Penting Banget! Ini 3 Tips Ajarkan Anak Menghormati Gender

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 12 Mei 2020 15:37
Penting Banget! Ini 3 Tips Ajarkan Anak Menghormati Gender
Membiasakan anak menghormati setiap gender banyak manfaatnya!

Tentunya setiap orang tua ingin membesarkan anak yang memiliki kelakukan baik dan sopan. Salah satu sikap yang penting untuk kita ajarkan pada anak adalah menghormati setiap gender. Semua gender berhak untuk dihormati dan diperlakukan dengan cara yang sama.

Membiasakan anak untuk menghormati orang lain akan memberikan banyak manfaat bagi mereka di masa depan. Anak akan tumbuh menjadi seseorang yang mudah bergaul dan beradaptasi di lingkungan sosial mereka.

Sementara seperti yang kita ketahui masih banyak kasus pelecehan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kita harus bisa mengubah mentalitas anak-anak kita sejak dini agar mereka nggak berperilaku buruk terhadap orang lain.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips untuk mengajarkan anak menghormati gender.

1 dari 3 halaman

Tindakan lebih penting daripada ucapan

Ilustrasi anak dan orang tua © Diadona

Jurang pemisah antara anak laki-laki dan perempuan bisa dimulai saat kita sering membeda-bedakan mereka dalam keluarga. Setiap tindakan kita sebagai orang tua akan mengajarkan anak-anak kita tentang bagaimana mereka menjadi manusia di masa depan.

Hal itu bahkan lebih efektif dari kelas-kelas pendidikan moral yang anak ikuti. Untuk itu berikan contoh yang baik untuk anak agar mereka terbiasa menghormati orang lain apapun gendernya.

2 dari 3 halaman

Jangan bercanda soal gender

ilustrasi kakak adik © Diadona

Beberapa orang selalu berusaha memaklumi sebuah candaan. Padahal nyatanya sebuah candaan memiliki dampak cukup besar bagi orang lain.

Menjadikan gender sebagai bahan lelucon bukanlah hal yang baik. Apalagi jika kita sebagai orang tua sudah terlalu terbiasa dan melakukannya di depan anak kita. Hal itu akan memberikan contoh yang buruk pada anak. Mereka akan menganggap lelucon gender menjadi hal yang biasa padahal hal itu bisa menyakiti orang lain.

3 dari 3 halaman

Jangan memberikan toleransi pada seksisme

Ilustrasi Kakak Adik © Diadona

Seksisme atau diskriminasi gender masih sering terjadi di masyarakat. Sadar atau nggak bahkan banyak dari kita yang masih melakukannya. Hal itu harusnya kita lawan dengan nggak memberikan toleransi sama sekali.

Jika kita melihat pelaku seksisme, kita bisa menjadikan hal itu sebagai contoh untuk mendidik anak agar mereka nggak melakukannya. Selain itu penting untuk membuat aturan di rumah dengan memperlakukan anak laki-laki dan perempuan secara sama agar mereka bisa saling menghormati.

Rumah adalah tempat utama untuk belajar dan keluarga adalah guru terbaik bagi anak. Untuk itu jangan lupa untuk selalu menjadi contoh yang baik ya, Moms!

Beri Komentar