Tips Agar Foto Anak di Media Sosial Nggak Disalahgunakan Orang

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 21 Agustus 2020 07:37
Tips Agar Foto Anak di Media Sosial Nggak Disalahgunakan Orang
Ikuti tips ini, Moms!

Keberadaan media sosial nggak hanya berdampak pada anak dan remaja saja, tapi juga orang tua. Nyatanya orang tua juga bisa kecanduang menggunakan media sosial, sama seperti anak-anak.

Banyak dari kita yang senang membagikan foto anak ke media sosial untuk sekedar mengisi halaman media sosial kita. Padahal tanpa disadari hal itu bisa membahayakan anak lho.

Seperti yang kita ketahui, selain memberikan manfaat, internet juga memiliki banyak sisi negatif yang perlu kita waspadai. Pornografi anak, pencurian identitas, hingga penyalahgunaan foto anak bisa aja terjadi saat kita membagikannya di media sosial.

Untuk itu, dilansir dari Boldsky, berikut beberapa tips agar foto anak di media sosial nggak disalahgunakan orang.

1 dari 6 halaman

Membuat akun privat

Ilustrasi Media Sosial © Diadona

Jika kita senang membagikan foto bayi atau bahkan foto sendiri secara online, sebaiknya kita membuat akun kita menjadi akun privat. Hal ini dilakukan untuk membatasi orang-orang yang bisa melihat akun kita.

Kita juga bisa memilih-milih siapa saja yang dapat mengikuti akun media sosial kita, seperti teman atau keluarga. Dengan begitu foto yang kita bagikan hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang kita percaya.

2 dari 6 halaman

Menambah water mark

Water mark biasanya digunakan untuk menunjukkan siapa pemilik dari foto tersebut. Dengan menambahkannya pada foto kita, kita bisa meminimalisir tindak pencurian foto yang dilakukan oleh orang nggak bertanggung jawab.

Usahakan water mark berada di tempat yang sulit untuk dihapus. Dengan begitu, pencuri foto akan sulit menghilangkannya.

3 dari 6 halaman

Jangan membagikan lokasi

Ilustrasi Media Sosial © Diadona

Saat kita sedang membagikan foto, sebaiknya kita nggak memberikan informasi yang terlalu detail. Salah satu yang harus kita hentikan adalah dengan memberitahu lokasi kita.

Selain itu, penting juga untuk mematikan pengaturan lokasi pada handphone kita. Membagikan lokasi secara online bisa membuat orang jahat mengatahui lokasi kita dan meningkatkan risiko penculikan.

4 dari 6 halaman

Gunakan foto dengan resolusi rendah

Sebaiknya kita mengunggah foto anak dengan resolusi yang rendah. Gambar dengan resolusi yang rendah dapat mengurangi kemungkinan pencurian dan penyalahgunaan foto untuk tujuan yang berbahaya.

5 dari 6 halaman

Berhati-hati sebelum mengunggah foto

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Orang jahat biasanya mencari foto di internet untuk keuntungan mereka sendiri. Foto anak saat melihat kamera atau saat nggak pakai baju bisa menjadi sasaran mereka. Untuk itu, sebelum memposting foto sebaiknya kita melihat dulu apakah foto itu aman untuk dibagikan.

6 dari 6 halaman

Jangan hanya mengunggah foto anak

Pastikan agar foto yang dibagikan bukan foto anak saat sedang sendirian. Kita bisa mengunggah foto bersama agar foto anak nggak disalahgunakan. Biasanya para predator di internet nggak akan menggunakan foto bersama.

Semoga tips ini bisa berguna buat kamu ya!

Beri Komentar