Zaskia Adya Mecca Biarkan Anaknya Main Saat Hujan, Ternyata Ada Manfaatnya lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 12 Oktober 2020 17:37
Zaskia Adya Mecca Biarkan Anaknya Main Saat Hujan, Ternyata Ada Manfaatnya lho!
Main hujan ternyata memberikan manfaat untuk anak, Moms!

Musim hujan mungkin menjadi musim yang banyak dikhawatirkan oleh para ibu. Selain karena banyak kegiatan yang nggak bisa dilakukan saat hujan, musim ini juga bisa menyebabkan keluarga mudah terserang penyakit jika nggak menjaga kesehatan.

Banyak ibu yang melarang anaknya untuk keluar saat hujan. Dikhawatirkan anak akan terkena penyakit karena hujan-hujanan.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Zaskia Adya Mecca. Dia sebenarnya merasa khawatir saat anak-anaknya hujan-hujanan.

Namun Zaskia mengaku senang melihat anak-anaknya melakukan kegiatan ritual main hujan itu. Ternyata main hujan memang punya manfaat lho untuk anak!

1 dari 4 halaman

Ritual main hujan

Zaskia Adya Mecca © Diadona

Dalam sebuah postingan di akun Instagramnya, Zaskia membagikan foto dan video anak-anaknya yang terlihat bermain hujan di halaman. Zaskia juga menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anaknya saat melakukan hal itu.

" Selalu ada perasaan hangat melihat moment2 seperti ini walaupun tau merekanya kedinginan. Ritual main hujan dari cuma lari2an, tembakan air, Bhre jadiin talang air macem shower, garasi di sabunin (mayan sekalian cuci garasi) trus buat tempat seluncuran?! sampai keluar semua mainan ada yang rendeman di container pula meriaaah!!," tulis Zaskia.

2 dari 4 halaman

Cara Zaskia agar anaknya nggak masuk angin

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca) on

Meski membiarkan anaknya hujan-hujanan, tapi Zaskia juga nggak begitu saja membiarkan anaknya terserang penyakit. Dia menjelaskan cara yang biasa dilakukannya agar anaknya nggak masuk angin.

"Biar ga masuk angin pas udahan lanjut habis mandi, keringin rambut, minum teh poci hangat dan dilanjut makan nasi pakai bakso kuah.. Masyaa Allah, Alhamdulillah," ungkap Zaskia.

3 dari 4 halaman

Manfaat bermain hujan bagi anak

Zaskia Adya Mecca © Diadona

Ternyata membiarkan anak main hujan-hujanan itu ada manfaatnya lho, Moms! Dilansir dari Romper, seorang dokter anak bersertifikat di Fort Worth, Texas, dr. Lisa Lewis, mengungkapkan bahwa bermain di tengah hujan merupakan cara yang bagus bagi anak agar mereka bisa menjelajahi lingkungannya.

Menikmati cara baru dan berbeda saat bermain juga bisa membantu perkembangan otak anak. Misalnya dengan berjalan di lumpur saat hujan bisa meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Profesor Psikologi Perkembangan, Gabriela Martorell dari Virginia Wesleyan, juga menjelaskan bahwa bermain di tengah hujan bahkan bisa membantu anak mengembangkan rasa cinta pada alam. Selain itu, hal ini juga bisa mendorong perkembangan pikiran anak dengan lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Zaskia Adya Mecca Umumkan Kehamilan Anak Kelimanya, Selamat! © Diadona

Apalagi jika kegiatan ini nggak dilakukan sendiri, tapi juga bersama dengan teman-temannya. Perkembangan sosial-emosional mereka juga akan semakin baik saat anak bisa berinteraksi dengan teman-temannya di bawah hujan.

Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak juga mencatat di situs mereka bahwa kegiatan dan permainan yang dapat dimainkan anak-anak di tengah hujan, seperti melompat di genangan air, bisa digunakan sebagai momen belajar. Saat anak-anak melompat ke dalam genangan, mereka nggak hanya mempelajari sebab dan akibat tetapi mereka juga belajar tentang perpindahan air. Anak juga bisa melakukan eksperimen untuk mencari tahu apa yang mengapung (ranting) dan apa yang tenggelam (batu).

Tapi penting bagi orang tua untuk menyiapkan pakaian anak saat mereka akan bermain hujan. Sebaiknya anak memakai jas hujan dan pakaian hangat agar nggak terserang penyakit.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya, Moms!

Beri Komentar