Beberapa Hal yang Bisa Sebabkan Bayi Susah Tidur

Reporter : Riza Umami
Jumat, 19 Februari 2021 08:17
Beberapa Hal yang Bisa Sebabkan Bayi Susah Tidur
Penyebab bayi susah tidur.

Terkadang, ada beberapa bayi yang susah tidur atau misalnya sering terjaga di malam hari dan gak mau tidur lagi. Sebenarnya, bayi yang di bawah usia tiga bulan memang belum terbiasa dengan jam serta pola tidur yang teratur.

Namun, ada pula beberapa bayi yang mengalami gangguan tidur sehingga membuatnya susah untuk tidur. Kira-kira, apa saja ya Mom hal yang bisa membuat si kecil sampai susah tidur? Dilansir dari laman alodokter.com, berikut beberapa penyebabnya.

1 dari 4 halaman

1. ISPA

ilustrasi bayi © Diadona

Bayi mempunyai sistem kekebalan tubuh yang masih dalam masa perkembangan dan membuatnya rentan terkena penyakit atau virus. Salah satu infeksi yang sering dijumpai pada bayi ini yaitu ISPA. ISPA merupakan infeksi saluran pernapasan akut yang bisa membuat anak jadi demam dan sulit untuk bernapas karena hidungnya tersumbat lendir.

Dia pun jadi susah tidur dan mungkin akan rewel. Cara mengatasi ISPA ini yaitu dengan membuang ingus anak pada hidungnya dengan pipet khusus. Mom juga bisa mengencerkan lendir yang bersarang di hidung bayi dengan meneteskan air garam steril atau bisa juga dengan membiarkan anak menghirup uang hangat.

2 dari 4 halaman

2. Gumoh

Gumoh © Diadona

Gumoh disebut juga dengan refluks asam lambung yaitu kondisi saat anak mengeluarkan kembali susu yang baru dia minum dari mulutnya. Gumoh ini pun berbeda dengan muntah. Meski tak berbahaya, tetapi gumoh ternyata bisa membuat bayi jadi susah tidur.

Hal ini biasanya lambat laun akan membaik dengan sendirinya kalau anak sudah bertambah besar. Namun, perlu diperhatikan kalau anak terlalu sering gumoh, ibu bisa periksakan anak ke dokter untuk mengetahui kondisinya.

3 dari 4 halaman

3. Infeksi Telinga

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Bayi pun ternyata juga bisa mengalami infeksi telinga yang disebabkan karena virus atau bakteri yang bisa mengakibatkan penumpukan cairan pada bagian belakang gendang telinga. Kondisi yang satu ini akan membuat anak jadi rewel dan dia pun jadi sulit untuk tidur.

Anak juga jadi lebih sering menangis daripada biasanya. Gejala yang lain yaitu anak jadi demam, pilek sampai tidak mau menyusu. Kalau sudah begini, ibu perlu sesegera mungkin membawa anak ke dokter agar segera diobati.

4 dari 4 halaman

4. Tumbuh Gigi

ilustrasi bayi © Diadona

Anak pun biasanya akan jadi susah untuk tidur kalau lagi tumbuh gigi pertama kali karena hal ini bisa terasa cukup lama dan menyakitkan untuk si kecil. Beberapa tanda tumbuh gigi ini seperti bayi meneteskan air liur dalam jumlah banyak, gusi merah atau bengkak, pipi merah, rewel dan ia akan sulit untuk tidur.

Dalam masa tumbuh gigi ini, ibu bisa membantu anak meredakan rasa sakitnya dengan memberikannya mainan teething, mengusap gusi si kecil dengan jari atau kain yang bersih dan sudah direndam ke air dingin sebelumnya, berikan pijatan lembut, serta biarkan anak menyusu lebih sering pada ibu.

Beri Komentar