5 Cara Mudah Membiasakan Anak Senang Cuci Tangan

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 17 Agustus 2020 08:37
5 Cara Mudah Membiasakan Anak Senang Cuci Tangan
Ikuti cara ini, Moms!

Wabah corona masih menghantui kehidupan kita. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk itu masyarakat tetap dianjurkan untuk terus mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah.

Mencuci tangan adalah hal yang masih dianggap paling ampuh untuk menghindari virus corona. Makanya penting bagi kita membiasakan seluruh anggota keluarga untuk melakukan cuci tangan.

Namun terkadang anak-anak mungkin cukup sulit untuk memulai kebiasaan baru ini. Untuk itu, dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara mudah untuk membiasakan anak senang mencuci tangan.

1 dari 5 halaman

Buat cuci tangan menjadi mudah

ilustrasi cuci tangan © Diadona

Beberapa anak yang masih kecil mungkin kesulitan untuk mencapai wastafel dan mencuci tangan. Kesulitan ini bisa membuat mereka semakin malas mencuci tangan.

Untuk itu, sediakan bangku kecil di dekat wastafel agar anak mudah menggapai keran. Hal ini akan membuat mereka lebih terbiasa mencuci tangan.

2 dari 5 halaman

Tarik perhatian mereka dengan gambar lucu

Botol sabun © Diadona

Anak-anak sangat senang dengan bentuk atau gambar yang terlihat lucu dengan warna yang cerah. Mereka biasanya akan lebih tertarik dengan benda-benda seperti itu.

Makanya untuk menarik mereka mau mencuci tangan, kita bisa menyediakan botol sabun lucu yang dapat menarik perhatian mereka. Dengan begini anak akan penasaran dan lebih senang mencuci tangan.

3 dari 5 halaman

Menjelaskan dengan gambar

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Mencuci tangan yang baik tentu harus dilakuakn dengan langkah-langkah yang benar. Agar anak lebih paham dengan hal ini, kita bisa menjelaskannya dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik.

Kita juga harus menjelaskan kapan saja mereka harus mencuci tangan. Selain itu, melakukan tebak-tebakan bersama anak dengan hadiah khusus juga akan membuat mereka semakin tertarik untuk memahami hal ini.

4 dari 5 halaman

Jadikan cuci tangan sebagai kebiasaan

Ilustrasi Cuci Tangan © Diadona

Orang tua adalah cerminan bagi anak-anak mereka. Biasanya anak-anak cenderung akan meniru perilaku dan kebiasaan orang tua yang dia lihat di rumah.

Makanya sangat penting bagi orang tua untuk memberikan contoh yang baik pada anak-anak mereka. Orang tua juga harus terbiasa mencuci tangan supaya anak menirunya!

5 dari 5 halaman

Bernyanyi

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Banyak inovasi lagu yang digunakan oleh orang tua untuk membuat anak lebih mudah mengingat langkah-langkah mencuci tangah yang benar. Kita juga bisa membuat sendiri dengan menggunakan lagu-lagu kesukaan anak.

Agar anak terbiasa, kita bisa mendampingi mereka saat mencuci tangan sambil menyanyi bersama. Kegiatan cuci tangan pun pada akhirnya akan terasa lebih menyenangkan bagi anak.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar