Tips Supaya Anak Selalu Menghormati Orang Tuanya

Reporter : Riza Umami
Senin, 18 Juli 2022 21:56
Tips Supaya Anak Selalu Menghormati Orang Tuanya
Ini beberapa tipsnya.

Mempunyai anak yang bisa selalu menghormati orang tua tentu adalah sebuah kebahagiaan bagi ibu dan ayah. Namun, tentu tak mudah dalam mendidik anak supaya memiliki perangai yang baik seperti itu.

Cara mendidiknya tak bisa instan dilakukan dalam waktu sebentar dan butuh proses lama untuk membuat buah hati mempunyai kepribadian yang bagus seperti itu. Lantas bagaimana ya Mom caranya supaya anak selalu menghormati orang tuanya begitu?

1 dari 4 halaman

Ada beberapa tips yang bisa Mom lakukan supaya buah hati memiliki perangai yang bagus seperti ini. Yang pertama yaitu dengan menjadi teladan bagi anak. Kalau ibu ingin dihormati oleh buah hatu, tentu ibu juga harus mencontohkan selalu menghormati orang lain termasuk anak.

Yang kedua yaitu dengan memperlakukan anak sama seperti bagaimana ibu ingin diperlakukan olehnya. Sebagai contoh kalau ibu ingin disayang oleh anak, maka ibu pun harus menyayangi buah hati dengan sepenuh hati.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Yang ketiga yaitu dengan tidak berbohong kepada anak. Supaya buah hati bisa selalu menghargai orang tuanya, tentu ibu perlu jadi orang yang bisa dia percaya dengan cara tidak pernah berbohong kepadanya. Dengan begitu, Mom akan mendapatkan kepercayaan dari anak.

3 dari 4 halaman

Yang keempat jangan malu untuk mengungkapkan kasih sayang kepada buah hati. Hal ini bisa dengan dikatakan secara langsung, melalui perbuatan, memberikan anak pelukan dan masih banyak lagi. Ketika anak merasa disayangi dan dicintai oleh orang tuanya seperti ini, tentu ia akan mencintai serta menghargai orang tuanya.

Yang kelima, jika ibu melakukan kesalahan kepada anak, jangan segan untuk meminta maaf kepada buah hati. Dengan begitu, ia tak akan sampai sakit hati atas perbuatan orang tuanya dan juga mengajarkan anak untuk meminta maaf saat ia melakukan kesalahan.

4 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © freepik.com

Yang keenam, ibu pun harus menghormati hak dan pilihan anak jika ingin selalu dihormati oleh buah hati. Meski mungkin ibu punya keinginan yang berbeda dengan buah hati, cobalah untuk memberikannya hak dalam memutuskan apa yang ingin dia lakukan. Berikanlah anak kebebasan untuk memilih keputusannya sendiri.

Beri Komentar