Apa Penyebab Batuk Si Kecil Tak Kunjung Sembuh?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 18 Februari 2021 08:17
Apa Penyebab Batuk Si Kecil Tak Kunjung Sembuh?
Ini beberapa penyebabnya.

Salah satu penyakit yang umumnya dialami anak kecil adalah flu dan batuk. Biasanya, mereka akan lebih mudah terkena flu atau batuk kalau lagi musim hujan atau terlalu sering minum es. Apakah si kecil pernah terserang flu atau batuk Mom?

Biasanya, penyakit yang satu ini akan sembuh dalam beberapa hari. Sayangnya, ada beberapa anak yang batuknya tak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama sehingga ibu tentu jadi khawatir akan kondisi buah hatinya yang tercinta tersebut.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Batuk © Diadona

Sebenarnya, apa yang menyebabkan batuk tak kunjung sembuh? Dokter Ciptanti Cahyaningrum dari laman alodokter.com menjelaskan jawabannya. Dia mengatakan bahwa anak yang mengalami batuk selama lebih dari satu bulan sudah termasuk ke dalam batuk kronis.

Dia pun mengatakan bahwa batuk ini sebenarnya bukanlah penyakit tetapi gejala yang muncul karena ada penyakit lain yang mendasarinya. Salah satu penyakit yang bisa sebabkan anak mengalami batuk dalam waktu yang lama yaitu asma.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Selain itu, batuk ini juga bisa disebabkan karena anak mengalami infeksi seperti TBC, pneumonia, dan pertusis. Bisa juga disebabkan karena post nasal drip yaitu terkumpulnya lendir di belakang tenggorokan. Batuk pun juga dapat disebabkan karena polusi udara misalnya dari asap rokok, asap kendaraan bermotor atau dari pabrik.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan si kecil mengalami batuk dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh. Ibu lebih baik berkonsultasi pada dokter anak di mana besar kemungkinan ia akan menjalani pemeriksaan tambahan untuk mengetahui kondisinya yang sesungguhnya. Semoga anak bisa segera sembuh ya Mom.

Beri Komentar