Moms, Ini lho Waktu yang Tepat untuk Mengajari si Kecil Berenang

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 11 Mei 2020 13:15
Moms, Ini lho Waktu yang Tepat untuk Mengajari si Kecil Berenang
Apakah lebih cepat justru lebih baik?

Berenang adalah salah satu aktivitas menyenangkan bagi semua kalangan, tidak terkecuali pada anak-anak. Meski kadang cuma sekadar main air, si kecil justru tetap bisa terlihat senang lho Moms.

Meski demikian, Mama dan Papa harus tetap melakukan pengawasan jika si kecil mulai suka bermain air. Nggak cuma saat di kolam renang, saat berada di pantai pun pengawasan orang tua tetap diperlukan lho.

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak berenang © Diadona

Melansir dari American Academy of Pediatrics, ternyata tenggelam adalah penyebab kematian utama anak pada rentang usia 1-4 tahun. Itulah sebabnya, lembaga ini merekomendasikan waktu yang tepat bagi anak untuk belajar berenang yakni minimal 4 tahun.

Tidak semua anak siap berenang pada rentang usia yang sama, tapi belajar berenang minimal di usia 4 tahun tahun dapat mengurangi risiko tenggelam.

2 dari 3 halaman

Terri Lees, pelatih instruktur di Palang Merah mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk mengajarkan anak berenang yakni di usia 4-5 tahun. Si kecil tidak akan benar-benar menjadi perenang yang kompeten sampai usia 6 atau 7 tahun.

Ilustrasi anak berenang © Diadona

Beberapa orang tua mengaku lebih percaya diri mengenai keselamatan sang buah hati manakala mereka memiliki kemampuan berenang yang baik. Mengajar anak berenang lebih awal pun menyimpan banyak manfaat lho Moms.

3 dari 3 halaman

  1. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru si kecil, sekaligus meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, stamina, keseimbangan dan postur tubuh.
  2. Memberikan tantangan yang bisa membantu si kecil jadi lebih percaya diri dan percaya pada kemampuan yang dimilikinya.
  3. Meningkatkan peluang untuk membuka pertemanan baru dan menumbuhkan rasa kepercayaan.

 

Nah, sekarang Mama dan Papa sudah tahu kan kapan harus mengajari si kecil berenang?

Beri Komentar