Tips Memilih Car Seat Terbaik untuk Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 20 Februari 2021 07:37
Tips Memilih Car Seat Terbaik untuk Anak
Tetap jaga kenyamanan dan keamanan anak ya!

Keselamatan adalah hal penting yang harus kita utamakan. Memastikan agar anak dalam kondisi aman dan nyaman juga merupakan kewajiban kita sebagai orang tua.

Apalagi dalam perjalanan menggunakan mobil. Saat ini sudah banyak alat-alat canggih yang diperuntukkan untuk menjaga keselamatan anak selama di perjalanan.

Salah satunya adalah car seat khusus untuk anak. Dilansir dari The New Age Parents, sebuah survei yang dilakukan pada orang tua di Singapura menunjukkan bahwa banyak orang tua yang belum bisa memaksimalkan alat pengamanan di mobil yang ditujukan untuk anak.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi car seat anak © Diadona

Sebagai orang tua, kita tentu ingin melakukan apa saja untuk menjaga anak agar aman dan sehat. Tapi nyatanya penggunaan car seat mobil untuk anak tampaknya masih belum banyak dilakukan oleh orang tua.

Dalam survei tersebut juga ditemukan alasan mengapa orang tua masih memilih untuk nggak menggunakan car seat untuk anak. Salah satunya adalah mereka mengalami hambatan karena anak merasa nggak nyaman menggunakannya.

Sementara itu alasan lainnya menyebutkan bahwa membawa car seat tergolong kurang praktis. Belum lagi harganya yang juga tergolong cukup mahal.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi car seat anak © Diadona

Jika kita memutuskan untuk memprioritaskan keselamatan anak, sebaiknya kita mulai mengesampingkan perasaan itu. Di negara dengan infrastruktur transportasi yang baik dan standar keselamatan yang maju seperti Singapura saja masih memiliki statistik kecelakaan yang tinggi.

Hasil dari laporan tersebut bahkan cukup mengejutkan. Jumlah anak meninggal dalam kecelakaan mobil terhitung tiga kali lebih banyak.

Makanya kita harus mulai mempertimbangkan penggunaan car seat guna menjaga keselamatan anak. Car seat terbaik adalah yang aman dan bisa memenuhi semua kebutuhan orang tua dan anak dalam hal kenyamanan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi car seat anak © Diadona

Berikut beberapa tips memilih car seat terbaik untuk anak:

1. Tali pengaman 5 titik yang menahan bahu dan pangkuan anak bisa mengikat bagian tubuh dengan kuat di tempatnya.

2. Sandaran kuat yang memastikan tali pengaman dipasang pada ketinggian yang tepat untuk mencegah tercekik atau terpuntirnya tali.

3. Bahan yang bisa mengurangi goncangan agar membantu memaksimalkan perlindungan.

4. Konektor dengan standar internasional yang memungkinkan pemasangan cepat, mudah, dan benar.

5. Dapat diubah menjadi konfigurasi yang berbeda (menghadap ke depan, menghadap belakang, dan kursi booster) yang bisa digunakan terus saat di masa pertumbuhan anak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar