Apa Saja sih Warisan Genetik dari Mama dan Papa ke Anak?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 19 Agustus 2020 11:17
Apa Saja sih Warisan Genetik dari  Mama dan Papa ke Anak?
Apa aja ya?

Tentu ada hal-hal yang akan diwariskan orang tua pada anaknya. Beberapa hal ini disebut dengan warisan genetik. Tentu bukan hanya fisiknya saja, tetapi juga beberapa kebiasaan, kecerdasan dan bahkan sampai penyakit.

Dilansir dari beberapa sumber, ternyata ada perbedaan apa yang akan diwariskan dari mama dan papa pada anaknya secara genetik ini, misalnya mama akan mewariskan warna dan tekstur rambut, sedangkan papa akan mewariskan tinggi badan.

1 dari 2 halaman

Selain itu, ada beberapa hal lagi yang akan diwariskan mama pada anaknya yaitu kecerdasan, keadaan emosi, bahkan sampai kebiasaan tidurnya. Kecerdasan ini terkandung dalam kromosom X, sehingga kebanyakan anak laki-laki akan mewarisi kecerdasan dari ibunya.

ilustrasi keluarga bahagia © Diadona

Anak pun akan mewarisi beberapa hal dari papanya yaitu kondisi gigi, warna mata dan juga beberapa bentuk fisik lainnya. Gen pada papa akan mendorong anak memiliki tinggi yang hampir sama dengan papanya.

2 dari 2 halaman

Bahkan ternyata, gen papa ini memiliki pengaruh yang cukup besar, anak nanti akan berjenis kelamin apa. Bila papa memiliki saudara laki-laki yang banyak, maka kemungkinan anaknya akan berpotensi besar berjenis kelamin laki-laki dan begitu pula sebaliknya.

Nah, itulah beberapa hal yang akan diwariskan oleh mama dan papa kepada anak secara genetik. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar