkah 1

Panaskan oven. Masukkan mentega dan gula ke dalam food processor dan proses hingga pucat. 

Tambahkan coklat, tepung, telur dan vanila dan proses menjadi adonan yang halus. Tekan ke dasar dan sisi loyang tart bergalur berukuran 26 cm hingga setebal 5 mm. 

Potong pinggirannya dan dinginkan hingga mengeras. Tusuk-tusuk adonan dengan garpu dan panggang selama 15 menit atau sampai pastry matang. Sisihkan.

Untuk isian karamel:

Langkah 2

Untuk membuat isian, masukkan krim dan mentega ke dalam panci di atas api sedang sampai meleleh lalu sisihkan. 

Masukkan gula dan air ke dalam panci di atas api kecil dan aduk sampai gula larut. Tingkatkan panas hingga tinggi dan didihkan, tanpa diaduk, hingga berwarna keemasan gelap. 

Angkat dari api dan aduk dengan hati-hati dalam campuran krim. Kembalikan panci ke api kecil dan aduk selama 5 menit atau sampai mengental. Tuang ke dalam kulit pastry dan dinginkan hingga mengeras.

Untuk lapisan coklat:

Langkah 3

Untuk membuat glasir, masukkan krim ke dalam panci dengan api kecil. Tambahkan cokelat dan aduk hingga meleleh dan rata. Tuang cokelat di atas karamel dan dinginkan hingga mengeras. 

Taburi dengan garam dan potong menjadi irisan untuk disajikan.

3 dari 7 halaman

Mile Hight Choco Pie (10 porsi)

1 kulit pie, buatan sendiri atau dibeli di toko

4 putih telur besar

cangkir ditambah 3 sendok makan gula

10 ons coklat cincang,

3 sendok makan mentega tawar

4 cangkir krim kental

1 cangkir kue wafer cokelat yang dihancurkan secara kasar

garam secukupnya

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Mile Hight Choco Pie

Mile Hight Choco PieMile Hight Choco Pie © Ditte Isager

Langkah 1

Panaskan oven. Lapisi hidangan pai dengan kerak; kerutkan tepinya agar cantik. Panggang kerak pie sepenuhnya sesuai resep atau petunjuk kotak. Biarkan dingin sepenuhnya.

Langkah 2

Kocok putih telur dan gula dalam mangkuk tahan panas sedang yang diletakkan di atas panci sedang berisi air mendidih sampai gula larut dan putih telur hangat tetapi tidak panas, 3-4 menit. 

Hapus dari panas. Menggunakan mixer listrik, kocok dengan kecepatan sedang-tinggi sampai dingin, volumenya tiga kali lipat, dan bentuk puncak yang kaku (ujung puncak tidak akan jatuh ketika pengocok diangkat dari mangkuk dan diputar ke atas), sekitar 6 menit.

Langkah 3

Aduk cokelat cincang dan mentega dalam mangkuk besar yang diletakkan di atas panci yang sama berisi air mendidih sampai meleleh dan halus, 4-5 menit; lalu sisihkan.

Langkah 4

Kocok 2 cangkir krim dalam mangkuk sedang lainnya sampai bentuk puncak sedang (krim harus lembut dan empuk), 5-6 menit.

Langkah 5

Lipat putih telur dengan lembut ke dalam campuran cokelat hangat sampai benar-benar tercampur (bekerja dengan cepat untuk mencegah cokelat berubah menjadi berpasir). 

Lipat perlahan krim kocok sampai tidak ada garis putih yang tersisa; jangan overmix atau campuran akan mengempis. Sendokkan cangkir mousse cokelat ke bagian bawah kulit pie yang sudah disiapkan; tersebar merata di bagian bawah kerak pie.

Taburkan cangkir ditambah 2 sendok makan wafer cokelat yang dihancurkan. Gundukan di tengah untuk membuat kubah. (Intinya untuk menambah tinggi, jangan sampai menyebar merata ke tepi.) Dinginkan pie.

Langkah 6

Kocok sisa 2 cangkir krim, dan garam sampai terbentuk puncak kaku sedang (ketika pengocok diangkat dari krim, puncak akan menahan bentuknya tetapi ujungnya akan jatuh). 

Cokelat mousse atas dengan campuran krim kocok, mengikuti bentuk kubah bulat yang sama. Dinginkan pie setidaknya selama 4 jam atau, dalam keadaan tertutup, hingga 3 hari. 

Langkah 7

Hiasi pie dengan 2 sendok makan wafer cokelat dan serutan cokelat. Iris pie menggunakan pisau yang bersih dan kering.

5 dari 7 halaman

Pie Tart Coklat (12-16 porsi)

1/4 cangkir (1/2 batang) mentega tawar, dilelehkan, ditambah lagi untuk wajan

6 ons kue wafer cokelat (sekitar 28 potong), haluskan kasar

Garam secukupnya

Untuk isian:

1/2  cangkir sirup jagung ringan

1/4 cangkir keju krim, suhu kamar

1/4 cangkir (1/2 batang) mentega tawar, potong kecil-kecil simpan dalam suhu ruang

2 sendok teh ekstrak vanila

1/8 sendok teh garam halal

3 cangkir gula bubuk

5-6 tetes pewarna makanan kuning

1-2 tetes pewarna makanan merah

Untuk ganache coklatnya :

12 ons coklat susu

6 ons coklat semisweet

2 cangkir krim kental

Garam secukupnya

3 sendok makan mentega tawar, potong kecil-kecil, suhu ruang

1 sendok makan sirup jagung ringan

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Pie Tart Coklat

Pie Tart CoklatPie Tart Coklat © RHODA BOONE

Membuat Kerak

Langkah 1

Panaskan oven. Olesi loyang tart dengan mentega. Giling wafer coklat dan garam dalam food processor sampai digiling halus. Tuang perlahan mentega cair dan proses hingga tercampur rata.

Langkah 2

Dengan menggunakan gelas ukur, tekan kuat campuran kue ke bagian bawah dan atas loyang tart. Panggang kerak sampai keras, sekitar 10 menit. Pindahkan loyang ke rak kawat dan biarkan dingin selama 15 menit.

Buat isian:

Langkah 3

Menggunakan mixer listrik dengan kecepatan sedang-tinggi, kocok sirup jagung, krim keju, mentega, vanila, dan garam dalam mangkuk besar, gosok sisi mangkuk sesuai kebutuhan, hingga tercampur, 1-2 menit. 

Tambahkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah 1-2 menit, lalu tingkatkan kecepatan menjadi sedang dan kocok hingga tercampur, 1-2 menit lagi. Pindahkan 1/2  cangkir isian ke mangkuk sedang. 

Pindahkan sisa isian ke dalam kue atau kantong plastik besar yang dapat ditutup kembali; ini isian " putih telur" .

Langkah 4

Tambahkan pewarna makanan kuning dan merah beberapa tetes sekaligus untuk mengisi mangkuk agar sesuai dengan warna kuning telur oranye. Pindahkan isian " kuning telur" ke kue lain atau kantong plastik besar yang bisa ditutup kembali.

Buat ganache coklat dan susun tartnya:

Langkah 5

Panaskan kedua cokelat dalam mangkuk tahan panas sedang yang diletakkan di atas panci sedang berisi air yang hampir mendidih (jangan biarkan air menyentuh mangkuk), aduk dengan spatula, sampai cokelat meleleh.

Langkah 6

Sementara itu, panaskan krim dalam panci kecil di atas api sedang, aduk sesekali, sampai menghangat dan gelembung-gelembung kecil mulai muncul di permukaan.

Langkah 7

Tambahkan garam ke cokelat leleh, lalu angkat dari api dan secara bertahap kocok krim sampai tercampur. Kocok mentega, lalu sirup jagung, hingga halus dan tercampur.

Langkah 8

Tuang 1 1/2  cangkir ganache ke dalam kerak dingin; sisakan ganache dalam mangkuk. Dinginkan kerak yang diisi sampai set, sekitar 30 menit.

Langkah 9

Gunting ujung tas kue untuk membuat lubang 3/8. Pipa kuning telur mengisi spiral ketat di tengah kue untuk membuat kuning kuning oranye dengan lebar menyesuaikan dan tebal 1/2.

Pipa putih telur mengisi sekitar kuning telur ke dalam spiral ketat, sekitar 1/2  tebal, meninggalkan sekitar 1/2  cincin cokelat yang terlihat di sekitar isian " putih telur" di tepi kue tar.

Langkah 10

Taruh mangkuk dengan ganache di atas panci berisi air yang hampir mendidih; panaskan ganache, aduk-aduk, sampai mudah dituang. Tuang di atas isian sampai tertutup; jangan terlalu penuh. 

Dinginkan minimal 3 jam. Diamkan pada suhu kamar 15 menit sebelum disajikan.

Beri Komentar