Tips Menjaga Keamanan Anak Saat Menggunakan Smartphone Sendiri

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 8 Januari 2021 07:37
Tips Menjaga Keamanan Anak Saat Menggunakan Smartphone Sendiri
Tetap pantau penggunana smartphone anak ya, Moms!

Kemajuan teknologi membuat kita sebagai orang tua mau nggak mau harus mengikuti perkembangan agar nggak ketinggalan. Hal ini dilakukan agar kita tetap bisa mengontrol penggunaan gadget anak supaya mereka nggak terkena dampak buruk dari perkembangan teknologi tersebut.

Hampir semua anak usia remaja sudah memiliki smartphone mereka sendiri. Bahkan banyak di antara mereka yang memiliki media sosial dan terhubung dengan pengguna internet lainnya.

Sebagai orang tua, kita harus punya aturan yang jelas tentang penggunaan smartphone pada anak. Bukan berarti kita harus melakukan larangan keras dan merenggut kebebasan anak lho, Moms.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mengontrol dan memastikan bahwa anak tetap menggunakan smartphone dengan aman. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips menjaga keamanan anak saat menggunakan smartphone sendiri.

1 dari 5 halaman

Larang anak membagikan password

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Ada beberapa aturan yang perlu dijelaskan pada anak agar mereka menggunakan smartphone dengan aman. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak membuat kata sandi untuk smartphone mereka.

Hal ini dilakukan agar smartphone anak terkunci dan terlindungi dari penyalahgunaan informasi. Selain itu, kita juga harus mengingatkan anak untuk nggak membagikan password secara sembarangan.

2 dari 5 halaman

Lakukan pemeriksaan rutin

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Media sosial bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi anak remaja. Namun penting untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Kita bisa melakukan pemeriksaan rutin pada media sosial anak melalui daftar teman hingga postingannya. Hal ini dilakukan agar kita bisa memastikan anak menggunakan internet dengan aman.

3 dari 5 halaman

Informasi pribadi nggak boleh disebar

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Apa pun yang terasa nggak nyaman dibagikan pada orang tua harusnya nggak dibagikan secara online juga. Kita bisa mengajarkan anak untuk nggak membagikan informasi pribadi tentang rumah di media sosial.

Selain itu, informasi penting seperti alamat sekolah juga sebaiknya nggak dibagikan di media sosial. Hal itu bisa membuat identitas pribadi tersebar dan dapat mengundang kejahatan.

4 dari 5 halaman

Buat jadwal tanpa handphone

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Menggunakan handphone adalah bagian dari hak mendapatkan kebebasan bagi anak. Tapi penting juga untuk membatasi waktu penggunaan handphone mereka di waktu-waktu tertentu.

Jelaskan alasan mengapa penting untuk nggak menggunakan handphone setiap waktu. Kita bisa membuat larangan penggunaan handphone saat makan, belajar, sekolah, atau hari libur dengan keluarga.

5 dari 5 halaman

Bagikan informasi dengan hati-hati di internet

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Sebagai orang tua, kita harus bisa memahami penggunaan media sosial. Hal ini dilakukan agar kita bisa membimbing anak untuk menggunakannya secara aman.

Salah satunya adalah dengan mengingatkan anak tentang informasi yang boleh dan nggak boleh dibagikan di internet. Sarankan anak-anak untuk nggak membagikan nomor, detail kontak, dan informasi pribadi pada orang asing.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar