Tinggi Badan Anak Ternyata Dipengaruhi Perbedaan Daerah Asal Orang Tua, Kok Bisa ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 25 Mei 2020 09:15
Tinggi Badan Anak Ternyata Dipengaruhi Perbedaan Daerah Asal Orang Tua, Kok Bisa ya?
Pasangan LDR menang banyak dong?

Secara umum, ada 3 hal yang memengaruhi tinggi badan anak, yakni faktor genetik, nutrisi, dan aktivitas. Secara genetik, tinggi badan anak dipengaruhi oleh tinggi badan kedua orangtuanya.

Dari sisi nutrisi, konsumsi protein dan kalsium berperan penting dalam pemadatan tulang yang mendukung tumbuhnya tinggi badan seseorang. Sedangkan dari segi aktivitas, tinggi badan anak dipengaruhi oleh olahraga yang rutin dilakukannya.

1 dari 2 halaman

Namun ternyata selain 3 faktor tersebut, masih ada hal lain yang ternyata juga mempengaruhi tinggi badan anak walaupun memang tidak memberikan dampak yang sangat besar. Mengutip dari livescience.com, tinggi badan anak ternyata dipengaruhi juga oleh seberapa jauh jarak tempat ayah dan ibunya dilahirkan.

Ilustrasi mengukur tinggi badan anak © Diadona

Sebuah studi menemukan bahwa ibu dan ayah yang dilahirkan di kota yang sama, cenderung melahirkan anak dengan tinggi badan yang sedikit lebih pendek. Sedangkan anak yang lahir dari pasangan yang berbeda daerah asal, cenderung tumbuh lebih tinggi.

2 dari 2 halaman

Awalnya, peneliti berpikir bahwa hal ini disebabkan oleh genetika. Tapi ternyata keragaman genetik yang lebih besar, membuat tubuh anak tumbuh menjadi lebih 'efisien'.

Dariusz Danel, dari Institute of Anthropology di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia menyatakan bahwa efek ini akan terlihat pada anak-anak mulai dari usia 6 hingga 18 tahun.

Nah, kalau pengin punya anak dengan tubuh tinggi, LDR bisa jadi solusinya nih hehe..

Beri Komentar