Bukan Hal Sepele, Sentuhan Manusia Sangat Penting Untuk Membangun Hubungan yang Tulus lho

Reporter : Yoyok
Rabu, 15 September 2021 06:50
Bukan Hal Sepele, Sentuhan Manusia Sangat Penting Untuk Membangun Hubungan yang Tulus lho
Apalagi menjalin hubungan dengan orang tersayang, sentuhan bisa menjadi cara membangun koneksi yang tulus

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun sebuah hubungan yang tulus. Bisa dengan mengakrabkan diri dengan seseorang, mengajaknya jalan-jalan, atau memberikan perhatian yang tidak pernah ia dapatkan sebelumnya.

Salah satu hal simpel namun efeknya dalam membangun sebuah koneksi yang tulus sangat besar adalah dengan sentuhan. Sebuah sentuhan tidak dapat disepelekan begitu sajan lho guys.

Kok bisa ya sebuah sentuhan atau kontak fisik apapun berefek dalam menjalin hubungan dengan seseorang?

1 dari 6 halaman

Sebuah sentuhan memang memiliki dampak yang luar biasa pada sebuah hubungan. Entah itu pelukan hangat dari seorang teman lama, ataupun kecupan kecil di kening dari seorang ibu pada anaknya.

Sayangnya, sering kali kita meremehkan esensi dari sebuah sentuhan. Karena pada dasarnya, kasih sayang tanpa kontak fisik sama saja dengan interaksi yang tak bernyawa atau hampa.

Ilustrasi Pasangan PelukanIlustrasi Pasangan Pelukan © shutterstock.com/merzzie

2 dari 6 halaman

Dikutip dari iHeart Intelligence, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari sebuah sentuhan manusia. Salah satunya adalah dapat menghilangkan stres yang efektif dan membantu meningkatkan suasana hati.

Bayangkan jika kamu menghadapi berbagai masalah seharian di kantor dan bahkan di perjalanan pulang. Lalu sesampainya di rumah orang yang kamu cintai melihat beban stres yang kamu alami, dan langsung memelukmu erat.

Pelukan kasih sayang seperti ini akan sangat efektif dalam mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

3 dari 6 halaman

Selain itu, sentuhan ataupun kontak fisik juga memiliki manfaat dalam hal kesehatan lho. Tiffany Field Ph.D., direktur dari Touch Research Institute di Leonard M. Miller School of Medicine di University of Miami mengatakan bahwa kontak fisik memiliki beberapa efek dalam kesehatan.

" Jika seseorang memang tangan atau memelukmu atau memberikan pijatan lembut sebelum kamu melakukan tugas berat yang bikin stres seperti presentasi ataupun tampil di atas panggung, maka efeknya dapat membuat detak jantung jadi lambat, tekanan darah turun, serta hormon stres akan berkurang. Sentuhan juga dapat meningkatkan oksitosin yaitu hormon cinta yang berkontribusi untuk membuat pasangan rileks," ucap Tiffany.

Ilustrasi Pasangan Gandengan TanganIlustrasi Pasangan Gandengan Tangan © shutterstock.com/ChampPPTX

4 dari 6 halaman

Ketika diri kita kekurangan akan kontak fisik, maka kamu sedang mengalami skin hunger atau " kelaparan kulit" . Skin hunger merupakan keadaan di mana kita kekurangan sentuhan atau merindukan kontak fisik manusia. Efeknya pun bisa menyerang mental seseorang, apalagi mereka yang hidupanya merasa terisolasi.

Kondisi yang juga disebut dengan touch starvation atau " lapar akan sentuhan" ini dapat membuat stres, cemas, dan bahkan bisa depresi. Kekurangan sentuhan juga dapat merusak kesehatan fisik, seperti tekanan darah tinggi, pernapasan meningkat, efek buruk pada pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, serta dampak negatif bagi tubuh lainnya.

5 dari 6 halaman

Sentuhan manusia atau kontak fisik menggabungkan keintiman emosional dan fisik yang membuat kamu merasa terhubung makin dalam dengan seseorang. Hal ini juga memberikan kepercayaan diri serta rasa aman yang diinginkan.

Yang terpenting adalah sentuhan juga dapat memperkuat ikatan kamu dengan orang tersayang dan membuatmu terus bergerak maju.

Beri Komentar