Mengenal Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Awal Sukses Berikan ASI Eksklusif

Reporter : Riza Umami
Kamis, 18 Februari 2021 12:17
Mengenal Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Awal Sukses Berikan ASI Eksklusif
Apa sih IMD itu?

ASI akan menyediakan berbagai kebutuhan nutrisi bayi, terutama 6 bulan setelah ia lahir ke dunia ini. Pemberikan ASI Eksklusif ibu untuk anak ini sebaiknya dilakukan selama 6 bulan dan akan makin baik jika terus berlanjut sampai anak berusia 2 tahun.

Mari kita lebih mengenal tentang Inisiasi Menyusui Dini atau yang disingkat dengan IMD. IMD ini merupakan langkah awal yang penting bagi si kecil untuk memudahkan dia dalam memulai proses menyusui sampai ke depannya.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari laman theasianparent.com, IDAI berpendapat bahwa IMD ini hanya bisa dilakukan segera usai bayi lahir ke dunia ini. Cara melakukannya yaitu pertama dengan meletakkan bayi di atas perut ibu atau untuk yang menjalani persalinan secara sectio bayi diletakkan di atas dada.

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Kemudian, pastikan bahwa kepala, wajah dan bagian tubuh bayi kecuali tangannya sudah dalam keadaan yang kering. Aroma dari air ketuban pada tangan si kecil akan membantunya mengarahkan bayi mencari puting payudara ibunya yang juga punya aroma serupa.

2 dari 4 halaman

Biarkanlah kulit bayi ini menempel secara langsung dengan kulit ibu. Bila ruangan bersalin tersebut dingin, ibu bisa menyelimuti bayi. Setelah bayi diletakkan pada posisi yang sudah sesuai tadi, mungkin beberapa saat dia akan diam saja, tetapi tetap melihat sekeliling.

Namun, usai 12-44 menit, bayi akan mulai bergerak seperti menendang, menggerakkan tangan, kaki atau bahunya. Gerakan si kecil yang seperti ini dapat menjadi stimulasi bagi rahim untuk berkontraksi dan memulihkan diri ibu setelah melalui proses persalinan.

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

3 dari 4 halaman

Walaupun kemampuan melihat bayi yang baru lahir ini masih terbatas, tetapi ia bisa melihat areola yang berwarna lebih gelap dan dia pun akan bergerak ke sana. Anak mungkin akan membenturkan kepalanya ke dada ibu beberapa kali di mana hal ini juga dapat menjadi stimulasi untuk payudara.

Akhirnya, bayi pun akan mencapai puting dengan mengandalkan indra penciuman serta dipandu dengan bau di kedua tangannya tersebut. Bayi pun akan mengangkat kepalanya untuk mulai menyusu pada ibu.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Ada banyak manfaat dari IMD ini yaitu memastikan anak mendapatkan kolostrum atau ASI pertama yang berwarna kekuningan dan kaya nutrisi serta mampu melindungi bayi dari kuman penyakit. Kemudian, hal ini juga akan memperkuat hubungan ibu dan bayi.

Selain itu, IMD ini juga cara yang ampuh untuk menenangkan bayi. Bahkan, manfaatnya pun juga akan dirasakan oleh ibu seperti bisa membantu menghilangkan rasa sakit usai melahirkan dan juga yang paling utama membantu suksesnya ibu dalam memberikan ASI Eksklusif untuk anak. Wah, jadi lebih tahu tentang IMD ya Mom, semoga ulasan ini membantu.

Beri Komentar