4 Cara Buat Si Kecil Bermain Sendirian, Biar Moms Jadi Bisa Ngelakuin Kegiatan Lain Deh!

Reporter : Sofi
Jumat, 8 Mei 2020 12:47
4 Cara Buat Si Kecil Bermain Sendirian, Biar Moms Jadi Bisa Ngelakuin Kegiatan Lain Deh!
Ini biar si kecil gak selalu minta ditemani Moms, ketika Moms ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan.

Terkadang menjadi orang tua yang memiliki anak kecil adalah hal yang melelahkan seakligus menyenangkan. Melihat si kecil bermain, tumbuh dan berkembang adalah momen yang sangat berharga bagi orang tua. Tapi terkadang ketika si kecil bermain, mereka suka untuk kita sebagai orang tua atau orang dewasa untuk memperhatikan.

1 dari 6 halaman

Menurut seorang profesor dari Program Pembelajaran dan Perawatan Anak di Universitas MacEwan di Edmonton, Jane Hewes, ini merupakan hal yang positif untuk si kecil yang gak mau bermain sendiri.

" Fakta bahwa si kecil pandai berinteraksi dengan orang dewasa dan anak-anak lain adalah tanda positif dalam perkembangan kedewasaannya," kata Jane Hewes.

Tapi sayangnya mereka juga harus mengerti jika belum tentu akan selalu ada orang yang menemaninya untuk bermain. Maka dari itu, mereka harus terbiasa untuk bermain sendiri. Berikut adalah cara untuk membuat si kecil merasa nyaman ketika bermain sendiri, yang dirangkum dari todaysparent.com.

2 dari 6 halaman

1. Menukar Mainannya

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Dengan menyimpan mainannya untuk beberapa minggu, kemudian menukarnya dengan mainan lain atau kegiatan lainnya. Ketika Moms kembali mengeluarkan mainannya yang sudah disimpan beberapa minggu itu, mereka akan berpikir jika itu adalah mainan yang baru dan mereka akan terdistraksi untuk bermain sendiri untuk sementara.

3 dari 6 halaman

2. Mulai Secara Bertahap

Bilanglah pada si kecil jika Moms akan meninggalkan mereka selama beberapa menit, seperti untuk mencuci piring. Tapi jangan pergi terlalu jauh dan pastikan Moms kembali lagi ketika Moms bilang memang akan kembali. Jangan sampai Moms melakukan pergi dengan menyelinap ketika si kecil gak melihat. Ini bisa membuat mereka khawatir dan hanya meningkatkan permintaan mereka atas perhatian.

4 dari 6 halaman

3. Libatkan Si Kecil

Ilustrasi Anak Mencuci Piring © Diadona

Dalam menyelesaikan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, melipat pakaian, dan membersihkan rumah. Mereka senang dengan perhatian orang lain. Si kecil juga merasa terhibur ketika Moms menyelesaikan tugas, dan mereka merasa adanya sebuah pencapaian di akhir.

5 dari 6 halaman

4. Melakukan Kegiatan Bersama tapi Sendiri-Sendiri

Ilustrasi Membaca dengan Anak © Diadona

Kegiatan ini biasa disebut bermain paralel. Moms bisa menyarankan si kecil untuk mewarnai buku, dan kamu bisa membaca buku di sampingnya atau yang lainnya.

" Untuk mendorong anak-anak menjadi mandiri dan bermain sendiri, orang tua perlu membuat model perilaku paralel ini untuk si kecil," kata Jane Hewes.

Manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan kegiatan yang serupa di samping mereka adalah si kecil bisa melihat apa yang Moms lakukan dan meniru perilaku Moms.

Beri Komentar